Faktor Penyebab Mobil Ndut Ndutan saat RPM Tinggi dan Solusinya

0
58
Faktor Utama Penyebab Mobil Ndut Ndutan saat RPM Tinggi dan Solusi Terbaik untuk Mengatasinya
Faktor Utama Penyebab Mobil Ndut Ndutan saat RPM Tinggi dan Solusi Terbaik untuk Mengatasinya

Komponen mobil yang bermasalah dapat menjadi penyebab mobil ndut ndutan saat RPM tinggi. Lantas apa solusi yang harus anda ambil?

Berbicara mengenai mobil, tentunya kamu semua sudah paham ya sobat. Apalagi berbicara mengenai mengemudikan mobil tentunya hal ini sudah bukan hal yang baru lagi bagi kamu pecinta otomotif ini.

Iya, karena memang seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa barang otomotif yang satu ini memiliki jam terbang yang cukup padat untuk menunjang kebutuhan kita dalam menjalankan aktivitas kita sehari – harinya. Karena fungsinya dan jam terbang yang cukup padat tersebutlah menjadikan mobil merupakan suatu kebutuhan yang harus kita miliki demi kelancara aktivitas kita sehari – harinya.

Meskipun mobil merupakan sebuah benda otomotif yang memang sudah menjamur dimana–mana dan rata–rata sudah bisa mengendarainya, tentu mobil sendiripun tidak luput dari kekurangan. Atau bisa saja mengalami masalah yang bisa saja mengganggu kenyamanan kita dalam menjalankan aktivitas anda yang begitu padat sehari–harinya.

Salah satu kekurangan atau salah satu masalah yang timbul pada saat anda menggunakan mobil tersebut adalah mobil anda brebet pada saat di RPM tinggi atau pun mobil brebet di rpm rendah. Apakah sobat semua pernah mengakami hal seperti ini? Selain membuat anda tidak nyaman, juga membuat deg – deg an ya sobat, pasalnya tidak semua pengendara mobil mengerti dan paham akan mesin mobil yang sedang dia gunakan.

Bisa anda bayangkan apabila anda sedang berada di jalan tol atau sedang berada di jalanan yang memang padat lalu lintasnya tetapi mesin mobil anda tiba–tiba brebet. Selain mengganggu kenyamanan anda juga menggangu pengguna jalan raya yang lainnya yang sedang dan akan melintas di jalan raya tersebut.

Penyebab Mobil Ndut Ndutan saat RPM Tinggi

Nah sobat, bagi anda yang memang pernah mengalami hal seperti di atas, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan informasi pada sobat semua tentang penyebab dan cara mengatasi mobil brebet pada RPM tinggi. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu sobat semua apabila mengalami mobil yang brebet di RPM tinggi. Yuk sobat langsung saja, mari kita simak dengan seksama.

Masalah Pada Karburator Mobil

Mobil brebet di rpm tinggi yang pertama karena masalah pada karburator mobil. Salah satu penyebab mobil brebet atau ndut – ndutan di RPM tinggi adalah diakibatkan oleh karburator mobil anda. Indikator RPM  mobil yang normal bisa menembus sekitar 5000 RPM. Jika ternyata jarum indikator RPM anda tidak bisa menembus angka 5000 RPM, berarti ada sebuah masalah yang perlu anda lakukan service.

Lihat Juga: Faktor Penyebab Mobil Boros BBM

Biasanya masalah ini timbul akibat “main jet“ pada karburator mobil anda. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya anda melakukan perawatan secara berkala pada komponen karburator mobil anda. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian brebet pada RPM tinggi terulang kembali pada mobil anda sesaat sedang anda gunakan.

Tetapi jika memang sudah terlanjur terjadi, jika anda tidak mengerti akan mesin mobil, sebaiknya anda membawanya ke tempat service mobil saja. Tujuannya agar mobil bisa ditangani oleh tenaga–tenaga yang memang sudah ahli di bidangnya.

Terganggunya Sistem Pengapian di Mesin Mobil Anda

Mobil brebet di rpm tinggi yang kedua dikarenakan terganggunya sistem pengapian di bagian mesin mobil. Sistem pengapian pada mesin merupakan hal yang sangat penting untuk anda perhatikan keberadaanya. Pasalnya jika sistem pengapian ini bermasalah sudah barang tentu mobil anda juga akan mengalami masalah nantinya.

Pastikan semua komponen yang berhubungan dengan pengapian benar – benar dalam kondisi “ oke” jika anda ingin menggunakan kendaraan anda. Terlebih apabila mobil anda berada di RPM tinggi, hal ini akan sangat berpengaruh nantinya.

Hal yang perlu anda cek secara rutin adalah pada komponen pengapian seperti busi, koil, delco, cdi, dan semua yang termasuk dan terhubung ke bagian pengapian tersebut seperti kabel – kabelnya. Jadi untuk menghindari mobil anda brebet di RPM tinggi, sebaiknya pastikan terlebh dahulu semua komponen tersebut oke. Tujuannya agar tidak mendatangkan masalah nantinya.

Demikianlah penyebab mobil ndut ndutan saat RPM tinggi dan solusi mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here