Ini Posisi Benar Tuas Transmisi Matik Saat Jalan Macet

0
217
Tuas Transmisi Matik Saat Jalan Macet
Tuas Transmisi Matik Saat Jalan Macet

Salah satu kemudahan bagi pengguna mobil matic adalah tidak perlu repot-repot atur gigi atau injak kopling secara terus menerus. Tidak jarang mobil matik menjadi salah satu jenis yang banyak diminati oleh masyarakat. Namun penggunaan transmisi masih membingungkan beberapa penggunanya. Bagi anda pengguna mobil matik, sudahkah mengetahui dengan benar posisi tuas transmisi matik saat jalan macet?

Posisi Tuas Yang Tepat Ketika Berhenti

Pasalnya, pengguna mobil transmisi otomatis masih banyak yang memperdebatkan posisi tuas ketika sedang berkendara terutama saat berhenti karena macet. Beragam pendapat terlontarkan menurut argumen masing pengguna. Salah satunya ada yang berpendapat diposisikan di N (netral) agar komponen matik menjadi lebih awet.

layanan konsultasi

Namun jika anda ingin mencari aman, anda boleh jadikan opsi pindahkan ke tuas N ketika mobil sedang terhenti.

Baca Juga Ini : Hindari Ini Jika Tidak Ingin Kondesor AC Mobil Cepat Rusak

Bagaimana Jika Tuas Berada di D Ketika Terjebak Macet ?

Kekhawatiran sempat melanda ketika cuapan simpang siur mengatakan transmisi berpeluang cepat jebol jika dibiarkan berada di D ketika sedang terjebak macet dijalan. Anggapan tersebut tidak selamanya benar. Faktanya, ketika transmisi berada di D ketika macet tidaklah menyebabkan kerusakan pada transmisi tuas.

Sekelumit fakta jika mobil berada di D (drive) dapat menimbulkan beberapa resiko bagi penggunanya, salah satunya dapat menimbulkan kecelakaan. Seban pengemudi harus menahan laju mobil dengan pedal rem jika tidak ingin mobil jalan secara otomatis.

Mungkin bisa saja secara tidak sadar pedal rem gas akan terlepas secara tidak sengaja. Alhasil mobil menabarak pengguna mobil lainnya yang berada didepan anda. Wah sangat beresiko bukan?

Kini, beberapa jenis mobil sudah dilengkapi dengan teknologi fitur Brake Hold untuk membantu menahan laju mobil dengan menggunakan rem parkir. Biasanya fitur ini dipakai ketika pengendara malas harus sering pindah tuas transmisi antara D dan N.

Transmisi matik diciptakan untuk memberikan kemudahana serta kenyamanan ketika berkendara. Jadi pastikan anda tidak salah menggunakan tuas transmisi matik mobil sobat ya..

Demikian ulasan mengenai tuas transmisi matik saat jalan macet. Semoga dapat bermanfaat untuk anda khususnya pengguna mobil matik. Yuk semakin bijak dan cerdas dalam berkendara agar mobil semakin nyaman digunakan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here