Review Kelebihan Kekurangan All New Toyota Vios 2018 Lengkap

0
928
toyota vios review
toyota vios review

Kehadiran Toyota Vios terbaru di tahun 2018 patut anda pertimbangkan. Mengapa? Tentu saja karena kini Vios tampil lebih mewah dan elegan dengan spesifikasi jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

Benarkah demikian?

Toyota Vios dirilis pertama kali semenjak tahun 2003 yang memang dikhususkan untuk pasar Asia Tenggara dan Cina. Hingga kini, Toyota Vios telah mencapai generasi ketiga yang dirilis sejak tahun 2013 lalu. Pembaharuan demi pembaharuan terus dilakukan oleh Toyota untuk produk mewah yang satu ini. Bahkan perilisan versi Facelift Toyota Vios 2018 sudah mulai dirilis di beberapa negara Asia seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini tentu juga akan merambah ke pasar Indonesia yang akan dirilis dalam waktu dekat ini. Berikut dunia-mobil.com akan melakukan review All New Toyota Vios 2018 yang akan diawali pada bagian eksteriornya. Selamat menyimak informasinya sobat.

EKSTERIOR TOYOTA VIOS 2018

Desain eksterior Toyota Vios 2018 tampil menarik dari segala sisinya. Versinya kali ini bukan hanya menawarkan eksterior yang mewah dan elegan namun eksteriornya juga  dibekali dengan berbagai fitur terbaru dan berteknologi mumpuni. Agar artikel ini tampil lengkap, duniamobil.com akan mengulas segmen ini menjadi tiga bahasan yakni bagian depan, bagian samping dan bagian belakang.

Desain Bagian Depan

Desain depan All New Toyota Vios 2018 menggunakan konsep Aerokit yang mampu memancarkan sisi sporty dan elegan dari mobil ini. Hal ini dapat terlihat pada :

  • Desain Front Grille

    Tampil lebih tajam dengan menyambung pada dua buah lampu di depannya.

  • Rear Bumper

    Tampil dengan ukuran yang lebih besar sehingga nuansa sporty dapat dirasakan dari sisi depannya.

  • Head Lamp

    Mengusung spesifikasi Projector dengan paduan teknologi LED dan Daytime Running Lights (DRL). Selain itu, fitur Fog Lamp-nya juga dikemas lebih menarik dengan hadirnya panel berwarna hitam yang mempertegas sisi eksteriornya. Paduan fitur tersebut mampu memaksimalkan pencahayaan di bagian depan sehingga anda dapat merasakan sensasi berkendara yang aman dan nyaman.

Lihat Juga : tips memilih sewa mobil untuk mudik lebaran 2018

Desain Bagian Samping

Beralih ke sisi sampingnya, adapun kondisi sampingnya adalah:

  • Kaca spion yang berteknologi Auto Fold Wing Mirros

    Teknologi ini membuat anda dapat membuka dan menutup spionnya secara otomatis.

  • Velg ban berukuran 15 inchi berbahan dasar Alloy

    Velg ini mampu memperindah sisi samping dari mobil ini. Hal menarik dari sisi sampingnya, dapat terlihat pada beberapa lekukan artistik khas Toyota yang mendukung konsep Aerokit-nya.

Desain Bagian Belakang

Beranjak ke sisi belakangnya, mobil ini dibekali dengan :

  • Rear Combination Lamps

    Sistem lampu yang mengkombinasikan lampu rem dan lampu sein. Selain itu, fitur ini juga diperindah dengan ukuran yang lebih kecil dan mampu memancarkan aura aerodinamis pada sisi belakang mobil ini. Salah satu hal menarik dari sisi belakangnya adalah hadirnya Rear Fog Lamps pada setiap sisi samping mobil ini.

  • Aman saat Hujan dan Berkabut

    Dengan adanya fitur ini, anda tidak perlu khawatir akan kondisi pencahayaan di bagian belakang meskipun kondisi sedang hujan atau berkabut.

INTERIOR TOYOTA VIOS 2018

Setelah mengupas tuntas tentang desain eksteriornya, kini saatnya dunia-mobil.com melakukan review All New Toyota Vios 2018 terutama pada sisi interiornya. Di segmen ini, akan terbagi menjadi empat bahasan yakni dashboard, setir, kursi dan ruang bagasi. Berikut informasi lengkapnya:

  • Dashboard

    Panel dashboard All New Toyota Vios 2018 dilengkapi dengan Head Unit berukuran 6,98 inchi berteknologi Touchscreen. Fitur ini juga diintegrasikan dengan 6 buah speaker sehingga mampu mengoperasikan musik, video dan radio dengan kualitas suara yang mumpuni. Selain itu, terdapat tombol Smart Entry & Push Start yang mampu memudahkan anda mengoperasikan mobil tanpa harus menggunakan kunci. Mobil ini juga tampil dengan ECO Indicator yang berfungsi untuk memberikan notifikasi kepada anda ketika mobil melaju dengan kecepatan yang efisien. Lewat fitur mewah ini, anda dapat berkendara dengan daya konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

  • Setir

    Setir All New Toyota Vios 2018 tampil menawan dengan mengusung konsep Audio Steering Wheel. Pada bagian kirinya, terdapat tombol praktis yang berfungsi untuk mengatur alur musik yang terintegrasi dengan panel Head Unit-nya. Setirnya juga dibalut dengan material kulit berkualitas sehingga anda dapat merasakan sensasi genggaman yang handal dan tidak mudah lelah. Selain itu, terdapat juga fitur menarik seperti Multi Information Display (MID) yang menyuguhkan informasi tentang kondisi mobil. Adapun fitur ini juga dikemas dengan pilihan warna lampu yang mampu memperkuat nuansa sporty dalam ruang kabinnya

  • Kursi

    Beralih ke kursinya, All New Toyota Vios 2018 menggunakan material Perforated Combination Leather yang memadukan warna hitam dan garis merah yang mempertegas tampilan sporty dalam kabinnya. Selain itu, jok kursinya sudah mendukung 60:40 Split Foldable sehingga penumpang dapat melipat kursi dengan mudah. Adapun kursi di bagian belakang dibekali dengan Armrest dan Cup Holders sehingga anda dapat merasakan sensasi berkendara yang mewah dan praktis.

  • Bagasi

    Bagasi juga dikemas dengan ruang bagasi yang bukan hanya lega namun juga praktis. Kapasitas bagasinya tergolong lapang yang mampu mengangkut 3 buah tas berukuran besar. Fitur yang menarik dari bagasinya adalah hadirnya Remote Trunk Release yang mampu membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, tentu anda akan merasakan nuansa yang praktis khususnya pada proses pemasukan dan pengeluaran barang dari bagasi.

FITUR TOYOTA VIOS 2018

Kini saatnya Cintamobil.com memberikan review Al New Toyota Vios 2018 khususnya pada fitur hiburan dan fitur keselamatan. Setelah mengetahui eksterior dan interior mobil ini, tentu kita berharap Toyota memberikan fitur yang beragam pada produknya yang satu ini.

Fitur Hiburan

Mobil ini dibekali dengan beragam fitur hiburan sehingga anda dapat betah berlama-lama di ruang kabinnya. Fitur hiburan yang ada antara lain adalah:

  • Head Unit Touchscreen berukuran 6,98 inchi 
    Mampu mengoperasikan beragam fitur hiburan seperti memutar audio, video dan radio AM/FM.
  • Teknologi Bluetooth dan Port USB 
    Sehingga anda dapat memutar musik favorit langsung dari gadget anda. Kualitas suara yang dihasilkan juga tergolong mumpuni karena telah terintegrasi dengan 6 buah speaker yang tersemat di setiap sisi kabinnya.
  • Illumination Lights
    Fitur menarik berikutnya adalah Illumination Lights yang terdapat pada ruang kaki pada bangku pertama sehingga anda semakin percaya diri mengendarai mobil ini. Hal ini juga dipadukan dengan Illumination Lights yang disematkan pada MID-nya.Fitur ini bukan hanya saja memperindah tampilan kabinnya, namun juga mempermudah anda melihat segala tombol pengaturan di malam hari.

Fitur Keselamatan

Dalam fitur keselamatan, mobil ini dibekali dengan teknologi mumpuni sehingga anda dapat berkendara dengan aman. Fitur keselamatan yang ada antara lain adalah:

  • Pengereman

    Hadirnya paduan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Dengan adanya fitur ini, dipastikan anda dapat merasakan sensasi pengereman yang empuk, handal dan presisi.

  • Teknologi Kestabilan

    Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan paduan teknologi kestabilan yakni Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRAC). Fitur ini mampu menstabilkan kendaraan anda meskipun berjalan di area yang licin karena hujan.

  • Keselamatan Parkir

    Sedangkan untuk proses parkir, mobil ini dilengkapi dengan teknologi Panoramic View Monitor yang mampu memberikan tampilan belakang mobil yang dapat anda pantau lewat panel Head Unit-nya.

Sistem Mesin TOYOTA VIOS 2018

Mesin Toyota Vios 2018 memiliki spesifikasi:

  • tipe mesin : 2NR-FE 4 Silinder segaris dengan 16 katup DOHC
  • teknologi mesin : Dual VVT-I
  • silinder : Kapasitas silinder sebesar 1.496 cc
  • daya maksimum : 6.000 Rpm
  • torsi maksimum : 4.200 Rpm.

Kemampuan mesinnya juga dipadukan dengan sistem transmisi 7 tingkat percepatan CVT. Dengan teknologi Dual VVT-I dan sistem transmisi CVT, anda akan merasakan sensasi berkendara yang mewah dan efisien.

Lihat Juga : agar mobil irit untuk jarak jauh mudik

SPESIFIKASI TOYOTA VIOS 2018

Setelah membahas semua pembaharuan dari mobil ini, akan terasa kurang jika belum membahas spesifikasi lengkap dari Toyota Vios 2018.

DIMENSI TOYOTA VIOS 2018
Panjang x Lebar x Tinggi 4.410 mm x 1.700 mm x 1.475 mm
Wheelbase 2.550 mm
MESIN TOYOTA VIOS 2018
Tipe Mesin 2NR-FE 4 Cylinder In-Line 16 Valve DOHC with Dual VVT-I
Kapasitas Silinder 1.496 cc
Daya Maksimum 6.000 Rpm
Torsi Maksimum 4.200 Rpm
Sistem Transmisi 7 Speed Continous Variable Transmissions (CVT) with Sport Sequential Shiftmatic Mode
HANDLING TOYOTA VIOS 2018
Suspensi Depan MacPherson Strut with Stabilizer
Suspensi Belakang Torsion Beam with Stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Ukuran Ban 185/60 R15
Steering Wheel Electric Power Steering (EPS)

New Vios tersedia dalam 4 varian, yaitu:

  • Vios G (dengan transmisi MT)
  • CVT
  • Vios E (dengan transmisi MT)
  • CVT.

New Vios tampil dalam 6 pilihan warna, yaitu Silver Metallic, Attitude Black Mica, Dark Grey Metallic, Red Mica Metallic, Quartz Brown dan warna baru Dark Blue Mica Metallic.

KELEBIHAN & KEKURANGAN

Meskipun mobil ini belum dirilis secara resmi di Indonesia, namun dunia-mobil.com akan memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Toyota Vios 2018. Bagi anda yang ingin beropini tentang mobil ini, anda bisa memberikan pendapat anda di kolom komentar.

KELEBIHAN KEKURANGAN
Desain eksteriornya tampil dengan beragam pembaharuan modern seperti LED dan DRL Segala hal mewah dalam mobil ini akan terasa kurang lengkap tanpa hadirnya teknologi Cruise Control
Fitur interiornya tampil atraktif dengan menghadirkan Illuminated Lights yang tersemat pada kaki bangku pertama dan MID yang dipadukan dengan warna jok kursinya Kualitas audionya tergolong mumpuni dengan terintegrasinya 6 buah speaker namun akan kurang prima tanpa hadirnya peredam suara dalam kabin
Performa mesinnya juga didukung dengan teknologi VSC, TRAC, ABS, EBD dan BA Cap sebagai mobil taksi membuat blunder. Antara membuktikan kalau mobil ini tangguh, atau malah dipandang miring sebagai mobil angkutan umum.

DAFTAR HARGA TOYOTA VIOS 2018

Di Malaysia dan Singapura, mobil ini dirilis ke dalam tujuh varian tipe. Berikut Cintamobil.com akan memberikan daftar harga Toyota Vios 2018 yang sudah dikonversikan ke dalam kurs Rupiah.

TIPE MOBIL HARGA TOYOTA VIOS 2018
Toyota Vios 2018 Sports Edition IDR. 281.490.000
Toyota Vios 2018 TRD Sportivo IDR. 310.100.000
Toyota Vios 2018 GX IDR. 300.000.000
Toyota Vios 2018 G IDR. 290.330.000
Toyota Vios 2018 E IDR. 270.534.000
Toyota Vios 2018 J A/T IDR. 257.300.000
Toyota Vios 2018 J M/T IDR. 247.400.000

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, sedan entry level Toyota ini kini dijual mulai Rp 291,1 juta hingga Rp 326 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Ada kenaikan sekitar Rp 15 juta atau tepatnya Rp 14,9 juta, kalau dibandingkan dari grade saja. Tetapi, kalau dari sisi flagship grade dan kelengkapan, tidak seperti ada kenaikan,” ujar Soerjo.

KESIMPULAN

Secara Keseluruhan
Toyota Vios 2018 tampil elegan dengan desain eksterior yang lebih fresh dan mengusung konsep aerodinamis.

Fitur Interior
Fitur interiornya juga tampil menarik dengan beberapa lampu Illumination yang tersemat pada kaki-kaki bangku pertama dan MID-nya.

Spesifikasi Mesin
Spesifikasi mesinnya juga tampil prima dengan dukungan teknologi mumpuni seperti ABS, EBD dan BA.

Kesimpulan Akhir

Bagi anda yang menginginkan mobil berjenis sedan (hatback) memiliki spesifikasi mumpuni namun memiliki harga jual yang cocok untuk kelas menengah. Honda City dan Toyota Vios dapat dijadikan alternatif pilihan anda. Secara keseluruhan, Honda City memang sedikit lebih diunggulkan dari pada Toyota Vios, terutama untuk fitur – fitur nya. Tak heran jika Honda City memiliki harga sedikit lebih mahal dari pada Toyota Vios untuk versi terbaru dan tertingginya. Namun, untuk performa kedua sedan ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bagaimana Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

Seluruh hal dari mobil ini pasti akan anda suka dan akan sangat cocok untuk penggunaan pribadi.

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 998


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here