Tips Parkir Kendaraan Dengan Aman dan Nyaman

0
67
tips parkir kendaraan dengan aman
tips parkir kendaraan dengan aman

Tahukah Anda? Bahwa 85% kehidupan mobil dihabiskan di tempat parkir. Sebab itu, parkir kendaraan dengan aman dan nyaman dapat meminimalisir kejahatan yang tidak diinginkan. Kok Bisa?

Perlu kita sadari bersama, di perkotaan besar khususnya Jakarta masih massif terjadi tindakan pencurian kendaraan. Tidak hanya motor, mobil pun kerap terjadi. Sebab itu, pastikan mobil anda selalu aman dan nyaman saat terparkir dalam waktu cukup lama.

layanan konsultasi

Tips Parkir Kendaraan Dengan Aman dan Nyaman

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan agar mobil tetap aman ketika parkir. Apa saja itu? Simak selengkapnya dibawah ini;

1. Immobilizer

Pastikan mobil anda sudah menggunakan fitur ini agar aman dari pelaku kejahatan. Biasanya, hampir semua mobil-mobil baru sudah menggunakan fitur keamanan immobilizer. Namun ada juga beberapa merk mobil yang belum terdapat fitur ini. Anda bisa menambahkan ke bengkel.

Cara kerja immobilizer adalah menggunakan kode pada transponder di anak kunci. Kode tersebut harus cocok dengan kode yang terdapat di ECU kendaraan. Jika tidak cocok maka mesin mobil tidak akan menyala.

2. Memilih Area Parkir

Usahakan memilih tempat parkir yang terlindung dari paparan terik matahari, sebab dapat mempengaruhi kinerja AC mobil anda.

Selain itu, carilah lokasi parkir yang tidak mengganggu pengendara lain dan di tempat yang terang. Jangan lupa gunakan lampu sein saat mencari tempat parkir agar pengemudi lain mengetahui maksud Anda. Hindari parkir di jalan yang sempit, tikungan, atau zona dilarang parkir, misalnya zebra cross karena akan menganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

3. Menggunakan alat bantu parkir

Beberapa mobil sudah mulai dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pengendaranya untuk parkir. Mulai dari sensor parkir hingga kamera parkir. Sensor parkir biasanya ditempeldi bumper luar bagian belakang, ada juga yang menempatkannya di bagian bumper depan.

Jika ada obyek yang sudah semakin dekat dengan mobil maka sensor akan mengeluarkan suara yang semakin kencang. Sedangkan untuk kamera parkir dapat membantu anda mendeteksi obyek yang ada di belakang mobil. 

4. Pastikan Kondisi Mobil Siap Ditinggal Saat Parkir

Hal ini tidak kalah penting. Pastikan kaca mobil sudah tertutup rapat serta pintu mobil terkunci saat meninggalkan mobil yang diparkir. Pintu yang tidak tertutup rapat membuat alarm otomatis tidak bekerja. Kaca mobil yang terbuka memudahkan akses pencuri untuk membuka pintu mobil. Jangan sampai hal ini menimpa anda.

Nah, itulah ulasan terkait Tips Parkir Kendaraan Dengan Aman dan Nyaman. Semoga bermanfaat untuk kita semua..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here