Penyebab Mobil Solar Mati Mendadak

0
109

 

Penyebab mobil mati mendadak atau tiba-tiba mogok memang banyak sekali penyebabnya sehingga tiap mobil memiliki kasus yang berbeda, akan tetapi secara umum mobil yang mati mendadak biasanya disebabkan oleh beberapa hal (yang akan kita bahas satu-persatu):
1. Gangguan pada sistem pengapian
2. Gangguan pada sistem kelistrikan
3. Gangguan pada pasokan bahan bakar
4. Gangguan pada suhu mesin yang terlalu tinggi

Gangguan pada sistem pengapian mobil
Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya ditandai dengan tidak adanya percikan api pada busi, penyebabnya macam-macam misalnya busi sudah soak (minta diganti), kabel busi putus sampai kerusakan coil.
Biasanya pemilik mobil sudah mengetahui kondisi pengapian mobil misalnya busi terbakar, sudah lama tidak diganti, busi kotor, delco terkena air, kabel bermasalah, sampai coil yang bermasalah.
Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya diawali dengan mobil mbrebet atau sering mati ketika bekerja keras misalnya ditanjakan, nah cara mengatasi yang paling umum adalah:
1. Dengan membersihkan busi mobil, misalnya jika ada kerak atau oli. Jika membawa busi cadangan bisa digunakan (pastikan busi dalam keadaan baik).
2. Jika busi sudah dipastikan baik akan tetapi tidak ada bunga api yang keluar bisa berlanjut ke kabel-kabel busi (biasanya ada sambungan yang terlepas atau putus) coba kencangkan sambungan-sambungan
3. Jika kabel sudah dipastikan dalam keadaan baik dan tetap sistem pengapian tidak menyala maka periksa koil, caranya dengan menempelkan kabel coil ke body mobil kemudian starter, jika masih ada percikan api maka kondisi coil masih bagus, jika tidak ada percikan api (dengan catatan aki masih bagus) maka kemungkinan besar koil sudah rusak (ganti coil).
Nah tanda-tanda yang bisa dirasakan jika coil akan rusak/ mulai rusak adalah:
* mobil susah hidup
* sering mbrebet
* tidak bisa bekerja keras, jika mesin panas sedikit mesin tiba-tiba mati (tertama saat melewati tanjakan yang agak panjang).
Jika kondisi koil yang setengah rusak dibiarkan maka sewaktu-waktu mobil bisa macet dan idak bisa hidup lagi (minta ganti koil), susahnya jika macet di pegunungan yang ga ada bengkel untuk beli sparepart 🙂 nah selalu service rutin mobil dan perbaiki jika ada kerusakan kecil seperti sering mbrebet agar tidak kerepotan pada situasi yang tak terduga
Gangguan pada sistem kelistrikan mobil
Sistem kelistrikan mobil yang terganggu akan menyebabkan tersendatnya arus/ hilangnya arus listrik yang menuju koil untuk membuat bunga api, otomatis jika sistem kelistrikan mobil mati maka sistem pengapian juga mati (tidak ada pembakaran dalam mesin) mobil tidak bisa berjalan.
Sistem kelistrikan pada mobil dimulai dari Accu (aki), kabel, alternator, sampai koil. Sebenarnya lampu-lampi, wiper, sistem audio, dll juga terhubung dengan sistem kelistrikan mobil, tapi kali ini yang dipentingkan adalah yang berhubungan dengan sistem pengapian mobil.

Sistem kelistrikan mobil erat kaitannya dengan kondisi aki, kondisi aki juga dipengaruhi dengan ornamen/ornamen atau komponen-komponen mobil yang membutuhkan listrik seperti lampu, sistem audio dll.
Pastikan tegangan aki berada di kisaran 12-13 volt sehingga kualitas listrik yang disalurkan ke koil juga bagus dan listrik ke komponen mobil lainnya juga bagus seperti sistem audio dan lampu-lampu.
Gangguan sistem pasokan bahan bakar
Tersumbatnya saluran bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil mati mendadak
Jika bensin/ solar tersendat/ terhambat di slang (saluran bahan bakar) maka apa yang terjadi? bensin tidak mengalir ke karburator dan tidak mengalir ke ruang bakar….lalu apa yang mau dibakar 🙂
Pastikan saluran bahan bakar tidak ada masalah, yang sering terjadi adalah bensin di tangki BBM sudah habis padahal indikator bensin masih banyak. beberapa penyebab bensin tidak mengalir:
* tersumbatnya slang (saluran bbm)
* tersumbatnya lubang udara pada penutup tangki BBM
* fiter BBM kotor
* karburator kotor/ tersumbat
* Pompa BBM rusak
* dll
Pastikan dari poin-poin di atas dalam keadaan baik (bensin bisa masuk ke karburator) dan masuk ke ruang bakar, atau jika memakai sistem injeksi maka pastikan bensin masuk ke injektor.
Akibat Mobil Kepanasan (Overheat)
Mesin mobil kepanasan (overheat) juga bisa menyebabkan mobil tiba-tiba mati, nah pada kasus-kasus normal overheat jarang terjadi kecuali mobil dipaksa bekerja keras 1-2 hari non stop pasti overheat, selalu cek temperatur agar tidak lebih dari 3/4 karena jika sampai mesin mati mendadak beresiko merusak komponen-komponen dalam mesin.

Penanganannya

  • Gangguan pada sistem pengapian mobil. Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya ditandai dengan tidak adanya percikan api pada busi, penyebabnya macam-macam misalnya busi sudah soak (minta diganti), kabel busi putus sampai kerusakan coil. Ditandai busi terbakar, sudah lama tidak diganti, busi kotor, delco terkena air, kabel bermasalah, sampai coil yang bermasalah. Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya diawali dengan mobil mbrebet atau sering mati ketika bekerja keras misalnya ditanjakan. Penanganan: Dengan membersihkan busi mobil, misalnya jika ada kerak atau oli. Jika membawa busi cadangan bisa digunakan (pastikan busi dalam keadaan baik).
  • Jika busi sudah dipastikan baik akan tetapi tidak ada bunga api yang keluar bisa berlanjut ke kabel-kabel busi (biasanya ada sambungan yang terlepas atau putus) coba kencangkan sambungan-sambungan
  • Jika kabel sudah dipastikan dalam keadaan baik dan tetap sistem pengapian tidak menyala maka periksa koil, caranya dengan menempelkan kabel coil ke body mobil kemudian starter, jika masih ada percikan api maka kondisi coil masih bagus, jika tidak ada percikan api (dengan catatan aki masih bagus) maka kemungkinan besar koil sudah rusak (ganti coil).

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi nya,jika ada saran atau pertanyaan silahkan isi kolom komentar Dibawah ini

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here