PENYEBAB TANGKI BENSIN MOBIL BOCOR DAN SOLUSINYA

0
177

 

 

Terkadang sesuatu yang kita anggap sepele, akan menyebabkan sesuatu kejadian hal yang sangat mengerikan, jika kita terus biarkan kita akan mengalami hal yang kita tidak inginkan. Berikut ini adalah bahasan dari Penyebab Tangki Bensin Mobil Bocor dan solusinya :

PENYEBABNYA :

Berawal Dari Kerusakan Kecil

Kebocoran pada tanki bahan bakar umumnya berupa retakan atau lubang pori-pori kecil, tetapi hal sekecil ini merupakan masalah yang serius cika tidak cepat ditanggulangi. Bahan bakar bisa Menguap atau Merembes melalui celah kecil tersebut. Pikirkan berapa jumlah kerugian materi yang anda derita jika jumlah bahan bakar yang terbuang sia-sia dalam 24 jam mencapai Rp 3.000,00 ? dalam satu bulan anda sudah mengalami kerugian hingga Rp 30.000,00. Tentu hal ini bukan lah kerugian materi yang sedikit.

 

Tangki Karatan

Tanki bahan bakar biasanya mengalami kebocoran akibibat terjadinya korosi atau karat pada bagian dalam tanki. Korosi yang terjadi diakibatkan adanya udara dalam tangki, udara selalu mengandung uap air dan uap air inilah yang menyebabkan korosi, meski proses korosi ini terjadi cukup lama. Pernahkah anda memperhatikan air kaca mobil anda ketika hujan? sewaktu anda berkendara dalam hujan, akan terjadi titik-tik air di bagian dalam kaca Hal ini terjadi bukan karena kaca anda bocor, tetapi karna perbedaan suhu udara yang menyebabkab terjadinya pengembunan di kaca bagian dalam.

 

SOLUSINYA :

Berikut adalah Tips Atasi Tanki Bensin Bocor, yaitu dengan menggunakan sabun batangan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Lepas baut pengikat yang menyatukan tanki bahan bakar dengan kendaraan anda.
  2. Lepas semua selang bahan bakar yang menjadi penyalur ke karburator.
  3. Lepas alat indikator jarum spidometer bensin.
  4. Kuras bensin dan tempatkan pada botol yang bening agar kotoran yang mengendap bisa terlihat, dan bensin yang bersih bisa digunakan kembali.
  5. Amplas bagian tnki yang rembes, retak atau bocor, setelah itu lap denga lap kering, pastikan bagian ini bebas dari minyak.
  6. Oleskan sabun pada bagian yang diamplas dengan sedikit tekanan.
  7. Terakhir pasang kembali tanki sesuai urutan pelepasan tadi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here