Duel Mesin, Ini Perbedaan Mesin Mobil Pajero dan Fortuner

0
150
perbedaan mesin pajero dan fortuner
perbedaan mesin pajero dan fortuner

Mobil jenis Pajero dan Fortuner termasuk jajaran jenis big SUV (Sport Utility Vehicle). Secara singkatnya, merupakan klasifikasi mobil penumpang namun dibangun di atas kerangka truk ringan. Jika di Indonesia lebih akrab disebut Jip. Masihkan anda bertanya perbedaan mesin Pajero dan Fortuner ?

Perbedaan Mesin Pajero dan Fortuner

Ciri khas mobil bertenaga diesel ini, biasanya sudah terpasang ban serep dibelakangnya maupun dibawah mesin. Dilengkapi dengan penggerak 4 roda agar bisa digunakan untuk melibas medan berat (off-road). 

layanan konsultasi

Dalam hal mesin, kedua mobil ini sama-sama dibekali dengan mesin versi turbo yang lebih besar dan jenis diesel. Namun, apa perbedaan lainnya dalam hal mesin? Selengkapnya simak dibawah ini;

Mesin Mobil Pajero

Pajero Sport memiliki spesifikasi sama seperti Fortuner, 2.400 cc 4 silinder turbo diesel, tenaganya bisa mencapai 181 PS dan torsinya 430 Nm. Jangankan mesin, transmisi Pajero Sport Dakar yang 8 percepatan pun membuat transmisi 6 percepatan Fortuner seolah biasa saja. 

Keunggulan Pajero Sport memiliki akselerasi yang halus. Ketika melakukan kick down akan ada sedikit jeda lalu barulah tenaga mesin dapat dirasakan. Terutama jika kita memainkan transmisi otomatis CVT mulai dari gigi terbawah.

Pajero Sport juga dilengkapi transmisi automatic 5 percepatan dengan paddle shift, rem cakram pada roda belakang dan pilihan penggerak roda 4 pada tipe ini

Baca Juga : Cara Mudah dan Tepat Memilih Oli Mesin Mobil

Mesin Mobil Fortuner

Mesin diesel milik Fortuner dibekali spesifikasi 2.400 cc 4 silinder turbo yang sama dengan Kijang Innova. Karena harus menanggung beban hidup yang lebih berat dari Kijang Innova. Sebab itu tenaga dan torsi mesin ini dinaikkan saat dipasang di Fortuner, mencapai 149 PS dan 400,1 Nm. Dibandingkan dengan mesin Pajero Sport Exceed, jelas Fortuner menang, karena mesin 2.500 cc 4 siliner turbo diesel Pajero Sport Exceed hanya mampu 136 PS dan 324 Nm saja. Apalagi soal transmisi, Fortuner punya 6 percepatan sementara Pajero Sport Exceed hanya 5 percepatan. Toyota menyebutnya dengan VN (Variable Noozle) Turbo Intercooler yang mendongkrak tenaga hingga 144 Hp dan Mitsubishi dengan nama VGT (Variable Geometry Tubro) yang lagi-lagi mempecundangi Toyota Fortuner dengan 178 Hp

Tak lupa, Toyota juga memanfaatkan tenaga mesin dengan menggunakan karakter mesin yang responsive. Saat tekan sedikit pedal gas fortuner matic, pasti akselerasinya langsung melompat, namun jika kita lakukan kickdown barulah terasa tenaga Fortuner ini tidak ada bedanya dengan menekan sedikit tadi. 

Toyota Fortuner hanya mengalami penambahan lubang angin pada kap mesin dan penambahan logo VN Turbo pada pintu belakang. Tapi jika anda membutuhkan mobil yang lebih bertenaga lagi pada sebuah Fortuner, Toyota memilik varian bensin 2.700 cc, namun tipe ini kerap kali dikeluhkan konsumsi BBMnya yang terlalu boros.

Oke sobat Dunia Mobil, semoga artikel mengenai perbedaan mesin pajero dan fortuner dapat membantu anda dalam dijadikan sebagai rujukan. Sampai jumpa diartikel selanjutnya..

Yuk baca artikel menarik lainnya di Dunia Mobil

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here