Punya Mobil Jadul? Ketahui Cara Merawatnya Agar Tetap Ngacir

0
74
merawat mobil jadul
merawat mobil jadul

Membeli sebuah mobil berarti anda juga harus siap merawat mobil. Sejatinya, semua mobil baik baru maupun jadul tetap membutuhkan perawatan agar mencegah dari timbulnya kerusakan. Meskipun mobil jadul tergolong jarang digunakan, namun tetap saja butuh perawatan seperti mobil lainnya. Jangan sampai mobil jadul hanya jadi pajangan digarasi.

Hindari hal tersebut dengan merawat mobil jadul kesayangan. Selengkapnya simak 5 tips dibawah ini;

layanan konsultasi

1. Panaskan Mesin di Pagi Hari

Untuk menghindari mesin dingin, ada baiknya anda melakukan pemanasan mesin dipagi hari. Biasanya, mesin sehat tergolong mudah distarter hanya butuh 1-2 kali langsung menyala. Namun, jika starter butuh 3-5 kali dan tak jarang langsung mati kembali, berarti ada yang tidak beres dengan mesin mobil anda.

2. Ganti Oli 

Tips selajutnya yakni ganti oli secara berkala pada mobil. Umumya, sebagaian pengguna mobil berpatokan pada pedoman pabrikan setiap 10.000 km. Namun hal ini juga perlu ditilik dari situasi dan kondisi. Ambil percontohan kemacetan di ibukota. Untuk mencapai angka 10.000 km butuh waktu berbulan-bulan sebab kemacetan. Berbeda halnya dengan kondisi di perdesaan, bisa saja dalam waktu sebulan sudah menempuh jarak 10.000 km. Untuk menjawab pertanyaan ini, disarankan untuk berpedoman instensitas waktu.

Bagi warga Jakarta, disarankan untuk mengganti oli dalam setahun yang dilebihkan Jika biasanya mengganti oli dalam setahun dua kali, ditambah jadi tiga kali ganti, untuk idealnya empat bulan sekali. Jangan tunggu hingga mencapai jarak 10.000 km.

Untuk mobil yang tergolong jarang digunakan, jangan anggap remeh oli. Sebab, oli dapat mengendap hingga kualitasnya menjadi menurun untuk performa mobil jadul anda. Jangan lupa untuk rutin ganti oli sesuai waktu yang telah ditentukan.

Mesin dari mobil tua yang kita miliki memang membutuhkan asupan oli ekstra agar performanya tetap terjaga. Hal ini bisa jadi karena mesin mobil sudah ringkih dan terlalu lama digunakan. Sebaiknya anda melakukan penggantian oli mobil setiap 2500 km. Tingkat emisi mesin bisa ditekan dan akan membantu untuk meringankan beban kinerja mesin mobil anda. Sementara untuk proteksinya sendiri bisa lebih maksimal jika menggunakan oli dengan kekentalan SAE 10-40 W.

3. Cek Ban dan Velg

Seiring dengan pemakaian yang cukup lama menjadikan ban mobil cepat mengalami kebotakan atau tipis. Pastikan juga velg yang digunakan aman dari keropos karat. Jika tidak diganti tentu berbahaya bagi pengendara. Rawat komponen ini dengan membeli dengan melepas 4 ban mobil menggunakan dongkrak, ganti dengan ban baru. Jangan lupa ganti kondisi velg yang sudah tidak layak pakai.

4. Gunakan Vacum Cleaner

Cara merawat mobil tua berikutnya adalah dengan menggunakan vacum cleaner. Mencuci bagian mobil dengan air memanglah baik tetapi anda bisa meminimalisir mobil terkena sabun dengan menggunakan vacum cleaner. Mobil tua sebaiknya dibersihkan menggunakan vacum cleaner agar tidak merusak bagian dalam jika dibandingkan dengan mencucinya menggunakan air.

5. AC Mobil

Meskipun mobil jadul, namun pastikan mobil tetap dingin agar berkendara sejauh apapun tetap nyaman. Jika AC tidak berfungsi atau tidak dingin, maka perlu perawatan khusus agar AC dapat berfungsi kembali. Anda dapat cek freon, kondesor, evaporator, dsb. Jika mengalami kendala, segera bawa ke bengkel terdekat spesialis AC. Hindari terjebak pada bengkel abal-abal.

Baca Juga : Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Oke sobat Dunia Mobil, selesai sudah tips cara merawat mobil jadul yang baik dan benar. Semoga dapat menjadi rujukan bagi anda dan bermanfaat bagi khalayak luas. Yuk baca artikel menarik lainnya di Dunia Mobil 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here