Panduan dan Tips Mengemudi yang Baik Saat Musim Hujan

0
135
Tips Mengemudi Saat Musim Hujan
Tips Mengemudi Saat Musim Hujan

Bagaimana tips mengemudi yang baik saat musim hujan ? Memasuki akhir tahun, musim penghujan telah mengguyur beberapa wilayah perkotaan termasuk Jakarta.

Bukan hanya bencana alam, musim hujan pun mengundang bahaya di jalan raya. Hal ini disebabkan oleh jalanan yang menjadi lebih licin, belum lagi lubang kecil hingga besar di jalan yang tak terlihat karena tertutup oleh genangan air. Tentu bahaya bukan?

layanan konsultasi

Sebab inilah, angka kecelakaan menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Kecelakaan memang tidak bisa dihindari namun kita bisa mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi.

Bagaimana Tips Mengemudi yang Baik Saat Musim Hujan ?

Sebelum anda mengemudi di musim penghujan ini, yuk persiapkan hal-hal dibawah ini;

1. Check Ban Kendaraan

Ini wajib sekali. Ban adalah salah satu yang paling penting untuk diperhatikan ketika membawa kendaraan saat hujan. Jalanan yang licin harus didukung oleh kondisi ban yang prima dan. Jangan sampai ban kempes ketika kendaraan sedang digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Periksalah minimal satu kali dalam sebulan!

Anda dapat mengecek tekanan angin pada masing-masing ban. Temukan dengan mudah pada bagian sisi belakang pintu, laciĀ dashboard, atau di balik tutup tangki bensin.

Bukan hanya tekanan anginnya, Anda juga harus memerhatikan apakah ban masih bagus atau tidak. Jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

2. Periksa Semua Lampu

Lampu merupakan komponen utama pada sebuah kendaraan. Pastikan lampu depan dan belakang dapat menyala dengan baik karena lampu depan sangat dibutuhkan saat sedang hujan.

Pastikan juga lampu rem menyala dengan baik. Ketika hujan besar, biasanya jalanan akan terlihat kurang jelas atau samar-samar. Jangan lupakan juga untuk mengecek lampu sen yang ada di bagian depan dan belakang mobil.

3. Periksa Kontrol Mobil

Bagian ini terdiri dari kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling. Pastikan semua bagiannya dapat berfungsi dengan sangat baik dan tidak ada satupun yang macet.

Sebaiknya berikan juga perhatian dan perawatan ekstra pada setiap bagian, khususnya saat musim hujan. Hal ini sangat dianjurkan agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk dari kecelakaan.

Sudah mengecek semua bagian kendaraan Anda? Apakah ada yang harus diperbaiki? Kalau ya, sebaiknya segera bawa ke bengkel dan jangan ditunda lagi!

Baca Juga : Wajib ! Perawatan Mobil Setelah Kena Banjir

Nah, itulah ulasan terkait Tips Mengemudi yang Baik Saat Musim Hujan. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here