Penyebab Setelah Ganti Aki, AC Mobil Tidak Hidup dan RPM jadi Rendah

0
68
Penyebab dan Solusi Mengatasi RPM Rendah dan AC Mobil Tak Hidup Setelah Ganti Aki
Penyebab dan Solusi Mengatasi RPM Rendah dan AC Mobil Tak Hidup Setelah Ganti Aki

Hal yang lumrah untuk bingung setelah ganti aki kok AC mobil tiba-tiba tidak bisa hidup dan i RPM mesin jadi terlalu rendah. Masalah ini memang jarang ditemukan, namun bisa saja terjadi pada anda. Oleh sebab itu rasanya membaca artikel berikut ini cukuplah penting.

Masalah di mana AC mobil tidak dingin dan RPM rendah setelah ganti aki biasanya terjadi pada mobil dengan ETCS-I, namun tak semua mobil ber ETCS-I akan mengalami hal ini.

Salah satu contoh mobil yang bisa mengalami masalah ini adalah mobil Toyota Limo. Ketika akinya diganti, RPM mesin akan jadi sangat rendah sehingga AC mobil tidak bisa hidup. AC mobil yang tidak bisa hidup adalah wajar terjadi jika RPM mobil rendah. Mengapa? Karena AC mobil sudah dirancang hanya akan berputar jika putaran mesin di atas 650 rpm.

Pada intinya, jika mesin dibawah 650 rpm, program computer mobil (ECU) dan AC amplifier akan mencegah AC mobil untuk hidup.

Mengatasi RPM Rendah Setelah Ganti Aki

Dengan menginjak pedal gas selama 10 menitan di RPM 1000 dapat membantu mengatasi masalah RPM rendah saat idle
Dengan menginjak pedal gas selama 10 menitan di RPM 1000 dapat membantu mengatasi masalah RPM rendah saat idle

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup sederhana. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan menahan pedal gas di rpm 1000 atau lebih dalam waktu sekitar 10 menit. Setelah 10 menit, matikan mesin dan hidupkan lagi.

Jika RPM masih rendah dan AC tidak menyala, matikan mesin sekali lagi, lalu kemudian hidupkan. Dengan cara ini 90% RPM saat idle akan normal kembali.

Kembali bicara soal AC mobil yang mati dan RPM mobil yang rendah setelah ganti aki, kejadian ini juga dapat terjadi bukan hanya karena ganti aki, namun juga terjadi setelah aki mobil drop ataupun kehabisan setrum.

Cara Ganti Aki pada Mobil ETCS-i agar RPM Tidak Jadi Rendah

Cara Ganti Aki Mobil Agar Tidak Menyebabkan RPM Mobil Rendah dan AC Mobil Tidak Mau Hidup
Cara Ganti Aki Mobil Agar Tidak Menyebabkan RPM Mobil Rendah dan AC Mobil Tidak Mau Hidup

Nah, untuk mencegah dropnya RPM mobil dan tidak bisa hidupnya AC mobil setelah ganti aki, ada baiknya anda mengetahui cara ganti aki mobil yang baik dan benar. Adapun caranya adalah dengan:

  • Persiapkan aki mobil
  • Hidupkan mesin mobil
  • Lepas terminal atau kleman aki plus dan minum (pastikan mesin masih dalam kondisi menyala)
  • Minta seseorang memegang kedua kleman aki agar tidak saling bersentuhan
  • Saat kleman sudah terlepas dan terpegang dengan aman, ambil aki yang mau dilepas
  • Pasang aki pengganti dan pasang masing-masing klemannya (jangan sampai terbalik)
  • Aki mobil sudah terpasang dengan aman, kencangkan kleman mobil

Yang membedakan cara penggantian aki ini dengan yang biasanya adalah dalam penggantian aki ini, mobil dalam keadaan hidup. Hal ini untuk mencegah terjadinya RPM rendah setelah penggantian aki. Dan menjaga terjadinya ECU mesin yang tereset karena hilangnya back up tegangan listrik mobil.

Demikian informasi yang bisa kami berikan untuk anda yang bingung karena AC mobil tidak hidup setelah ganti aki mobil. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here