Penyebab dan Cara Mengatasi Transmisi Mobil Matic Slip dan Berat

0
2321
penyebab transmisi matic selip dan berat
penyebab transmisi matic selip dan berat

Masalah transmisi mobil matic slip banyak terjadi tidak hanya pada mobil bekas namun juga mobil baru. Ada banyak penyebab munculnya masalah ini. Oleh sebab itu, anda perlu tahu secara pasti penyebabnya, dan penanganannya yang paling tepat.

Masalah transmisi slip ini terasa saat mobil sudah meraung-raung namun tarikan mobil terasa berat, lemah, dan seperti kurang tenaga. Oleh sebab itu, anda tidak bisa memvonis mesin mobil bermasalah. Bisa jadi memang transmisinya sedang butuh “jajan”.

Penyebab Transmisi Mobil Matic Slip

Penyebab utama dari kerusakan pada sistem transmisi matic yang selip / slip antara lain adalah:

  • Kualitas spare part yang rusak
  • Ada kecelakaan
  • Tidak rutinnya penggantian oli transmisi
  • Jumlah oli transmisi tidak cukup
  • Kebocoran oli transmisi
  • Oli transmisi terbakar atau sudah tidak layak lagi
  • Gigi-gigi transmisi aus

Ya, tidak rutin mengganti oli transmisi akan menyebabkan potensi penyumbatan filter oli. Penyumbatan ini terjadi karena kanvas pada transmisi saling bergesekan dan menghasilkan serbuk atau butiran kanvas.

Butiran inilah yang kemudian menyumbat filter oli.

Akibat Dari penyumbatan filter oli ini tidak hanya menyebabkan kopling menjadi selip, namun juga menyebabkan perpindahan gigi menjadi tidak mulus.

Biaya Perbaikan

Biaya perbaikan masalah ini cukup bervariasi bergantung pada tingkat kerusakan. Jika kerusakan cukup parah, biaya servicenya bisa antara 2 juta hingga 3 juta Rupiah (untuk mobil keluaran Jepang dan Korea).

Untuk mobil keluaran Eropa, khususnya mobil mewah Eropa, biayanya bisa 4 hingga 20 juta Rupiah.

Cara Mengecheck Kondisi Sistem Transmisi Mobil Matic

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui sistem transmisi otomotis mobil Anda masih sehat atau tidak? Cukup gampang, Anda bisa memilih melakukan beberapa hal berikut :

  1. Periksa apakah ada oli transmisi yang bocor. Untuk mengamatinya, lihatlah lantai garasi Anda khususnya tepat di bagian tengah depan atau di antara kedua roda depan. Adakah rembesan oli di lantai?
  2. Dengarkan dengan seksama saat perpindahan gigi, apakah ada suara kasar atau tidak? Perpindahan gigi terutama saat kendaran berjalan.
  3. Perhatikan dengan cermat, apakah suara mesin menderu sesuai dengan laju kendaraan? Bila mesin sudah meraung-raung tetapi laju kendaraan masih biasa-biasa saja, berarti ada selip kopling.
  4. Bila Anda belum yakin, ada baiknya melakukan tes. Caranya, hidupkan mesin mobil. Kemudian masukkan persneling ke posisi D atau R. Lepas pedal rem, perhatikan apakah kendaraan bergerak atau tidak. Bila transmisi masih sehat, mobil akan bergerak dan sebaliknya.

Cara Menjaga Agar Transmisi Mobil Tidak Cepat Rusak

Sedangkan untuk perawatan sistem transmisi otomatis agar tak cepat rusak. Berikut langkah yang perlu Anda perhatikan:

  1. Gunakan selalu oli/pelumas yang dianjurkan oleh pabrikan. Biasanya, di kemasan oli untuk mobil bertransmisi itu tertera tulisan ATF atau Automatic Transmission Fluid.
  2. Jangan lupa secara rutin memeriksa tabung penyimpan oli transmisi. Perhatikan, isi tabung jangan sampai di batas minimal atau bahkan kurang, dan jangan pula melebihi batas maksimal.
  3. Penggantian oli jangan melebihi batas waktu penggantian yang dirasankan misalnya setiap 40 ribu kilometer atau kurang dari itu.
  4. Bila Anda berhenti sementara, posisi transmisi harus di N, dan jangan sampai menggunakan posisi D sembari menginjak rem. Pasalnya, hal itu akan menjadikan kanvas cepat aus.
mengatasi transmisi mobil matic yang selip dan berat
mengatasi transmisi mobil matic yang selip dan berat

Mengatasi Masalah Slip pada Transmisi Mobil Matic

Untuk menangani masalah ini, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecheckan untuk mencari penyebab munculnya masalah ini. Jika penyebab masalah sudah ditemukan, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan penanganan yang tepat yang meliputi:

  • Penggantian oli transmisi
  • Membersihkan area sekitar spare part
  • Mengganti spare part yang bermasalah

Jika anda tidak menemukan penyebab masalah, segera datangi bengkel mobil yang dapat anda percaya untuk menangani masalah ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penyebab dan cara memperbaiki transmisi mobil matic slip. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan memberikan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here