Jarang Diketahui, Ini Arti Titik Kuning Pada Ban Mobil Anda

0
533
Arti Titik Kuning Pada Ban Mobil
Arti Titik Kuning Pada Ban Mobil

Bagi anda yang membeli mobil baru, mungkinkah dilanda rasa bingung terhadap arti titik kuning ban mobil anda? Tidak sedikit kalangan awam beranggapan bahwa hal tersebut dinilai sebagai tumpahan cat, sebab diameter bulatan tidaklah terbentuk secara sempurna.

Umumnya, para pengguna hanya memahami ban dari diameter, tapak serta merk. Dibalik itu, tersimpan beberapa tanda dan makna yang harus dipahami oleh penggunanya. Hal ini bisa berupa simbol warna dan angka pada ban mobil yang harus diketahui oleh penggunanya.

layanan konsultasi

Ini Arti Titik Kuning Pada Ban Mobil

Jangan keliru. Arti titik kuning pada ban mobil sengaja dibuat oleh produsen mobil untuk menandakan titik paling ringan di karet bundar tersebut. Tidak semua ban memiliki titik kuning dengan diameter sempurna disetiap sisi.

Tidak harus kuning, dibeberapa negara lain menggunakan warna terang lainnya seperti merah terang dan biru muda untuk memudahkan mata mekanik melakukan tindakan dalam reparasi.

Titik kuning berfungsi memudahkan mekanik dalam memasang pelek di setiap ban. Sebab, dengan mengetahui titik teringan dan terberat di komponen tersebut, mereka menjadi lebih mudah menentukan keseimbangan putaran, atau balancing.

Fakta lainnya juga mengungkap bahwa lingkaran titik kuning sering disejajarkan dengan pentil ban. Alasannya, karena pentil pasti memberikan bobot tambahan. Memasangnya tepat di titik paling ringan, tentu membuat keseimbangan roda tak mengalami gangguan.

Jadi sebaiknya jangan hilangkan titik kuning pada mobil anda. Tujuannya tidak lain memudahkan mekanik dalam membongkar pasang pelek ban mobil anda.

Baca Juga : Masih Bingung Pilih Ban Mobil? Simak Tips Selengkapnya

Tidak Semua Mekanik Paham Titik Kuning Pada Ban Mobil

Inilah pentingnya memilih bengkel spesialis terpercaya. Jika anda memilih bengkel abal-abal untuk perawatan mobil baru anda, sangat disayangkan sekali. Disarankan untuk pengguna agar mengecek kembali posisi titik kuning pada ban agar sejajar dengan pentil ban sebelum pergi meninggalkan garasi bengkel.

Demikian sekelumit fakta ulasan mengenai titik kuning pada ban mobil. Semoga dapat menambah pengetahuan anda seputar dunia otomotif. Baca artikel menarik lainnya di Dunia Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here