Ketahui 4 Penyebab Radiator Bocor Lebih Cepat, Cegah Segera

0
83
Penyebab Radiator Bocor Lebih Cepat
Penyebab Radiator Bocor Lebih Cepat

Seberapa nyaman mobil anda digunakan untuk berpergian? Kenyamanan menjadi prioritas utama dalam berpergian menggunakan mobil pribadi. Oleh sebab itu sangat penting memberikan perawatan pada mobil sebelum digunakan berpergian jauh salah satunya pemberian air radiator agar mobil terhindari gejala overheat hingga berujung overhaul. Hiyyy…

Gejala overheat salah satunya disebabkan oleh air radiator yang jelek hingga kebocoran.  Nah jangan sampai hal ini menimpa mobil anda. Sebaiknya kenali penyebab radiator bocor. Apa saja itu? Keep scroll gaess..

layanan konsultasi

1. Umur Radiator

Penyebab yang pertama ialah umur radiator yang sudah cukup tua. Umumnya, radiator dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya. Namun tidak jarang juga baru menginjak usia 5 tahun radiator sudah mengalami gangguan keluhan seperti keretakan hingga berujung kebocoran.

2. Saluran Radiator Terhambat

Penyebab selanjutnya ialah saluran radiator mengalami hambatan. Hambatan yang dimaksud adanya partikel kotoran yang menghambat jalur distribusi air radiator menuju mesin.

Hal ini dipicu dari pemilihan air radiator yang kurang tepat seperti air biasa atau air ledeng. Meskipun tergolong dapat menghemat budget, namun radiator dapat berujung korosi sebab air tidak mengandung senyawa kimia khusus untuk proteksi perlindungan radiator.

Sebaiknya disarankan mengcek kondisi setiap menempuh perjalanan 30.000 km atau 40.000 km agar kondisi tetap terjaga.

Intip Juga :  5 Hal Ini yang Harus Diperhatikan pada Mobil diPagi Hari

3. Terkena Benda Asing

Faktanya, radiator juga perlu mendapatkan udara segar. Oleh sebab itu komponen ini diletakkan dideepan mesin dengan kondisi grill yang terbuka. Terbukanya komponen ini dapat menyebabkan resiko debu dan kotoran dapat masuk dengan bebas. Partikel inilah yang dapat menyebabkan radiatror mengalami kebocoran.

4. Komponen Karet & Plastik yang Retak

Sudah tahu kan jika komponen radiator berdekatan dengan mesin mobil? Saat mesin berada pada suhu panas saat sedang berkerja, secara langsung dapat membuat komponen sekitar menjadi rusak seperti selang radiator yang terbuat dari karet hingga tabung reservoir yang terbuat dari plastik.

Jika hal ini dibiarkan secara terur menerus tanpa maka dalam jangka dekat dapat menimbulkan kebocoran pada komponen radiator.

Nah itulah ulasan penyebab radiator bocor. Agar tidak mengalami kebocoran lebih cepat, ada baiknya mobil mendapatkan perawatan secara berkala terutama pada radiator mobil guna mencegah gejala overheatoing. Yuk mulai sayangi mobil anda..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here