Penyebab Mobil Solar Ngebul

0
125

 

Getaran dan asap yang berwarna hitam adalah hal yang wajar pada mesin disel. Selama ini mesin berbahan bakar solar ini memiliki karakter seperti itu. Tetapi kalau getarannya sudah terlalu kencang dan asap tebal, pasti ada beberapa masalah.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab getaran keras dan kepulan asap pekat itu? Berikut ulasannya.

1. Pengabutan bahan bakar tak sempurna
Pada dasarnya kinerja mesin mobil, tak terkecuali diesel, sangat tergantung pada proses pembakaran antara bahan bakar dan udara di ruang bakar yang sempurna. Bila proses pembakaran itu bermasalah, maka mesin akan tersengal-sengal dan kalau pun dipaksa berjalan akan tersendat-sendat.

Penyebab ketidaksempurnaan proses pembakaran ada beberapa hal, di antaranya saluran dan nozle injektor yang kotor karena tersumbat oleh kotoran yang terbawa bahan bakar, sehingga pengabutan tidak stabil.
Atau mobil bermesin diesel yang dirancang menggunakan minyak solar spesifikasi tinggi seperti Pertamina dex namun menggunakan biosolar.

Dan mobil bermesin diesel bisa saja menggunakan biosolar, hanya saja dalam jangka panjangnya akan berdampak pada commonrail yang akan jebol, Hal itu dikarenakan kualitas solar yang tidak bagus, yaitu terlalu banyaknya kandungan paraffin atau sulfur (belerang) di bahan bakar tersebut.

2. Saringan udara kotor

Sesuai dengan namanya, peranti ini berfungsi untuk menyaring udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin diesel. Bila piranti tersebut kotor, sudah tentu aliran udara ke ruang bakar tidak akan baik, dan bisa saja udara yg kotor tersebut masuk ke dalam ruang bakar dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan ngebul pada knalpot, dan bila proses pembakaran tidak sempurna, mesin pun mengalami getaran lebih keras dibanding getaran biasanya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksa dan membersihkan peranti ini sepekan sekali atau paling lama dua pekan sekali. Bila sel-sel saringan telah aus segera menggantinya. Harga peranti ini tergolong tidak mahal.

3. Seal mesin aus
Jika hasil asap pekat yang lebih tebal dari biasanya, kemungkinan besar ada kebocoran oli mesin yang merembes ke ruang bakar, karena seal atau lapisan karet di sambungan antar bagian mesin atau di blok mesin robek. Sehingga tetesan oli tersebut ikut terbakar di ruang bakar dan menghasilkan asap yang pekat dari knalpot. Atau selalu cek kondisi mesin kendaraan anda.

4. Perangkat ECU tidak akurat

Penyebab lainnya timbulnya asap yang pekat dan getaran mesin adalah kinerja Electronic Control Unit (ECU) yang merupakan otak dari berbagai peranti mesin termasuk injektor sudah tidak akurat. hasilnya, timing (waktu) dan banyaknya semburan bahan bakar tidak tepat.

Sehingga, campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar juga tidak sesuai dengan takaran seharusnya (konsumsi BBM pun menjadi lebih boros). Timmingnya pun tidak stabil, sehingga mesin seperti tersengal-sengal dan menimbulkan getaran keras plus asap yang pekat.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi nya,jika ada saran atau pertanyaan silahkan isi kolom komentar Dibawah ini

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here