Waspadai 6 Penyebab Tarikan Mobil Jadi Berat

0
184
penyebab tarikan mobil jadi berat
penyebab tarikan mobil jadi berat

Tarikan mobil menjadi berat tentu dapat menganggu kenyamanan berkendara anda. Alhasil, mobil melaju rendah hingga membuat waktu berkendara anda menjadi lebih lama daripada biasanya. Segera atasi hal ini dengan mengetahui penyebab tarikan mobil anda menjadi berat.

6 Penyebab Tarikan Mobil Jadi Berat

Beragam penyebab dibawah ini dapat membuat tarikan mobil terasa berat, Yuk kenali satu persatu dibawah ini;

layanan konsultasi

1. Kampas Kopling Menipis

Untuk kasus ini diperuntukan untuk mobil dengan transmisi manual. Biasanya terjadi pada kampas kopling yang telah menipis, sehingga menjadi penyebab tarikan mobil berat. Kampas mobil yang sudah tipis membuat cengkraman pada flywheel menjadi tidak begitu kuat dan bisa menyebabkan slip. Untuk mengatasinya Anda harus mengganti plat kopling dengan yang baru. Sebaiknya dalam mengganti kampas kopling juga jangan sampai telat waktunya.

2. Transmisi Bermasalah

Kali ini diperuntukan untuk mobil dengan transmisi automatic/matic. Berbeda dengan transmisi manual yang salah satu penyebabnya bisa berasa dari kampas kopling yang menipis. Kalau pada transmisi matic mekanisme yaitu roda gigi berbentuk plat lempengan yang aka dihubungkan oleh mekanisme hidrolik. Jika salah satu plat di dalam transmisi matic menempel dengan plat gigi lain, maka proses perpindahan gigi akan terhambat. Jadi walau sudah menginjak gas cukup dalam, posisi gigi masih tetap dan mesin hanya meraung sementara tenaga mobil masih tertahan.

3. Bearing Roda Tersendat

Salah satu penyebab tarikan mobil tersendat bisa berasal dari bearing roda. Letaknya bearing roda berada di tengah poros yang fungsinya sebagai bantalan roda terhadap steering knuckle. Umumnya banyak orang menyebutnya dengan laher. Jadi yang bisa menyebabkan roda seret ini akibat bearing kurang pelumasan dengan adanya kerusakan di permukaan bearing. Rusak di bearing itu bisa membuat mengemudi sangat tidak nyaman. Untuk itu pastikan bearing mobil tetap terjaga pelumasan-nya.

4. Cengkraman Rem Kencang

Pada kasus ini berasal dari sistem cengkraman rem yang penyetelannya terlalu kencang, walau belum diinjak pedal remnya. Hal ini bisa terjadi bila mobil tersebut menggunakan tipe rem tromol. Jadi ketika penyetelannya terlalu kencang, bisa mengakibatkan pergerakan roda mobil seret dan berat karena agak tertahan. Untuk mengatasinya Anda bisa cukup menyetel ulang, rem tomol sehingga rem mobil tidak terlalu mencengkram.

5. Turbo Vane Bermasalah

Biasanya turbo vane itu berada di mobil-mobil beremsin diesel. Mesin-mesin itu sangat berkompresi tinggi sehingga mempunyai pengaruh untuk mendongkrak torsi dan power mesin. Pada turbosdiesel modern, umumnya telah dilengkapi dengan teknologi variable geo turbo yaitu sebuah mekanisme yang bisa mengatur kekuatan boosting turbo. Permasalahannya ada di bagian turbo vane yang bekerja sebagai katup, jika katup menutup dan tidak membuka aliran udara bisa membuat udara menuju mesin terhambat. Ini yang menyebabkan tarikan mobil terasa berat. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan di bengkel khusus yang menangani mobil diesel.

6. Catalytic Converter Mampet

Umumnya gas buang pada kendaraan mengandung racun atau toxic yang bisa berbahaya bagi lingkungan sekitar. Namun, untuk meminimalisir dan menyaring gas CO banyak pemilik mobil menggunakan catalytic converter yang dapat menyerap gas polutan ini. Fungsi komponen ini untuk menyerap gas polutan dari hasil pembakaran mesin. Jadi dengan begitu gas yang keluar, akan ramah terhadap lingkungan. Permasalahan yang sering terjadi yaitu umur penggunaanya, karena semakin lama polutan terserap katalis makan bisa menimbulkan kerak. Jika ini terjadi, maka gas buang akan terasa mampet dan mesin sulit mencapai top RPM. Untuk mengatasinya ada beberapa bengkel yang melayani pembersihan kerak katalis, jika ternyata sudah parah sebaiknya diganti.

Itulah ulasan artikel terkait tarikan mobil jadi berat. Semoga bermanfaat dan menjadi acuan atau referensi bagi kita semua..

Yuk baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here