Terungkap Sudah Penyebab Radiator Mobil Bocor, Atasi Segera

0
71
Penyebab Radiator Mobil Bocor
Penyebab Radiator Mobil Bocor

Tanpa radiator, mesin mobil dijamin pasti akan mengalami overheat. Selain oli, radiator juga mempunyai peran vital dalam mesin mobil.

Bagi anda yang sering berpergian menggunakan mobil, pastikan radiator bekerja dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari perawatan dari pengguna mobil. Sering kita jumpai kasus mobil mogok di jalan sebab overheat seketika.

layanan konsultasi

Selain oli, radiator sangat berpotensi menimbulkan gejala overheat pada mesin mobil anda sebab radiator mengalami kebocoran. Sebelum hal ini akan menimpa anda, ada baiknya simak selengkapnya penyebab radiator mobil bocor dibawah ini;

1. Kerapuhan Komponen Sekitar Radiator

Tahukah anda? Bahwa letak radiator yang berdekatan dengan mesin dapat membuat komponen disekitarnya juga dapat mengalami kerapuhan. Contohnya selang radiator dari karet, tabung reservoir dari plastik. Kedua komponen rentan mengalami kerapuhan karena berdekatan dengan mesin serta radiator.

2. Umur Radiator Sudah Tua

Selanjutnya, penyebab radiator mengalami kebocoran yakni umur radiator yang sudah tua. Hal ini tergantung dari perawatan pemilik mobil. Umumnya, radiator dengan perawatan baik dapat bertahan kisaran 10 tahun. Sebaliknya, dengan minimnya perawatan radiator maka hanya dapat bertahan hingga 5 tahun atau tidak sampai 10 tahun.

Jika sudah menemukan gejala kerusakan atau terdapat keretakan radiator, disarankan segera mengganti dengan radiator baru. Pastikan barang tersebut memanglah asli bukan kw atau abal-abal.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Air Biasa Pada Radiator Mobil, Ini Faktanya

3. Saluran Radiator Terhambat

Minimnya perawatan pada radiator juga dapat menyebabkan air radiator mengalami penyumbatan sebab munculnya kotoran yang menghalangi air radiator. Karena penyumbatan inilah, panas dari mesin tidak dapat tersalurkan dengan baik oleh radiator.

4. Adanya Benda Asing

Agar radiator dapat menangkap udara segar, komponen ini diposisikan di depan mesin dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka. Namun hal ini beresiko terkena batuan kerikil atau serangga terbang.

Ketika radiator bertabrakan dengan benda asing tersebut, bisa saja dinding radiator pun mengalami kebocoran.

Jangan Tunda Lagi, Segera Atasi Radiator Mobil Bocor

Penanganan terbaik untuk mengatasi radiator mobil bocor yakni dengan memabwa ke bengkel spesialis terdekat. Jangan lupa, lakukan perawatan rutin secara berkala tiap 30.000 km atau 40.000 km agar radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal.

Demikian selesai ulasan topik hari ini mengenai penyebab radiator mobil bocor. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menyadarkan kita bersama sebagai pengguna mobil yang bijak dan cerdas agar dapat memberikan perawatan lebih opada mobil kesayangan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here