Wuling Terbaru Siap Tantang Pajero dan Fortuner

0
540
wuling motor
wuling motor

Tidak hanya Xiaomi perusahaan yang mengusik kedigdayaan produsen besar. Wuling pun mulai unjuk gigi. Setelah berhasil memasarkan mobil-mobilnya di segmen low, tampaknya kini Wuling bersiap menunjukkan tajinya di SUV. Menantang dua raja, Pajero dan Fortuner. Sanggupkah?

Sport Utility Vehicle (SUV) yang saat ini menjadi segmen kendaraan dengan pertumbuhan cepat di China, juga di beberapa negara. Membuat perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling tidak menyianyiakan kesempatan tersebut melalui peluncuran SUV baru, yakni Hong Guang S3 di lantai Shanghai Auto Show 2017.

Hong Guang S3 sendiri menjadi SUV pertama bagi Wuling, walaupun mereka juga sudah memiliki line-up SUV melalui brand Boujun. Artinya, tahun ini perusahaan ingin memperlebar pasar dengan membawa merek Wuling masuk di kelas tersebut. Ini layaknya “cerita manis” Toyota-Daihatsu.

Hong Guang S3 merupakan pengembangan dari platform yang sama dengan saudaranya, Hong Guang jenis MPV. Menawarkan konfigurasi tempat duduk 5+2, Hong Guang S3 memiliki jarak sumbu roda 2.800 mm, dengan panjang 4.654 mm, lebar 1.731 mm, dan tinggi 1.777 mm.

Lihat Juga : kekurangan dan kelebihan new toyota fortuner trd sportive

Dimensi tersebut mendukung sebuah kabin yang cukup lapang, dan S3 cukup kompetitif melawan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Karena masih dipengaruhi desain khas Amerika melalui General Motor, maka tidak heran eksterior Hong Guang S3 terlihat kaku dengan tarikan garis tegas. Soal dapur tenaga, Wuling memberi dua pilihan mesin, yakni 1.5L NA dan 1.5L turbocharged.

Hingga saat ini, Wuling Hong Guang dengan beberapa modelnya merupakan cukup sukses memuncaki penjualan mobil di pasar nasional Tiongkok. Tahun ini, ekspansi perusahaan patungan ini pun merambah ke Tanah Air melalui SAIC-GM-Wuling (SGMW) Motors Indonesia.

Tentunya, peluang SUV pertama Wuling tersebut sangat besar menantang Pajero Sport dan Fortuner. Walapun tidak dalam waktu dekat, pasalnya, Agustus nanti mereka akan lebih dulu bertarung di segmen low MPV.

Namun tentunya, tantangan ini akan membuat 3 kemungkinan yang akan menarik disimak. Beberapa kemungkinan tersebut antara lain :

  • Apakah hal ini akan menjadikan Fanbase Pajero dan Fortuner berkurang
  • Apakah hal ini akan menjadikan Pajero dan Fortuner menurunkan harga jualnya
  • Apakah hal ini akan menjadikan Pajero dan Fortuner menambah fitur dan spesifikasinya.
Lihat Juga : recall pajero sport 2016

Kita lihat saja. Karena bagaimanapun juga, persaingan ini akan menjadikan dunia otomotif akan semakin bersaing.

Dunia-Mobil.com | Majalah Otomotif Mobil Online Indonesia


posted by admin 5 , 348


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here