Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Mobil Bekas

0
70
10 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Mobil Bekas
10 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Mobil Bekas

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Bagaimanapun juga anda tidak akan ingin menyesal setelah membeli. Oleh sebab itu, ada 3 poin yang perlu anda ketahui.

Ketiga poin tersebut adalah:

  • Bagaimana cara memilih mobil bekas
  • Kesalahan apa yang sering dilakukan seseorang ketika membeli mobil bekas
  • Apa yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas

Setelah mengumpulkan uang dalam waktu yang tidak sebentar dan akhirnya akan membeli mobil pertama Anda, apa saja yang menjadi pertimbangan Anda?

Selain harga mobil tersebut, Anda juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang cukup penting mengenai mobil tersebut.

Ini harus Anda lakukan untuk meminimalkan kerugian Anda kalau nantinya Anda menjual kembali mobil itu.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Seseorang saat Membeli Mobil

Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh “pemula”. Dan tentu saja akhirnya menjadi sebuah penyesalan. Mengapa menyesal? Ya tentu saja karena ternyata mobil tersebut tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan atau diharapkan. Entah itu performanya kurang, boros bahan bakar, atau sering bermasalah.

Agar tidak menyesal, anda perlu mengetahui beberapa hal salah yang sering dilakukan pemilih mobil:

  1. Tidak memikirkan harga jual kembali

Biasanya, orang mengganti mobil mereka setelah 5-6 tahun pemakaian.Saat memilih mobil baru, sebaiknya Anda juga melakukan penelitian mengenai harga jual dan pasaran mobil jenis tersebut.

Kalau harga jualnya sangat jatuh dan tidak laku, lebih baik memilih mobil lain, deh!

  1. Tidak memikirkan biaya perawatan

Jangan asal memilih mobil yang harganya murah, Anda juga harus survey biaya servis dan perawatannya.

Beberapa mobil mungkin harganya murah, tapi biaya servis dan onderdilnya lebih mahal dari mobil jenis lain.

  1. Tidak memikirkan fasilitas keselamatan

Anda sebaiknya membandingkan apakah sebuah mobil punya airbag yang berfungsi dengan baik atau tidak.

Banyak orang justru lebih peduli pada fasilitas hiburan (TV, CD player) dan pendingin udara dibandingkan fitur keselamatan.

  1. Membeli mobil yang baru saja diperkenalkan

Mobil yang baru saja dilaunching akan membuat Anda berada dalam daftar tunggu yang cukup lama. Selain itu, jarang ada cashback atau promo dari perusahaan karena itu adalah produk baru dan banyak orang yang mau membelinya tanpa promosi apapun.

  1. Membeli mobil yang terlalu kecil atau terlalu besar

Sebelum memutuskan membeli mobil, sesuaikan kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

Apakah Anda hanya akan menggunakan mobil itu untuk diri Anda sendiri atau sekaligus untuk keluarga besar Anda? Pikirkan juga lahan garasi yang Anda miliki agar Anda tetap bisa parkir di dalam rumah.

  1. Tidak bisa menentukan jenis mobil yang dibutuhkan

Ada beberapa kelas dalam mobil, kelas mewah premium dan kelas standard. Mobil premium memang mewah dan punya harga tinggi, tapi tidak semua orang memerlukan itu. Lebih baik Anda memilih mobil yang bisa Anda jangkau dengan kemampuan Anda, sekaligus mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga.

  1. Tidak melakukan test-drive

Jangan langsung percaya pada petugas promosi penjualan mobil, Anda harus meminta melakukan test-drive. Kalau perlu, tanyakan testimoni saudara atau teman Anda mengenai mobil yang ingin Anda beli agar Anda tidak tertipu janji-janji manis petugas penjualan.

  1. Tidak memanfaatkan diskon dan penawaran khusus

Biasanya di akhir tahun, dealer mobil banyak memberikan penawaran khusus dengan cashback yang besar. Momen sebelum lebaran atau hari libur nasional terkadang juga jadi saat promosi yang tepat, Anda harus lebih rajin menanyakan apakah ada promo atau tidak.

Karena kadang cashbacknya bisa mencapai puluhan juta, duh!

  1. Tidak menawar

Meski membeli di dealer/toko mobil besar, Anda masih tetap boleh menawar harga mobil, kok! Coba saja dulu, siapa tahu bisa dapat harga yang lebih murah.

  1. Terburu-buru

Membeli mobil sebaiknya jangan terburu-buru. Anda bisa mencoba test drive beberapa jenis mobil sebelum memutuskan untuk membelinya.

Anda juga bisa melakukan penawaran pada beberapa toko dan memilih mana yang paling murah.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Ketika Anda telah menentukan mobil yang Anda inginkan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal yang jamak dilakukan adalah melihat goresan atau penyok di bodi mobil, dan tentu saja melakukan test drive. Tapi ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan mobil tersebut layak dibeli.

Bagian bawah mobil

Jika memungkinkan, lakukan di bengkel yang mempunyai alat untuk mengangkat mobil. Melihat bagian bawah mobil bisa membantu Anda menentukan kondisi mobil. Bagian bawah mobil biasanya berkarat, jika Anda menemukan tambalan, Anda perlu curiga bisa jadi itu untuk menutupi bekas kerusakan tertentu.

Karpet kaki

Alas kaki di dalam kabin mobil mungkin bisa dibersihkan dengan mudah, tapi ada baiknya Anda melihat bagian bawahnya, apakah lembap atau mungkin basah? Hal itu perlu dilakukan karena biasanya alas/karpet mobil yang basah dapat menyebabkan lubang pada bodi mobil. Jika hal tersebut terjadi maka akan fatal nantinya. Cek juga bagian bawah karpet lain seperti di bagasi.

Pedal kaki

Jika Anda rasa kilometer bisa diakali – dan sudah sering dilakukan – coba lihat bagian pedal. Jika karetnya sudah sangat aus, kecurigaan Anda mungkin bisa jadi benar. Tanda pemakaian pada kursi dan stir mobil biasanya seiring dengan umur pemakaian mobil.

Bagian Mesin

Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengkilap. Pencucian mesin biasanya untuk menutupi kebocoran pada mesin. Namun, cipratan air dan oli bisa menunjukkan bahwa mesin bekerja tidak sempurna. Setelah melakukan test drive, lihat lagi pada sil-sil karet. Selain itu, kerusakan atau goresan pada mur sambungan menjadi tanda kalau mesin itu pernah adanya reparasi besar pada waktu yang lalu.

Surat-surat

Jangan lewatkan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pastikan semua dokumen ada ketika melihat mobil tersebut. Bahkan surat-surat merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas ataupun second hand.

Idealnya, Anda bisa melihat catatan servis kendaraan dengan tulisan tangan yang berbeda, memastikan itu bukan catatan yang dibuat-buat. Perhatikan juga jumlah pemilik sebelumnya, Anda perlu waspada jika ada lebih dari 2 pemilik mobil itu dalam waktu 5 tahun.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga anda menemukan jenis mobil yang anda inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here