PENYEBAB TANGKI BENSIN MOBIL KOTOR DAN SOLUSINYA

0
178

 

Tanpa kita sadari, tangka bensin juga bisa kotor loh, walaupun tangka bensin terhindar dari debu luar. Kotor nya bensi disebabkan oleh beberapa factor yg terjadi karna bensin juga. Berikut adalah penyebab tangki bensin mobil kotor dan solusinya :

PENYEBABNYA :

  1. Tangki bahan bakar kerap kosong

Satu hal yang kerap diabaikan pemilik mobil adalah volume bahan bakar di tangki yang tidak sampai seperempat dan terus dibiarkan. Padahal, kondisi seperti itu menjadi pemicu utama terjadinya kotoran di tangki.

Pasalnya, bahan bakar merupakan zat cair yang terdiri dari beberapa unsur, di antaranya Oktana, Heptana, Sulfur (belerang), Pumblum (timbal), paraffin, dan lain-lain. Semua unsur itu tercampur dengan takaran yang ideal dan dalam batas toleransi yang diizinkan.

Meski demikian, bila tangki dalam keadaan kosong, maka udara di dalam tangki yang semula panas (setelah mobil digunakan) dan bertransisi menjadi dingin (karena mobil sudah tidak digunakan) akan berubah menjadi embun. Pada saat yang bersamaan, beberapa unsur yang ada di bahan bakar akan bereaksi secara kimiawi dan membentuk senyawa.

Pada saat itulah akan terjadi zat baru yang berupa kotoran atau endapan. Meski semula sedikit, lama kelamaan akan bertambah menjadi banyak. “Terlebih bila tangki juga mengalami korosi atau karat dan hasil karat itu rontok dan jatuh ke dasar tangki,” kata Tatang.

  1. Salah memilih bahan bakar

Ada harga ada barang. Begitulah pameo yang berlaku di masyarakat. Artinya semakin mahal harga suatu barang, maka kualitasnya juga semakin terjamin. Nah, bila Anda menginginkan bahan bakar yang bagus, maka pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrikan.

“Karena tidak sedikit mobil yang berharga di atas Rp 300 juta masih mengisinya dengan bahan bakar dengan RON di bawah 92. Padahal, jelas-jelas beda spesifikasinya,” ujar Tatang.

  1. Mengisi bahan bakar di saat yang tidak tepat

Masalah waktu ini terlihat sepele atau remeh. Namun, akibatnya bisa serius bila Anda mengisi bahan bakar mobil di saat Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) tengah atau baru mengisi bunker bahan bakar .

Pasalnya, pada saat itulah gerojokan bahan bakar dari mobil tangki ke bunker SPBU akan menyebabkan kotoran yang ada di dasar tempat itu naik ke permukaan. Sementara, berat jenis kotoran yang berukuran kecil lebih ringan ketimbang cairan bahan bakar. Akibatnya, kotoran tersebut akan terus melayang-layang di permukaan atau di dalam bahan bakar hingga beberapa waktu.

Bila kotoran tersebut ikut tersedot dan masuk ke tangki bahan bakar mobil Anda, karena Anda tidak sabar ingin segera mengisinya, maka akan menjadi endapan di dasar tangki. Oleh karena itu, tunggulah beberapa saat sebelum mengisi tangki bahan bakar mobil.

“Sebaiknya mengisi bahan bakar saat kegiatan di SPBU telah sepi atau sudah jarang orang mengisi bahan bakar kendaraan mereka,” pesan Tatang.

  1. Tidak pernah menguras tangki bahan bakar

Bila Anda telah mengetahui beberapa penyebab dan potensi tangki bahan bakar kotor, sebaiknya segera memasukkan kegiatan kuras tangki sebagai bagian dari ritual rutin perawatan mobil. Sangat disarankan menguras tangki paling tidak lima tahun setelah pemakaian bagi mobil baru.

“Bahkan, bila mobil telah lama digunakan atau sudah berusia di atas tujuh tahun sebaiknya satu atau dua tahun sekali tangki dikuras,” saran Tatang.

Kegiatan itu, selain berguna untuk menghilangkan kotoran yang ada di tangki, juga bermanfaat untuk menghilangkan dan mencegah potensi terjadinya senyawa baru di tangki. Sebab, selain beberapa unsur kimia bahan bakar, di tempat itu juga terdapat bakteri.

SOLUSINYA :

Berikut adalah solusi penyebab tangki mobil kotor, simak caranya berikut ini :

Gunakan mobil sampai bensinnya hampir habis, apabila memungkinkan. Kecuali tangki Anda berisi bahan bakar yang tidak seharusnya, nyalakan mobil dan gunakan sampai hampir habis dengan cara mengendarainya. Parkirkan mobil dan biarkan mesinnya dingin sebelum mulai mengurasnya.
  • Strategi ini akan mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan yang harus Anda lakukan, dan menyisakan lebih sedikit bensin untuk disimpan atau dibuang.
  • Jangan pernah menggunakan mobil apabila bahan bakar yang berada di tangki bukan bahan bakar yang seharusnya digunakan. Menguras tangki penuh akan memakan waktu lama, namun bukan berarti tidak mungkin.
Beli sistem penyedot bahan bakar. Biasanya dijual di kebanyakan toko suku cadang mobil, penyedot ini merupakan pompa yang dioperasikan secara manual yang akan menyedot bensin dari mobil Anda ke dalam sebuah wadah. Pastikan Anda membeli sistem yang cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mudah terbakar, karena percikan api apa pun di dekat tangki bensin sudah pasti dapat menyebabkan bencana.
Buka baut sumbat penguras dan biarkan bahan bakar mengalir keluar. Langkah ini akan memakan banyak waktu, sekitar beberapa menit per liter, maka pastikan Anda mengawasinya dengan baik.
  • Pastikan terdapat lebih dari cukup bak / baskom untuk menampung kurasan bahan bakar dan pastikan tidak ada bahan bakar yang tumpah ke tanah.
Kuras dan ganti bahan bakar mobil apa pun yang telah dibiarkan selama lebih dari enam bulan sampai satu tahun. Bahan bakar bisa, dan akan, memburuk apabila didiamkan saja di dalam tangki. Apabila Anda berencana menggunakan mobil tua di garasi untuk perjalanan cepat, pastikan Anda menguras dan mengganti bensinnya untuk memastikan semuanya berjalan mulus. Hal ini sama penting apabila Anda mencoba memperbaiki mobil atau menangani mesinnya.
  • Paparan etanol pada suplai bensin sangat memperpendek umur bensin. Bensin dapat menjadi buruk dengan sangat cepat, yang berarti Anda harus ekstra waspada ketika menguras bahan bakar apabila mobil sudah lama tidak digunakan.

Berikut adalah bahasan dari penyebab mobil seperti kehabisan bensin. Kita harus mengubah kebiasaan kita dengan benar, bukan hanya untuk mobil kita, tapi untuk kita sendiri juga. Jika terus dibiarkan itu akan berdampak buruk bagi kita. Sekian TERIMA KASIH……

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here