Kapan Waktu Tepat Untuk Mengganti Oli? Ini Jawabannya

0
115
waktu yang tepat untuk mengganti oli
waktu yang tepat untuk mengganti oli

Kapan terakhir anda ganti oli mobil ? Dengan mengganti oli mobil dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Jangan malas untuk mengganti oli jika tidak ingin berdampak overheat pada mesin mobil anda. 

Sebelum anda mengganti oli mesin mobil, sebaiknya perhatikan frekuensi waktu atau jarak. Tak jarang hingga saat ini masih beragam perbedaan pendapat. Ada juga yang ikut berpedoman ala pabrikan ketika telah mencaapi 10.000 km. Lalu mana yang benar?

layanan konsultasi

Ganti Oli Mobil Tiap Mencapai KM ini

Menurut Chief Technical and Training Officer Liqui, Moly Gordon Alexander Lit, berpendapat bahwa kedua pendapat tersebut tidaklah salah. Namun dapat dilihat dari situasi pemakaian. Ambil contoh perkotaan Jakarta. Dengan tingkat kemacetan yang tinggi maka otomatis masa tercapai jarak ideal akan lebih panjang.

Jika situasi jalan macet diatas, mungkin angka tersebut baru dapat tercapat setelah enam bulan atau sesudahnya. Berbeda hal jika situasi jalanan lancar bebas macet, angka ideal 10.000 km lebih cepat didapatkan dalam kurun sebulan atau dua bulan

Baca Juga : Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Baik

Jangan lihat dari jarak tempuh

Idealnya, untuk mengganti oli anda dapat berpatokan dengan waktu terutama bagi masyarakat perkotaan. Mengingat kemacetan di ibukota semakin tak bisa dihindari, maka mesin bekerja ekstra berjam-jam selama kemacetan. Belum lagi jika ditambah dengan cuaca panas. Hal ini akan membuat mesin bekerja sangat keras hingga dapat membuat kualitas pelumas cepat menurunvakibat dari berbagai faktor, seperti kondisi jalan, cara pemakaian serta cuaca.

Khusus untuk anda masyarakat perkotaan, disarankan untuk mengganti oli dalam setahun yang dilebihkan Jika biasanya mengganti oli dalam setahun dua kali, ditambah jadi tiga kali ganti, untuk idealnya empat bulan sekali. Jangan tunggu hingga mencapai jarak 10.000 km.

Itulah ulasan terkait ganti oli mobil. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan. Jangan malas untuk mengganti oli jika tidak ingin mengalami kerusakan parah akibat kualitas oli sudah jelek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here