Tanda-Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti Karena Mau Pecah

0
20
Gejala yang menjadi tanda ban mobil harus diganti karena dapat meledak atau mengakibatkan kecelakaan fatal
Gejala yang menjadi tanda ban mobil harus diganti karena dapat meledak atau mengakibatkan kecelakaan fatal

Pengemudi yang mengabaikan gejala dan tanda ban mobil harus diganti adalah salah satu penyebab kecelakaan saat berkendara. Biasanya, jika tidak terjadi selip, ya ban mobil pecah dan oleng. Mengerikan bukan?

Tingkat angka kecelakaan semakin hari semakin meningkat, baik di jalan tol ataupun di jalan biasa. Salah satu pemicunya adalah akibat dari ban pecah saat sedang berkendara.

Pada umumnya kecelakaan yang dipicu ban pecah terjadi akibat dari tindakan pengemudi yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi sehingga tidak dapat melakukan antisipasi dengan baik yang menyebabkan pengemudi kehilangan arah dan terjadi kecelakaan.

Karena itu, untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan akibat pecah ban, maka sebagai pemilik kendaraan Anda diwajibkan untuk melakukan pengecekan kondisi ban secara rutin minimal setiap satu bulan sekali. Namun yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengecekan ban adalah memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ban mobil sudah seharusnya diganti.

Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, akan menghindarkan anda dari terjadinya kecelakaan, ataupun ketidaknyamanan saat berkendara.

Tanda Bahwa Ban Mobil Sudah Harus Diganti

Mengutip penjelasan Mr. Lung-Lung selaku pemilik Dokter Mobil, terdapat tiga ciri ban yang mengindikasikan untuk segera dilakukan pergantian. Hal pertama adalah saat kondisi kembang ban telah rata dengan TWI (tread wear indicator). Jika tanda TWI telah mengalami gesekan langsung dengan aspal, maka hal ini menunjukkan bahwa kembang ban telah menipis dan perlu segera diganti.

Kedua, yaitu terdapatnya benjolan pada ban. Ban yang mengalami benjol pada permukaannya lebih tipis jika dibandingkan dengan sisi lainnya. Jika hal ini dibiarkan, maka akan terjadi gesekan secara terus menerus dengan permukaan aspal sehingga akan menimbulkan panas dan dapat pecah seketika juga.

Ketiga, yaitu ban mobil mengalami keretakan. Hal ini biasanya terjadi pada ban yang usianya telah lebih dari empat tahun sehingga menyebabkan karet ban mengeras. Selain faktor usia, ternyata keretakan ban yang kerap kali terjadi juga bisa terjadi akibat tekanan angin yang seringkali kurang dari standar.

Itulah beberapa tanda ban mobil harus diganti karena kemungkinan besar sudah akan pecah. Semoga informaasi ini bermanfaat dan menyelamatkan kita semua di perjalanan. Terimakasih sudah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here