Penyebab Transmisi Otomatis Mobil Matic Menghentak

0
2503
mobil matic terasa menghentak dan berhetar
mobil matic terasa menghentak dan berhetar

Kendaraan roda empat dengan transmisi otomatis saat ini begitu diminati. Meskipun demikian, mobil ini juga banyak menerima keluhan masalah. Salah satunya adalah mobil matic yang terasa menghentak terutama saat berpindah transmisi. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Masalah mobil matic nyentak ini kerap disebut dengan istilah ringkih. Masalah ini kerap dialami terutama pada mobil bekas dan mobil matic tua. Dan masalah ini lebih sering dialami matic ketimbang mobil dengan transmisi manual.

Namun tentu saja, masalah ini tidak muncul pada seluruh mobil matic bekas. Hanya pada mobil yang tidak terawatt dengan teratur oleh pemilik sebelumnya.

Ya, mobil matic yang dirawat secara teratur dan menerima perawatan berkala akan lebih awet dan terhindar dari masalah ini. Namun selain perawatan, hal lain yang memastikan mobil tetap awet adalah bagaimana anda mengemudikan mobil.

perpindahan gigi pada mobil matic
perpindahan gigi pada mobil matic

Jika cara mengemudikan mobil anda benar, kerusakan mobil lebih dapat dihindari. Namun jika anda cenderung asal ketika berpindah transmisi ataupun menekan pedal gas, maka kerusakan akan lebih cepat anda temukan.

Mendeteksi Tanda Kerusakan Penyebab Mobil Nyentak

Sebenarnya sebelum masalah nyentak ini muncul, mobil akan memberikan tanda-tanda adanya masalah. Namun seringkali pengemudi merasa abai.

Adapun beberapa tanda kerusakan tersebut meliputi:

  • Saat Memasukkan Gigi
    Ketika memasukkan gigi, atau saat menginjak pedal gas dalam-dalam, rasakan hentakan atau getaran saat mobil berjalan. Jika terasa getaran atau hentakan selama mobil berjalan, namun perpindahan tuas masih mulus, mobil bisa lanjut berjalan. Berbeda jika mulai timbul hentakan kasar, sebaiknya mobil dimasukkan bengkel agar dapat diperiksa lebih lanjut.
  • Saat Pindah Gigi
    Rasakan perpindahan gigi otomatis di tiap perpindahan percepatan. Untuk jenis AT akan terasa mengayun saat transmisi normal, sedangkan untuk jenis CVT akan terasa mulus.
  • Ada Bunyi Aneh
    Ketika transmisi anda sudah memiliki masalah, biasanya akan ada bunyi aneh dari dalam transmisi. Baik ketika mobil sedang berjalan biasa, ataupun saat anda mencoba melakukan perpindahan transmisi. Selain itu, perpindahan transmisi pun akan tidak selancar biasanya.
  • Tarikan Mobil Terasa Lebih Berat
    Saat tarikan lebih berat berarti ada masalah pada transmisi mobil anda. Dan hal ini akan menjadi penyebab mobil akan menghentak-hentak saat jalan.

Solusi

Solusi awal yang bisa dilakukan adalah dengan menyambungkan engince scanner dengan soket OBD. Dengan demikian, anda bisa melihat secara langsung kerusakan di monitor scanner. Biasanya kerusakan ada pada solenoid pressure atau TCM speed sensor.

Masalah penyebab kerusakan lainnya adalah oli yang bocor ataupun oli yang sudah aus dan kotor sehingga tekanan oli tak mampu mengangkat perpindahan gigi pada RPM tertentu. Akibatnya, getar mobil akan berpindah pada putaran mesin tinggi sehingga mobil terasa menghentak.

Namun tentunya solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membawanya secara langsung ke bengkel mobil yang terpercaya untuk mendapatkan:

  • Pengcheckan mobil secara menyeluruh
  • Penanganan lanjutan, baik service maupun pengisian oli
  • Penggantian spare part yang sudah seharusnya diganti
  • Testing apakah masalah sudah selesai

Demikian informasi ini kami berikan. Semoga dapat memberikan manfaat. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here