penyebab mobil matic tidak bertenaga saat di tanjakan
penyebab mobil matic tidak bertenaga saat di tanjakan

Membawa mobil matic di daerah pegunungan seringkali dihindari oleh banyak pemilik mobil. Alasan yang sering dikemukakan adalah seringnya mobil matic tidak kuat menanjak. Oleh sebab itu, wajar banyak yang berkata bahwa transmisi otomatis tidak cocok dibawa ke daerah pegunungan.

Benarkah demikian?

Tentunya tidak.

Mobil matic yang kehilangan tenaga saat nanjak merupakan tanda adanya masalah. Adapun beberapa penyebab mobil matic tidak bertenaga saat nanjak antara lain adalah:

  • Ukuran ban yang tidak sesuai
  • Spesifikasi mesin mobil yang tidak pas
  • Mobil yang kepenuhan atau bawaannya terlalu berat
  • Adanya masalah pada mesin mobil

Ukuran Ban

Ban yang lebih besar memang akan meningkatkan kesan sporty dan gagah. Namun untuk daerah tanjakan, ternyata ukuran ban yang terlalu besar akan sangat merepotkan.

Ya, di pegunungan ban berukuran besar justru membuat mobil seolah kurang tenaga. Selain itu, daya cengkram ban pun menjadi lebih kecil. Untuk itu, sangat disarankan untuk:

  • Menggunakan ban dengan ukuran yang tepat
  • Ukuran yang tepat berarti tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil

Spesifikasi Mesin

Pastikan spesifikasi, terutama torsi mobil berimbang antara besaran torsi dengan ukuran mobil. Banyak orang dan bengkel yang menyayangkan bahwa torsi tidak dapat diganti atau diutak-atik.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun juga kurang tepat.

Torsi mobil dapat ditingkatkan dengan cara:

  • Melakukan remap pada ECU mobil
  • Melakukan Piggyback Pro
  • Memberikan R Project sebagai penambah tenaga dan torsi mobil

Pastikan anda melakukan modifikasi ukuran torsi pada orang/bengkel yang memang ahlinya.

Mobil Terlalu Berat

Tahukah anda, rasio torsi dengan berat mobil harus berbanding 1:10 ? Artinya, jika torsi mobil sekitar 120 Nm, maka berat mobil secara keseluruhan tidak boleh lebih dari 1200 kg.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak:

  • Membawa penumpang lebih dari jumlah yang direkomendasikan
  • Membawa barang-barang lebih berat dari berat yang diperbolehkan

Ya, semakin berat mobil, semakin berat mobil untuk menanjak ketika berada di jalan seperti di pegunungan.

Sistem Penggerak Mobil

Setiap mobil matic memiliki sistem transmisi yang berbeda-beda. Di antaranya adalah transmisi AT/Step AT, CVT, dan Dual Clutch Transmission (DCT).

Setiap jenis transmisi yang berbeda akan mempengaruhi hal-hal seperti torsi mobil, kecepatan putaran mesin, konsumsi BBM, dan besaran tenaga mobil.

Masalah pada Mesin

Jika mobil kehilangan tenaga saat menanjak, kemungkinan besar disebabkan adanya masalah pada mesin mobil. Oleh sebab itu, pastikan melakukan tune up secara berkala pada mesin mobil anda.

Untuk melihat apakah mesin mobil bermasalah, anda dapat melihat dan mengetahui hal ini dari mengecheck kondisi knalpot mobil. Jika kondisi asap berasap maka dipastikan ada masalah pada ruang pembakaran mesin.

kerusakan mobil yang menyebabkan mobil kehilangan tenaga dan tidak kuat menanjak
kerusakan mobil yang menyebabkan mobil kehilangan tenaga dan tidak kuat menanjak harus ditangani dan ditemukan solusinya

Solusi Mengatasi Masalah Tidak Bertenaga saat Nanjak

Namun pada dasarnya mobil matic memang kurang sesuai berada di daerah yang berkontur menanjak. Namun untuk memastikan mobil matic anda mampu menanjak, khususnya saat mudik lebaran nanti, maka hal-hal yang perlu dilakukan antara lain:

  • Perkecil diameter roda (baik velg maupun ban mobil)
    Pastikan ukurannya sesuai dengan standart yang ditentukan.
    .
  • Lakukan modifikasi pada final geer ratio
    Pastikan modifikasi ini dilakukan oleh orang/teknisi yang memang paham dan berkompeten.
    .
  • Kurangi berat barang bawaan
    Pastikan anda membawa mobil dengan ratio tidak lebih dari 1:10. Hal ini untuk memastikan mobil benar-benar kuat saat berada di tanjakan.
    .
  • Menambah tenaga mobil
    Cara terakhir dan paling efektif adalah dengan cara menambah tenaga mobil. Adapun beberapa cara tersebut antara lain dengan melakukan tune up mobil, meremap ECU mobil, maupun memberikan alat penambah tenaga seperti JS One maupun R Project pada mobil anda.

Itulah bebera penyebab dan cara mengatasi masalah mobil bertransmisi otomatis yang sering kehilangan tenaga saat di tanjakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here