Penyebab dan Solusi Mengatasi Mesin Tak Mau Nyala Meski Sudah Distarter Berulang Kali

Pernahkah anda mengalami mobil susah distarter saat mesin panas atau tidak bisa distarter sama sekali? Jangan panik! Ini sebab dan solusinya.

Masalah ini sering dialami oleh mobil tua. Namun mobil keluaran terbaru juga mungkin saja mengalami masalah ini.

Hal ini tentunya menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara. Dan jika dibiarkan, dapat mengganggu komponen lain pada mobil. Oleh sebab itu, masalah ini harus diselesaikan segera. Untuk dapat mengatasinya dengan cepat dan efektif, diperlukan pengetahuan apa penyebab masalah ini.

Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Panas

Cukup banyak penyebab munculnya masalah ini. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecheckan secara menyeluruh. Meskipun 1 sumber masalah sudah ditemukan.

Adapun penyebabnya antara lain adalah:

Masalah di Aki Mobil
Masalah pada Aki Mobil Sebagai Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Panas
Masalah pada Aki Mobil Sebagai Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Panas

Tenaga mobil bersumber dari aki. Jika aki bermasalah, mobil akan sulit distarter atau dinyalakan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini anda perlu melakukan pengecheckan aki mobil.

Adapun yang perlu dicheck antara lain adalah:

  • Apakah aki mobil masih bagus (masih memberikan kelistrikan)
  • Apakah kondisi aki masih bersih atau justru kotor
  • Apakah ada kabel-kabel aki yang putus

Jika kondisi aki memang bermasalah, solusi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transmisi manual. Caranya adalah dengan mendorong mobil lalu secara tiba-tiba, memasukkan gigi transmisi.

Untuk solusi jangka panjang, masalah aki mobil ini harus diatasi. Cobalah untuk membersihkan aki mobil, meperbaiki kabel-kabel aki yang putus, dan mengecheck apakah kelistrikan aki masih ada. Jika kelistrikan sudah ada, mengganti aki merupakan solusi terbaik.

Kerusakan di Dinamo Starter Mobil
Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Susah Nyala Meski Distarter Berkali-Kali
Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Susah Nyala Meski Distarter Berkali-Kali

Dinamo mobil bisa saja bermasalah. Biasanya kerusakan pada dinamo ini disebabkan oleh pemakaian yang tidak sesuai dengan kerja mobil. Dengan kata lain, pemaksaan berlebih terhadap kerja dynamo starter. Kerusakan ini terjadi pada:

  • Spull (gulungan)
  • Bendix
  • Arang yang habis

Ciri-ciri dari masalah ini adalah starter mobil normal saat mesin mobil dingin, namun tidak bisa distarter saat mesin panas. Untuk menyalakan mobil yang mengalami kondisi ini, mau tidak mau harus menunggu sampai suhu mesin turun.

Untuk solusi jangka panjang, penggantian dynamo starter perlu dilakukan.

Koil Bermasalah
Cara Setel dan Cek Koil Mobil yang Bermasalah
Cara Setel dan Cek Koil Mobil yang Bermasalah

Koil mobil yang panas tidak akan mampu membuat mesin menyala. Mengapa? Karena koil bertugas menaikkan tegangan listrik ke aki. Jika koil panas, voltase akan naik drastis dan berubah jadi bunga api yang terlalu besar.

Karena pijaran bunga api terlalu besar, mesin mobil tidak akan mau menyala. Hal ini untuk menghindari masalah seperti mesin yang meledak.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi terbaik adalah dengan mengganti koil. Agar koil tidak mudah panas, sebaiknya pilih koil berjenis platina condenser.

Busi Sudah Tak Layak Pakai

Ciri Busi Mobil yang Rusak dan Bermasalah
Ciri Busi Mobil yang Rusak dan Bermasalah

Masalah yang sering menjadi alasan mobil susah distarter saat mesin panas ada busi yang rusak atau bermasalah. Ada banyak penyebab masalah pada busi mobil, di antaranya adalah:

  • Busi mobil kotor
  • Kebanjiran oli dari karburator
  • Kemasukan air karena terendam banjir
  • Usia busi
  • Dan kondisi busi yang terlalu panas

Normalnya, busi mobil harus diganti minimal 3 bulan sekali. Untuk solusi jangka panjang, anda dapat melakukan tune up di bengkel mobil yang memang spesialis perawatan mobil.

Kerusakan dan Masalah pada Injektor Bahan Bakar
Sistem Injektor Bahan Bakar pada Mobil
Sistem Injektor Bahan Bakar pada Mobil

Hal lain yang juga menyebabkan mesin mobil susah atau bahkan tidak bisa distarter saat mesin panas adalah tidak ada BBM. Loh padahal saya baru isi BBM loh?

Mobil mungkin saja baru isi BBM, namun jika aliran bahan bakar tidak sampai ke mesin, maka pembakaran tidak akan berlangsung. Dan akibatnya, mobil tidak akan menyala walaupun distarter berkali-kali.

Ciri dari masalah ini adalah mobil tetap tidak dapat distarter meskipun mesin mobil sudah dingin. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan perawatan tune up mobil yang bisa melakukan pembersihan saluran bahan bakar, dan memperbaiki masalah di aliran bahan bakar.

Masalah di Kompresi Bahan Bakar
Sistem Kompresi Bahan Bakar Mobil
Sistem Kompresi Bahan Bakar Mobil

Lagi-lagi soal bahan bakar sebagai penyebab mobil susah distarter saat mesin panas. Kompresi bahan bakar yang bermasalah juga dapat menyebabkan masalah ini.

Masalah ini pada dasarnya sangat mudah untuk diselesaikan. Cukup dengan melakukan tune up dan service di saluran bahan bakar.

Dokter Mobil

Walaupun solusinya tampak mudah, namun dalam melakukan service tidaklah semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu, terkadang kita membutuhkan bantuan profesional.

Dokter Mobil hadir sebagai sebuah bengkel spesialis tune up dan service berbagai masalah mobil. Dengan keunggulan seperti mekanik yang handal dan berpengalaman lebih dari 5 tahun, mesin dan peralatan bengkel yang canggih, dan standart kerja bertaraf internasional.

Jika anda membutuhkan service dan perawatan untuk mencegah kembalinya penyebab masalah mobil susah distarter saat mesin panas, silahkan datang ke Dokter Mobil.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi mesin mobil yang sulit atau bahkan tidak bisa menyala ketika distarter. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here