Penyebab Umum Mobil Kia Rio Bikin Boros Bensin di Jalanan

0
85
penyebab kia rio boros
penyebab kia rio boros

Kapan terkahir kali anda service? Nah, pemicu utama yang menyebabkan boros bensin yakni jarang melakukan service perawatan berkala. Sebab inilah kerusakan terus merembet hingga menjadikan mobil boros bensin. Penyebab Kia Rio boros disebabkan oleh berbagai hal. Berikut penyebab umum boros bensin yang sering terjadi pada mobil Kia Rio, yuk kepoin dibawah ini;

  1. Jarak kepala dan sumbu busi terlalu renggang

Bila sumbu bagian yang melengkung di atas sumbu atau kepala busi dengan ujung kepala busi terlalu renggang, akan menjadikan percikan api yang digunakan membakar campuran BBM dan udara di mesin juga kecil. Akibatnya proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

layanan konsultasi

Solusi Tepat Mengatasi Jarak kepala dan sumbu busi terlalu renggang

Atasi segera dengan mengatur ulang tingkat kerenggangan tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikan. Umumnya tingkat kerenggangan itu 0,8 – 1 milimeter.

Upayakan tingkat kerenggangan tersebut tepat atau sesuai dengan ukuran tersebut. Pasalnya bila terlalu renggang, api yang dihasilkan terlalu kecil sehingga pembakaran tidak sempurna. Hindari terlalu rapat justru akan menggelitik karena terjadi pembakaran prematur.

Pengaturan tingkat kerenggangan itu sangat disarankan bila mobil telah menempuh jarak 25 – 30 ribu kilometer.

  1. Setelan karburator atau injektor bermasalah

Mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun sering dilanda beragam masalah. Salah satunya yakni karburator atau injektor akan mengalami masalah. Kualitas bahan bakar yang kurang bagus, cara berkendara yang kerap menginjak pedal gas dalam secara berulang bisa jadi penyebab lainnya

Solusi Tepat Mengatasi Setelan karburator atau injektor bermasalah

Solusinya anda dapat melakukan tune up injektor untuk membersihkan dan mengatur klep. Ini dilakukan ketika telah menempuh jarak minimal 90-100 ribu kilometer.

Ada baiknya melakukan pengecekan ke bengkel spesialis terdekat dari kota anda untuk mendapatkan hasil diagnosa secara menyeluruh. Dokter Mobil jawabannya. Dapatkan gratis pengecekan service.

Tidak harus ke bengkel, anda dapat tune up sendiri dirumah. Tentunya hemat waktu hemat duit.

Bagi mobil yang menggunakan karburator, pastikan BBM yang ada di tabung karburator volumenya sesuai dengan takaran. Menyetel ulang ulang klep dan jarum peranti itu merupakan langkah yang bijaksana guna mengantisipasi agar mobil tak boros BBM.

  1. Posisi klep mesin berubah

Mobil yang telah berusia lebih dari 5 tahun tak jarang membuat beberapa komponen mesin mengalami perubahan, salah satunya klep mesin. Fungsinya seperti pintu di sebuah gerbang. Sehingga pintu telah rusak maka arus keluar masuk juga bisa tidak terkontrol. Sebab hal ini berdampak pada pemborosan bahan.

Solusi Tepat Mengatasi Posisi klep mesin berubah

Anda dapat mengatur ulang posisi klep ini. Ketahui, bila terlalu rapat maka mobil akan boros BBM. Hal ini dikarenakan klep akan terbuka lebar kala pengemudi menginjak pedal gas dalam-dalam. Namun, sebaliknya bila terlalu renggang mesin mobil akan bersuara berisik.

Itulah ulasan bermanfaat terkait penyebab kia rio boros. Jangan sampai mobil anda menjadi brebet hanya karena boros bensin. Sayangi mobil anda dengan service rutin ke bengkel spesialis terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Punya keluhan seputar permasalahan mobil anda? Kangan ragu untuk komentar dibawah ini.

Baca artikel bermanfaat lainnya di Dunia Mobil

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here