Ternyata Beneran! Arti Nama Pajero dan Mobil Lainnya

0
1642
arti nama pajero sport
arti nama pajero sport

Memiliki sebuah Pajero Sport memang sangat membanggakan. Namun beberapa orang yang tahu arti kata Pajero justru tertawa. Memang apa yang lucu dari kata Pajero? Bukankah terdengar gagah dan menarik?

Salah satu bagiaan tersulit dalam memulai usaha adalah pemberian nama atau brand pada produk yang kita jual. Biasanya melalui sebuah riset akan dipilih nama brand yang medah diingat dan memiliki arti yang baik bagi produk tersebut. Namun karena begitu banyaknya bahasa yang ada di bumi ini, tidak jarang nama-nama tersebut hanya terdengar baik dalam beberapa bahasa tapi justru memiliki arti yang memalukan dalam bahasa yang lain.

Lihat Juga : Tips beli avanza bekas tahun 2000an

Pajero the Wankermobile

Pajero merupakan salah satu produk kendaraan roda empat keluaran Mitsubishi. Saat produk kendaraan ini coba dipasarkan di Spanyol, pihak Mitsubishi harus merubah namanya dari Pajero menjadi Montero. Hal ini dikarenakan dalam bahasa Spanyol Pajero memiliki arti, maaf, tukang masturbasi.

montero sport
montero sport

Tapi nama Pajero sendiri sudah terlanjur terpublish di Spanyol dan jadilah mobil ini mendapat julukan “wankermobile” atau “mobil tukang masturbasi” di Spanyol

Memiliki Nama yang Beragam

Pajero juga ternyata memiliki nama yang berbeda-beda di tiap-tiap negara.

Selain mengganti namanya menjadi Montero (Mountain Warrior), di Inggris Pajero berganti menjadi Mitsubishi Shogun.

 

Karena berhasil, Pajero, Montero, dan Shogun sekarang digunakan untuk model-model lain, misalnya Pajero Mini kei car, Pajero Junior, Pajero iO/Pinin, dan Mitsubishi Pajero/Montero/Shogun Sport.

arti nama pajero sport
arti nama pajero sport

Pajero Tidak Sendirian

Tidak hanya Pajero yang memiliki masalah dengan definisi nama. Beberapa mobil lain pun memiliki masalah ini, beberapa di antaranya adalah:

Ford Pinto

honda pinto
honda pinto

Ford juga pernah “bermasalah” dengan nama produk kendaraan roda empat keluarannya. Pada sekitar 1971 Ford pernah mengeluarkan sebuah varian mobil yang diberi nama Pinto. Sayangnya jika di Brazil produk mobil ini memiliki arti yang tidak menyenangkan karena dalam bahasa slang Brazil, Pinto bisa diartikan sebagai, maaf, alat kelamin pria.

Honda Fitta jadi Honda Jazz

honda fitta
honda fitta

Nama Honda Jazz digunakan oleh pabrikan Honda saat mulai memasarkan produk ini di Eropa dan kemudian terus digunakan di negara-negara lainnya termasuk Indonesia. Pada awalnya kendaraan ini memiliki nama Honda Fit saat pertama di pasarkan di Jepang dan Thailand. Nama Honda Fit harus diubah menjadi Honda Jazz karena dalam bahasa Skandinavia namanya mirip dengan penyebutan, maaf, alat kelamin wanita.

Pasti tau kan mobil Honda Jazz yang sporty dan jadi favorit banyak orang? Iya, hatchback Honda yang dikenal dengan Jazz di Indonesia ini, ternyata nama lainnya itu Honda Fitta. Sayangnya, di negara Skandinavia, nama Fitta itu artinya bagian alat kelamin perempuan.

Terus gimana? Ya jadi nama Honda Fitta diganti jadi Honda Fit deh gan. Waduh juga ya artinya.

Mazda LaPutta

Ya mungkin waktu R&D Mazda, ada yang ke-skip, tapi ternyata fatal banget. LaPuta dalam bahasa Spanyol ternyata berarti Pekerja Seks Komersial (PSK) gan

mazda laputa
mazda laputa

Walaupun pihak pemberi nama mengatakan hal tersebut merupakan ketidak sengajaan, namun beberapa pihak menduga hal tersebut digunakan sebagai cara untuk menarik perhatian media massa.

Lihat Juga : fakta unik toyota fortuner

Terlepas dari hal itu, nama-nama tersebut memang sangat lucu dan unik.

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 223


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here