Ketahui Pentingnya Perawatan Tune Up Pada Mobil Anda

0
78
pentingnya perawatan tune-up pada mobil
pentingnya perawatan tune-up pada mobil

Kapan terakhir kali anda melakukan tune up mobil ? Bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu jarang melakukan tune up pun beragam, salah satunya mobil menjadi brebet hingga boros bensin. Kalau hal ini sedang anda alami, berarti mobil anda butuh banget di tune up.

Kapan Sebaiknya Tune Up Mobil ?

Umumnya, tune up mobil dilakukan tiap mencapai 6 bulan sekali agar stabilitas performanya tetap terjaga. Jadi jangan heran bila bengkel mobil kerap ramai untuk melayani service tune up.

layanan konsultasi

Pentingnya Perawatan Tune Up Pada Mobil

Jangan bingung sendirian, mending kepoin pentingnya perawatan tune up pada mobil anda dibawah ini;

  1. Memaksimalkan Performa Mesin

Performa mesin menjadi salah satu penunjang kenyamanan pengguna mobil. Jika perfoma mesin kendaraan anda menurun, sudah dapat dipastikan hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan anda ketika menggunakan kendaraan tersebut.

  1. Menghindari Kerusakan Yang Lebih Parah

Jangan tunggu mobil anda rusak baru diservice. Nah, salah satu manfaat dari tune up mobil secara berkala yakni mengehindari kerusakan yang lebih parah.

Kerusakan jika dibiarkan secara terus menerus terjadi dan bertumpuk maka akan menimbulkan kerusakan yang akan lebih parah nantinya. Tidak ingin mengeluarkan budget banyak

  1. Menjaga Kondisi Mesin Anda Agar tetap Awet

Salah satu dampak positif yang dimaksud dalam hal ini adalah menjaganya agar tetap awet. Begitupun dengan mesin kendaraan anda, apabila selalu dirawat dengan salah satunya di tune up, maka kondisi mesinnya kan lebih awet dan bisa dipastikan usianya akan lebih panjang jika dibandingkan dengan mesin yang tidak dilakukan tune up.

  1. Memastikan Saringan Udara Dalam Mobil Anda Berfungsi Dengan Baik

Fungsi yang ke empat dari langkah perawatan tune up mobil adalah untuk memastikan komponen saringan udara dalam mesin anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila ada masalah yang disebabkan oleh tidak berfungsinya saringan udara dengan baik pada kendaraan anda, maka hal tersebut akan mempengaruhi suhu dalam kendaraan anda. Suhu yang tidak stabil, akan menyebabkan performa mesin anda berkurang. Selain itu suhu yang panas juga akan mempercepat kerusakan pada komponen mesin anda yang lainnya.

  1. Memastikan Semua Komponen Mesin Dalam Kondisi Stabil

Yang tidak kalah penting dari fungsi melakukan dan merawat kendaraan anda dengan cara tune up adalah untuk emastikan kondisi semua komponen yang ada pada mesin mobil anda tetap dalam kondisi yang stabil dan sesuai dengan spesfikasi yang ada pada buku manual kendaraan anda. untuk itu, sebaiknya lakukanlah tune up pada kendaraan anda secara rutin ya sobat agar komponen mesin mobil anda tetap terjaga.

Simak juga untuk mengetahui prosedur tune up mobil disini.

Itulah ulasan terkait pentingnya tune up mobil. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Punya keluhan apa di mobil anda? Yuk bahas di kolom komentar ini. Salam Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here