Tanda-Tanda Freon AC Mobil Mulai Habis atau Berkurang

0
64

Sistem AC mobil sangat bergantung pada volume freon. Berikut ini tanda-tanda freon AC mobil mulai habis dan perlu diisi ulang. Dengan demikian kenyamanan anda berkendara akan tetap terjaga.

Habis atau berkurangnya freon AC mobil akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Masalah ini bisa dideteksi dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

Melihat Sensor Tekanan pada Pipa AC Mobil

Pressure switch atau sensor tekanan berupa sakla yang sistem kerjanya berdasakan tekanan di saluran pipa tekanan tinggi. Pipa yang keral dikenal dengan nama High Pressure Pipe ini tertanam di receiver Drier.

Nah, pressure switch ini hanya akan bekerja di tekanan tertentu. Artinya, jika pressure Switch ini tak bekerja, kompresor AC mobil tidak berputar. Jika menemukan pressure switch tidak bekerja dengan semestinya, kemungkinan besar karena volume freon berkurang atau habis.

Muncul Bunyi Desis dari Saluran Freon AC Mobil

AC mobil bunyi desis adalah tanda adanya kebocoran pada saluran freon AC mobil. Dan kasus ini akan menyebabkan freon cepat atau lambat akan habis.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencari titik kebocoran freon, menambal atau mengganti part yang bermasalah, lalu mengisi ulang freon AC mobil.

AC Mobil Menjadi Kurang Dingin

Kalau AC mobil tidak dingin, penyebabnya sangatlah banyak. Namun kalau AC mobil terasa kurang dingin, 65% merupakan masalah akibat jumlah freon yang berkurang. Jika dibiarkan, freon AC mobil akan habis. Jadi, sebaiknya titik kebocoran harus dicari.

Untuk masalah AC mobil kurang dingin, ada baiknya dilakukan pengecheckan secara menyeluruh. Mengapa? Karena bisa jadi ada sebab-sebab lain terjadinya masalah ini.

Adapun kesimpulan dari beberapa penjelasan di atas antara lain adalah:

  • Ciri freon AC mobil yang habis atau mau habis adalah AC mobil yang tiba-tiba jadi kurang dingin
  • Penyebab habisnya freon adalah karena adanya kebocoran. Kebocoran ini harus diatasi sebelum melakukan isi ulang freon AC mobil
  • Berkurangnya freon tidak hanya menjadikan AC mobil kurang dingin, namun juga rusaknya beberapa part lain di mobil anda.

Nah itulah beberapa tanda freon AC mobil mulai habis atau berkurang. Semoga jadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here