Wajib ! Perawatan Mobil Setelah Kena Banjir

0
411
perawatan mobil setelah kena banjir
perawatan mobil setelah kena banjir

Hujan deras belakangan ini membawa momok menakutkan bagi banyak pihak. Terutama bagi pemilik kendaraan bermotor. Untuk itu, mengetahui perawatan mobil setelah kena banjir merupakan sesuatu yang wajib diketahui,

Tujuan dari mengetahui hal-hal tersebut antara lain adalah:

  • Mampu memastikan mesin mobil dapat bekerja maksimal
  • Memastikan umur mobil dapat bertahan lama
  • Menghindari terjadinya mogok yang menghambat aktivitas anda

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di sejumlah tempat. Khusus pemilik mobil yang bermukim di wilayah rawan banjir, sangat disarankan tidak menyimpan kendarannya sementara waktu di rumah. Sebab ada potensi kerugian yang relatif besar jika mobil sampai terendam banjir.

Bila ketinggian banjir sampai merendam ruang mesin, masalah yang umumnya ditemui adalah rusaknya electronic control unit (ECU). ECU adalah salah satu perangkat terpenting yang menjadi otak kendaraan. ECU punya beberapa fungsi, di antaranya mengatur pengapian dan suplai bahan bakar ke mesin.

Jika sampai korslet, ECU harus diganti dan biayanya relatif mahal. Deni mencontohkan untuk ECU Toyota Avanza harganya bisa mencapai Rp 12 juta.

“ECU kan otaknya mobil. Kalau rusak biayanya lumayan mahal. Avanza saja Rp 12 jutaan. Itu ECU-nya saja,” kata Deni saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Pengecekan sistem pada mobil masa kini butuh scanner khusus.

Pengecekan sistem pada mobil masa kini butuh scanner khusus.

Untuk mobil yang terlanjur terendam banjir, Deni mengatakan ada cara untuk mencegah kerusakan ECU. Caranya dengan tidak langsung menghidupkan mesin.

Pemilik kendaraan disarankan untuk menyewa mobil derek untuk membawa mobilnya ke bengkel terdekat. Nantinya mekanik akan mengecek bagian apa saja yang terendam. Jika memang ditemukan ECU terendam, mekanik akan membongkar dan membersihkannya. Dengan cara ini, maka ECU tidak akan korslet. Sehingga pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menggantinya.

lihat juga: Penyebab AC Mobil Bau Apek dan Cara Mengatasinya

Deni menyebut saran ini juga ditujukan untuk pengendara yang nekat menerobos banjir tinggi, namun tiba-tiba mogok di tengah jalan.

“Jadi kalau mogok, biarkan saja. Sebaiknya didorong atau diderek. Jangan langsung dihidupkan karena bisa bikin ECU korslet,” ucap Deni.

penanganan ecu mobil rusak terkena banjir
penanganan ecu mobil rusak terkena banjir

Karena banjir bisa menyebabkan kerusakan pada mobil, air yang meluap bukan lah air bersih akan tetapi air hujan yang bersifat asam bercampur dengan kotoran… hal ini menyebabkan besi mudah berkarat, selain karat masalah yang dihadapi pemilik mobil antara lain:

  1. Bau Apek
    Air dan Kotoran pada interior menyebabkan bau apek pada seluruh kabin, mobil yang terkena banjir otomatis air yang bercampur kotoran akan masuk pada bagian dalam mobil seperti kabin mobil, karpet mobil, jok mobil, dashboard, dan lain sebagainya… bahan-bahan yang terbuat dari kain atau serat sintetis akan berbau apek dan berwarna kecoklatan akibat air yang bercampur lumpur dan kotoran ini, tak jarang lumpur yang mengendap bisa mencapai ketebalan 5-25 cm…. oleh karena itu pembersihan total sangat dibutuhkan jika mobil terendam banjir
  2. Menggangu Performa Mobil
    Air bercampur lumpur ini memasuki bagian mesin sehingga komponen mesin perlu dibersihkan, tergantung keparahan mobil. Air bisa masuk melalui knalpot terus masuk ke bagian dalam mesin. Selain bagian dalam, bagian luar mesinpun tak luput dari kotoran yang bisa mengganggu performa mobil.
  3. Mobil Menjadi Keropos
    Mobil keropos, dengan masuknya air hujan + lumpur + kotoran menyerang bagian-bagian logam yang tersembunyi dan tidak dibekali anti karat menyebabkan mobil akan mudah keropos dalam beberapa waktu

lihat juga: Langkah Mudah Mencari Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik dan Menanganinya

Masalah jangka pendek mobil yang terkena banjir:

* Bau apek
* Mobil sangat kotor
* Pekerjaan membersihkan seluruh interior dan eksterior mobil sampai mesin
* Setting ulang agar mesin memiliki performa yang baik

Masalah jangka panjang:

* Karat menjadi sangat mudah menyerang mobil
* Performa mobil tidak bisa kembali seperti semula akibat pembersihan yang tidak bisa sempurna
* Harga jual turun

derek mobil mogok akibat terendam banjir
derek mobil mogok akibat terendam banjir

Jika anda membutuhkan perawatan mobil setelah kena banjir secara profesional, banyak bengkel mobil yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel mobil yang memiliki kemampuan melakukan perawatan mobil secara menyeluruh dengan menggunakan teknologi canggih.

Anda dapat mencoba bengkel yang satu ini dengan menghubungi Dokter Mobil di alamat/kontak:

Dokter Mobil
Jalan Boulevard Raya, Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading


posted by Admin 5 , 987


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here