PENYEBAB OLI MOBIL BERCAMPUR BENSIN DAN SOLUSINYA

0
177

 

 

Banyak sekali yang mengeluhkan masalah ini, Karena tentu saja masalah ini sangat mengkhawatirkan bukan hanya ketakutan akan mobil rusak tapi terjadi nya kecelakaan juga sangat-sangat mengkhawatirkan. Berikut adalah pembahasan Penyebab Oli Mobil Bercampur Bensin dan solusinya :

 

PENYEBAB DAN SOLUSINYA :

 

  1. Injector bocor

Injector yang bocor akan mengakibatkan semburan bahan bakar selalu terjadi bahkan disaat mesin dalam kondisi hisap. Injector bocor merupakan faktor umum mengapa bensin bisa turun menuju crankcase

 

  1. Ring piston lemah

Ring piston atau dinding silinder yang baret akan menjadi celah bagi bahan bakar untuk menuju crankcase dan bercampur dengan oli. Valve atau klep yang sudah melebar alias tidak rapat lagi akan menghasilkan celah sehingga bahan bakar bisa turun ke bawah mesin.

  1. Terlalu lama memanaskan motor

Terlalu lama memanaskan motor sama seperti dengan menggunakan motor saat bermacet-macetan. Komponen mesin yang bergerak ribuan kali permenit tanpa hembusan angin dari depan akan menghasilkan panas berlebih. Idle terlalu lama ternyata tidak baik untuk mesin karena bisa mengakibatkan tercampurnya bensin dengan oli.

 

  1. Modifikasi komponen vital yang tidak sesuai karakter mesin

Yang saya maksud modifikasi komponen vital disini adalah modifikasi Electronic Control Unit (ECU), CDI, spark plug atau busi. Penggunaan piggyback yang tidak benar juga bisa mengakibatkan fuel dilution. Hal itu terjadi karena mesin dipaksa bekerja dengan karakter yang tidak sesuai.

 

  1. Kelebihan oktan atau kekurangan oktan

Ternyata oktan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah ternyata bisa mengakibatkan masalah serius. Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan kompresi mesin akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna dan sisa-sisa pembakaran akan masuk kedalam crankcase dan bercampur dengan pelumas. Oleh karena itu, gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin.

 

Berikut adalah bahasan dari Penyebab Oli Mobil Bercampur Bensin. Kita harus mengubah kebiasaan kita dengan benar, bukan hanya untuk mobil kita, tapi untuk kita sendiri juga. Jika terus dibiarkan itu akan berdampak buruk bagi kita. Sekian TERIMA KASIH……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here