Inilah Hal yang Jadi Penyebab RPM Agya Naik dan Solusinya

0
53

Ada banyak hal yang kerap menjadi penyebab RPM Agya naik dan kenyamanan berkendara berkurang. Hal ini wajib diketahui oleh pemilik mobil. Karena beda penyebab, beda pula solusinya.

Jangan sampai masalah mobil coba diselesaikan dengan metode yang salah. Karena hanya menyebabkan Agya mengalami masalah tambahan. Ataupun menyebabkan waktu service menjadi bertambah.

Daftar Penyebab RPM Agya Naik Secara Mendadak

Kasus ini sebenarnya terjadi pada banyak mobil. Tidak terkecuali pada mobil seperti Agya. Adapun hal yang menyebabkan RPM pada mobil tidak stabil dan naik tiba-tiba antara lain:

1. Idle speed control

Idle speed control menjadi aktuator dalam sistem EFI yang fungsinya untuk mengatur idle RPM. Tapi, jika ISC ini kotor dan jarang dibersihkan, maka suplai udara dari luar menuju intake manifold jelas akan terhambat. Akibatnya ada delay yang membuat suplai udara ke mesin tidak stabil sepanjang mesin idle. Sehingga RPM bisa naik turun.

2. Mass Air Flow

Mass air flow terletak pada tabung filter udara. Fungsinya untuk mendeteksi berapa massa udara yang masuk ke dalam mesin berdasarkan kecepatan alirannya. Mass air flow terletak pada tabung filter udara. Fungsinya untuk mendeteksi berapa massa udara yang masuk ke dalam mesin berdasarkan kecepatan alirannya.

Sensor MAF ini juga rentan kotor. Sehingga ketidak akuratan pembacaan pada sensor MAF menyebabkan data yang dikirimkan sensor tidak konsisten. Hasilnya, karena ECU juga menggunakan data ini untuk menentukan kuantitas bensin, maka bensin yang keluar dari injektor juga tidak konstan volumenya. Sehingga RPM bisa naik turun

3. Throtle Body Pada Agya Kotor

Penyebabnya, mobil dengan teknologi seperti Agya lebih sensitif terhadap perubahan kondisi. Karena tidak berkaca pada satu sensor saja, namun ada banyak sensor yang mendukung kinerja Agya.

Saat terdapat kotoran pada pangkal daun katup, idle RPM bisa naik turun. Untuk membuktikan, lepas throtle body dari mesin mobil, Kemudian perhatikan daerah daun katupnya, maka akan ada kotoran menghitam pada dinding katup. Kotoran inilah yang menyebabkan RPM mesin tidak karuan.

Mengatasi RPM yang Naik Tidak Stabil pada Agya

Sebenarnya RPM yang tidak stabil masih dalam kadar toleransi. Terutama jika tidak mengganggu kenyamanan berkendara. Dan tidak menyebabkan turunnya performa mobil.

RPM Mesin Agya yang Tidak Stabil Merupakan Hal Wajar apabila
1. Kompressor AC dan Fan bekerja
2. Saat tegangan baterai melemah

Namun tetap saja masalah ini harus segera diselesaikan. Adapun beberapa cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan:

1. perlu rajin membersihkan aktuator ISC serta lubang saluran idle
2. bersihkan bagian sensor MAF menggunakan carbu cleaner atau carbon cleaner dan sejenisnya.
3. kita harus segera membersihkan throtle body

Semua hal di atas bisa dilakukan dalam 1 paket tune UP yang dilakukan di Dokter Mobil. Demikianlah beberapa penyebab RPM Agya naik tiba-tiba dan cara mengatasinya. Semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here