Mau Tune Up Mobil Diesel Sendiri? Intip Cara Mudah Disini

0
159
cara tune up mobil diesel
cara tune up mobil diesel

Agar performa mobil diesel anda tetap terjaga prima, ada baiknya melakukan Tune Up. Tidak harus ke bengkel, anda dapat Tune Up dengan mengetahui cara tune up mobil diesel.

Sudah tahu apakah Tune Up? Yakni servis ringan dengan membersihkan sisa pembakaran atau residu hitam pada saluran pembakaran anda. Biasanya dilakukan setelah kendaraan mencapai jarak tempuh 10.000 – 15.000 km. Maksud mengembalikan tenaga mesin seperti semula

layanan konsultasi

Alasan Mengapa Harus Tune Up

Anda disarankan untuk melakukan perawatan mobil anda karena untuk menjaga mesin anda agar tetap selalu baik dan lancar digunakan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa tune up mobil diesel sangat penting dilakukan:

  1. Kekuatan tenaga mesin berkurang
  2. Sulit dalam menyalakan mesin mobil saat pertama kali ingin dinyalakan.
  3. Getaran pada mesin bergetar lebih tinggi dari pada biasanya.
  4. Terjadi masalah saat mobil digunakan.
  5. Salah satu bentuk tune up mobil diesel ini antara lain adalahmembersihkan pada bagian injektor dan saluran yang terhubung dengan bahan bakar. Anda harus selalau menservisnya secara rutin agar mesin mobil anda selalu terjaga dan tidak mudah rusak.

Cara Tune Up Mobil Diesel

Berikut ini adalah salah satu cara untuk tune up mobil diesel anda:

  1. Membeli cairan khusus untuk membersihkan kotoran pada mobil anda.
  2. Menyemprotkan cairan tersebut pada bagian intake fold.
  3. Didiamkan beberapa saat lalu kalau sudah kering silahkan di semprot lagi menggunakan cairan yang sama sebanyak 3 kali.
  4. Mobil di gas, langkah ini dilakukan beberapa kali agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Meningkatkan Cara Kerja Mesin Diesel dalam Mobil Anda

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menaikkan tenaga mesin pada mobil anda:

  1. Meningkatkan masuknya aliran udara dengan memperbaiki filter udara dan menggantinya dengan modifikasi filter. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pembakaran yang bagus dan signifikan.Selain itu, anda juga dapat memporting dan melakukan pengaturan kembali aliran udara sehingga lebih efisien. Tujuannya adalah untuk mengalirkan udara masuk ke dalam ruang bakar dengan mudah. Terakhir, anda dapat memasang unit turbo dan super charge tujuan pemasangan tersebut adalah untuk memperbanyak udara yang masuk.
  2. Meningkatkan bahan bakar. Dalam hal ini termasuk di dalamnya antar lain adalah dengan mengganti bahan bakar yang akan dibakar pada mesin sehingga jumlah bahan bakar akan semakin banyak . Perbanyakan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan kalibrasi IP, memodifikasi Nosel, melakukan pengaturan baut load solar serta memasang piggy back pro.
  3. Melancarkan pembuangan hasil pembakaran, yaitu dengan  melakukan tiga hal berikut ini: Pertama, dapat memporting exhausted manifold yang dapat mempermudah mengeluarkan gas yang harus di buang. Anda juga dapat mengganti manifold dan knalpot  agar memperbesar udara yang masuk serta mengulang pengaturan dimensi serta ukuran exhaust.

Itulah ulasan terkait cara tune up mobil diesel. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Yuk komentar dibawah ini . Saling berbagi itu indah 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here