Tips Mengatur Posisi Duduk yang Baik dan Nyaman saat Mengemudi

0
85
Untuk kenyamanan saat berkendara, saat penting untuk tahu posisi yang tepat dalam mengemudi
Untuk kenyamanan saat berkendara, saat penting untuk tahu posisi yang tepat dalam mengemudi

Pentingnya Cara Mengatur Posisi Mengemudi yang Benar dan Nyaman agar pengendara terasa senang.

Zaman sekarang ini berkendara merupakan sesuatu kebutuhan untuk mencapai tujuan baik untuk berkantor maupun tujuan lainnya. Disamping itu, Penting sekali untuk mengetahui Tingkat kenyamanan saat berkendara sehingga pengemudi terasa sangat nyaman dan senang diperjalanan. Walaupun perjalanan yang dialami pengendara menempuh jarak yang jauh.

Berikut akan dijabarkan bagaimana cara mengatur posisi mengemudi yang benar dan nyaman, coba dilihat dengan seksama agar menjadi pengetahuan dasar bagi banyak pengendara.

  1. Posisi Duduk saat Mengemudi

    posisi duduk yang nyaman saat mengemudi
    posisi duduk yang nyaman saat mengemudi

Hal yang pertama dalam Cara Mengatur Posisi Mengemudi yang Benar dan Nyaman yaitu posisi duduk saat mengemudi. Posisi duduk yang benar dan nyaman yaitu posisi badan tegak membentuk sudut 100-115 derajat dan jok mobil juga harus diatur sejajar dengan posisi badan tegak dari alas duduk jok mobil tersebut.

Hal ini dapat membuat Pengendara Terasa sangat Nyaman dimobil dengan mengendarai mobil untuk menempuh jarak yang teramat jauh. Perhatian walaupun posisi duduk sangat nyaman tetapi jika pengendara kurang fokus atau mengantuk sebaiknya berhenti dahulu.

  1. Posisi Lengan dan Kaki

    Mengatur Posisi Tangan dan Kaki saat Mengemudi
    Mengatur Posisi Tangan dan Kaki saat Mengemudi

Yang kedua dalam Cara Mengatur Posisi Mengemudi yang Benar dan Nyaman yaitu Posisi Lengan dan Kaki. Hal yang umum yang sudah dibahas adalah posisi duduk saat mengemudi. Hal ini bersinambungan dengan posisi Lengan dan Kaki dimana tidak boleh terlalu tegang saat berkendara apalagi gemeteran saat berkendaraa. Hal itu bisa jadi keram dilengan maupun kaki dan meningkatkan tidak nyaman saat berkendara.

Yang harus diusahakan yaitu Siku pada tangan juga harus kita atur membentuk sudut 110-115 derajat karena hal itu bisa membuat tangan kita melakukan refleks yang sempurna. Jika Posisi Badan dan Lengan maupun kaki sudah benar maka tingkat kenyamanan makin tinggi dan tidak mudah terasa lelah maupun keram saat berkendara.

  1. Posisi Kepala

    Leher yang Pegal karena mengemudi merupakan tanda bahwa posisi duduk dan posisi kepala masih belum ergonomis
    Leher yang Pegal karena mengemudi merupakan tanda bahwa posisi duduk dan posisi kepala masih belum ergonomis

Posisi Kepala sangat merupakan bagian vital juga dikarenakan ini bagian tingkat fokus saat berkendara. Tingkat kefokusan yang dipengaruhi oleh pikiran yang sangat banyak dikepala menyebabkan hal tersebut menjadi hal yang sangat mempengaruhi tingkat ketidak nyamanan berkendara. Apalagi saat berkendara dengan tingkat yang sangat rumit dimana banyak terjadi kemacetan saat dijalan. Cara Mengatur Posisi Mengemudi yang Benar dan Nyaman saat posisi kepala harus tetap tegak dengan ditopang oleh sandaran kepala di jok mobil.

Cara tersebut bisa membuat pengendara lebih fokus dengan mata tatapan ke depan dan kepala maupun leher tidak kaku.

  1. Posisi Tangan

    Posisi tangan yang mantap dan nyaman dalam menggenggam stir merupakan kunci mengemudi yang baik dan benar
    Posisi tangan yang mantap dan nyaman dalam menggenggam stir merupakan kunci mengemudi yang baik dan benar

Hal keempat yang tak kalah penting yaitu posisi tangan. Posisi tangan disini dimaksudkan saat berkendara dengan memegang stir mobil yang baik agar mengendara menjadi menyenangkan dan pengendara nyaman. Jika memang memegang stir mobil benar maka posisi kepala dan posisi duduk bernar menjadikan pengendara betah dan senang berlama lama dimobil walaupun macet melanda. Posisi yang benar adalah menempatkan ibu jari di luar sejajar dengan lingkar stir (power stering) atau kemudi mobil yang mengarah ke atas sedangkan ke empat jari lainnya mencengkram lingkar kemudi.

Saat anda mencengkram kemudi terlalu keras itu membuat anda akan kesulitan melakukan manuver. Jangan memutar kemudi sampai habis, cukup gerakkan kemudi sedikit saja maka otomatis mobil akan bermanuver dengan sendirinya. Karena mobil terbaru sudah memiliki power steering sehingga anda tidak perlu susah-susah mengeluarkan tenaga untuk bermanuver.

  1. Atur Spion dan Gunakan Sabuk Pengaman

    Memperbaiki spion sangat penting untuk memastikan berkurangnya blind spot saat mengemudi
    Memperbaiki spion sangat penting untuk memastikan berkurangnya blind spot saat mengemudi

Jangan Lupakan hal sepele seperti spion dan sabuk pengaman khusus untuk spion ini merupakan hal yang vital untuk dalam berkendara. Tanpa melhat spion hanya sebagian kecil pengendara bisa berkendara dengan kendala yang minim. Tetapi untuk pengendara yang awam tentu hal ini menjadi sorotan untuk berkendara. Selalu bersihkan Spion Mobil anda karena bisa mempermudah anda untuk melihat kendaraan dibelakang mobil anda. Untuk Sabuk Pengaman dirasa semua wajib memakai sabuk pengaman karena saat rem mendadak hal ini dapat berpengaruh bagi pengendara. Sabuk pengaman ini membuat pengendara menjadi tidak jatuh atau kedorong lebih jauh jika pengendara mengerem mendadak. Cara kelima ini merupakan Cara Mengatur Posisi Mengemudia yang Benar dan Nyaman.

Semoga dari cara cara tersebut dapat bermanfaat untuk pengendara maupun pembaca. Diharapkan menjadi titik acuan saat berkendara baik jauh maupun dekat. Yang terpenting diatas itu semua yang pasti Kenyamaan berkendara dan tetap fokus saat berkendara. Karena dapat mengurangi tingkat kecelekaan yang terjadi dijalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here