Tips Agar Mobil Menjadi Kembali Bertenaga dan Performa

0
39
tips agar mobil menjadi kembali bertenaga
tips agar mobil menjadi kembali bertenaga

Mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat sebab mendukung mobilitas dalam bekerja. Namun seiring dengan usia pakai, tak jarang tenaga mobil pun ikut berkurang sehingga tidak lagi performa. Bagaimana cara untuk menambah tenaga mesin mobil anda?

Tips Untuk Menambah Tenaga Mesin Mobil

Mobil boleh tua, namun tenaga harus tetap number wan. Bagi anda yang ingin menambah tenaga mesin mobil. Yang pasti gak perlu repot-repot ke bengkel. Apa aja sih? Yuk kepoin tips selengkapnya dibawah ini ;

layanan konsultasi

1. Sistem pengapian yang baik

Proses pengapian menyangkut beberapa part seperti filter udara, pipa udara dan lain sebagainya.

2. Memperbaiki sistem pembuangan

Sistem pembuangan ini menyangkut masalah knalpot, anda dapat menggunakan knalpot racing untuk meningkatkan daya yang dihasilkan mesin, karena knalpot racing termasuk kedalam jenis free flow, knalpot jenis ini sekat di dalam silencer lebih sedikit atau bahkan tidak ada, fungsinya adalah agar melancarkan proses pembuangan sisa pembakaran, sehingga pembakaran menjadi efektif.

Sebenarnya penggunaan knalpot racing ini ada resikonya, yaitu suara yang bising dan mesin cepat rusak karena tendangan balik dari proses pembuangan tinggi menyebabkan part-part yang ada dalam mesin menjadi cepat aus, sebenarnya knalpot  racing itu digunakan pada kendaraan balap untuk meningkatkan power mesin. Jika anda tetap ingin menggunakan knalpot ini sebaiknya cari yang silencer nya baik, ciri-cirinya suara yang dihasilkan dari knalpot tidak terlalu keras.

Ada satu lagi yang perlu diperhatikan pada sistem pembuangan yaitu lekukan pada selang knalpot sebaiknya tidak terlalu banyak, agar tidak menghambat proses pembuangan sisa pembakaran.

3. Menggunakan bahan bakar kualitas tinggi

Bahan bakar (BBM) juga perlu diperhatikan, pilihlah bahan bakar dengan oktan tinggi seperti pertamax atau pertamax plus, sebenarnya mobil-mobil keluaran terbaru sudah menganjurkan menggunakan bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi karena part-part dari mesin mobil baru lebih canggih dan lebih presisi sehingga lebih dianjurkan menggunakan bahan bakar yang baik.

Dengan menggunakan bahan bakar yang baik akan meningkatkan performa mesin mobil anda dan juga dapat membuat mesin menjadi awet, karena proses pembakaran juga lebih efektif.

4. Berat mobil dan ukuran ban

Gunakan ban yang memiliki alur sejajar dan lurus hal ini gunakan untuk meningkatkan akselerasi mobil anda menjadi lebih cepat. Selain alur ban, anda juga dapat memilih ukuran ban yang lebih kecil dan pelg yang ringan, tujuannya agar mesin tidak terlalu berat bekerja untuk memutar ban.

Coba lihat saja pada kendaraan drag, meraka gunakan ban yang lebih kecil dan pelg yang lebih ringan, hal ini bertujuan agar proses akselerasi jadi lebih cepat dan hanya membutuhkan tenaga mesin yang sedikit untuk mencapai kecepatan tinggi.

5. Setting ulang mesin anda

Proses pembakaran dapat anda setting agar power yang dihasilkan lebih efektif dan daya yang keluar dapat disalurkan ke bagian mesin yang lain dengan baik, pada kendaraan lama yang belum menggunakan sistem injeksi biasanya proses setting masih manual, tetapi pada kendaraan baru yang menggunakan sistem injeksi danturbocharged atau superchargedproses dilakukan dengan menggunakan komputer karena bagian yang bertugas mencampur bahan bakar dan udara selama proses pembakaran diatur oleh perangkat elektronik yang lebih canggih, proses setting dengan menggunakan komputer ini biasa disebut dengan reflash

Baca Juga : Ini Penyebab Mobil Terasa Kurang Bertenaga saat Mencoba Menanjak

Itulah ulasan terkait menambah tenaga mesin mobil . Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Punya keluhan apa di mobil anda? Yuk bahas di kolom komentar ini. Salam Dunia Mobil

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here