Ketahui Penyebab Umum Temperatur Mobil Naik Saat AC Hidup

0
293
temperatur mobil naik saat ac hidup
temperatur mobil naik saat ac hidup

Mesin mobil menjadi panas disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah temperatur mobil naik saat AC hidup. Indikator yang paling jelas adalah ketika mesin mobil menjadi sangat panas hanya saat AC dalam keadaan menyala. Ketika Ac dihidupkan, serasa menaiki angkutan umum.

Selayaknya AC memberikan rasa nyaman dan sejuk, justru berubah menajdi hawa panas menyelimuti ruang kabin mobil. Jika sudah begini, masihkah anda merasa nyaman dengan situasi demikian?  Atasi segera dengan mengetahui penyebabnya dibawah ini;

layanan konsultasi

Penyebab Umum Temperatur AC Mobil Naik

Penyebab umum yang biasa terjadi disebabkan oleh berbagai hal. Apa saja itu?

  • Extra fan untuk AC yang seharusnya hidup dan fungsinya untuk membuang panas saat kondensor AC bekerja justru mati, tidak bisa berputar.

  • Fan tersebut mati bisa karena banyak hal, seperti carbon brush yang habis, ada kerusakan pada relay, maupun sistem perkabelan yang mengalami gangguan.

  • Paling sering ditemui pada mobil yang kondensor AC-nya ada di posisi yang bersebelahan dengan radiator. Jadi jika AC dinyalakan dan ekstra fan membuang panas, maka mesin mobil jadi ikut bertambah panas pula.

Solusi Mengatasi Temperatur AC Mobil Naik

Jangan buru-buru dibawa ke bengkel mobil keterpercayaan anda, sebaiknya atasi dengan simak dibawah ini;

  • Jaga agar radiator tetap dingin dengan lebih sering memeriksanya. Pastikan airnya penuh, tak ada yang bocor, dan juga tak bocor. Tambahkan coolant ekstra jika diperlukan.

  • Pastikan extra fan bekerja dengan seharusnya, sehingga panas dari kondensor AC bisa dikeluarkan.

  • Pindahkan extra fan di belakang, yang akan membuat radiator dan juga fan bersama-sama membuang panas pada kondensor dan radiator.

Itulah ulasan terkait temperatur mobil naik saat AC hidup. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.. Good Luck..

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

Yuk Ungkap permasalahan mobil anda dengan komentar di kolom bawah ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here