Wajib tahu, 3 Tips Mudah Merawat Rem Mobil Anda Agar Awet

0
228

Bagaimana kondisi rem anda saat ini? Seberapa sering anda merawat rem mobil anda? Semua setuju bahwa rem merupakan komponen penting setiap kendaraan yang berfungsi memperlambat laju tenaga mobil. Tanpa adanya rem, bisa saja tingkat kecelakaan sangatlah tinggi.

Sebelum anda berkendara, pastikan kondisi rem tetap terjaga dengan prima. Hal ini tidak terlepas dari perawatan mobil termasuk rem.

layanan konsultasi

Sering kali salah kaprah pengguna mobil yang kini berubah menjadi kebiasaan dapat membuat kampas rem menjadi lebih cepat aus.  Agar kampas rem tidak cepat habis, Berikut simak tips mudah merawat rem mobil, keep scroll gaess..

1. Jangan mengerem mendadak

Tips yang pertama yakni hindari mengerem secara mendadak. Secara langsung hal ini dapat menyebabkan brake pad menjadi lebih cepat rusak sebelum waktunya diganti.

Agar tidak mengalami nyentak, caranya dengan menggunakan ujung kaki dan menginjaknya secara perlahan. Dengan begitu mobil akan melambat dengan lembut dan kinerja rem juga tak cepat rusak.

Tingkat konsentrasi dalam berkendara sangat dibutuhkan agar mencegah rem mendadak. Jangan lupakan jarak pandang ketika berhenti agar mencegah rem mendadak dalam keadaan macet.

2. Hindari melewati genangan air atau lumpur

Tips selanjutnya yakni usahakan menghindari genangan air atau lumpur selagi ada opsi yang lebih baik. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah kotornya komponen rem. Semakin kotor maka dapat menghambat kinerja rem.

Usahakan untuk tidak melewati genangan air atau lumpur, supaya mencegah kotor dan lengket pada komponen rem.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil Berdecit dengan Mudah

3. Pemeriksaan secara rutin

Tips terakhir yakni jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin secara berkala. Semakin lama mobil jarang mendapatkan perawatan servis, maka komponen sistem pada pengereman semakin menumpuk kotoran.

Oleh sebab itu maka sangat dianjurkan untuk membersihkan komponen rem secara berkala, tidak harus menunggu jadwal servis tiba.

Oke sobat, itulah ulasan bermanfaat mengenai tips mudah merawat rem mobil yang dapat anda praktekkan dalam berkendara. Semoga dapat dijadikan sebagai rujukan informasi terpercaya anda.

Kurang puas? Baca ulasan bermanfaat lainnya hanya di Dunia Mobil, wadah inspirasimu dalam berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here