PENYEBAB MOBIL L300 KURANG BERTENAGA DAN SOLUSINYA

0
61

 

Ketika kenyaman berkendara terganggu karena mogok itu adalah hal yang paling menyebalkan, tidak dapat dipungkiri mobil L300 juga sering kurang bertenaga. Pada umumnya, masalah tersebut terjadi akibat komponen nya ada yang bermasalah. Jadi, jika anda mengalami masalah mogok seperti itu, maka sebaiknya anda memeriksa komponen – komponen mobil L300 anda.

PENYEBABNYA :

Berikut penjelasan mengapa mobil L300 kurang bertenaga:

  1. Arus listrik yang melalui terminal  plus koil turun.

Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah berumur lima tahun lebih, masalah seperti ini juga sering diketahui dengan tegangan arus listring menuju koil turun drastis. Biasanya, hal ini akan membuat pembakaran tidak terjadi karena pemantik api atau ignition tidak mendapat aliran listrik dengan benar. Kemudian cara mengetahuinya juga mudah yaitu hanya dengan mengecek kabel distributor lalu menempelkannya pada bodi mobil dan kemudian mencoba menyalakan mobil. Kemudian setelah hal itu dilakukan coba lihat dan jika muncul percikan api, maka arus listrik masih ada begitu juga sebaliknya. Namun, jika tidak memang sudah dipastikan tidak ada lagi arus listrik maka sebaiknya anda memeriksa sambungan kabelnya untuk memastikan adanya kabel yang tidak tersambung dengan baik karena jika sambungan kabelnya tidak bermasalah maka koil atau platina tersebut kotor atau bahkan mengalami kerusakan.

  1. Arus listrik aki lemah

Alternator atau dynamo ampere aus atau kabel pada terminal plus minus aki kendur dan bahkan aki yang sudah habis masa pakainya merupakan penyebab terjadinya aki lemah, bahkan juga menyebabkan mobil mogok. Jika memang mobil yang mogok disebabkan oleh aki, maka cara mengecekya cukup dengan memeriksa pemasangan kabel di termimnal aki. Tentunya anda juga harus memastikan bahwa kabelnya terpasang dengan baik dalam artian jika kabel tersebut mengendur maka anda sebaiknya mengencangkannya. Sebelum itu, anda juga sebaiknya membersihkan terminal tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan amplas atau sikat gigi bekas untuk menyikatnya. Setelah itu anda juga perlu mengecek air aki dengan memastikan volume nya sudah cukup atau tidak, jika belum cukup maka sebaiknya anda tambahkan air, tetapi jika aki sudah aus  atau masa pakainya sudah habis maka sebaiknya anda segera mengganti aki tersebut.

  1. Altenator aus

Alternator merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai pengisi arus listrik ke aku, maka jika alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan tentunya akan membuat mobil mogok. Namun disamping itu ada juga masalah yang sering terjadi di alternator yaitu sebagai berikut :

  • Diode putus
  • Gulungan kawat tembaga putus
  • Kabel berkarat
  1. Karburator bermasalah

Masalah yang biasanya terjadi ketika mogok yakni mengenai karburator yang bermasalah dengan semburan bahan bakar yang terlalu sedikit yang mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan mesin sulit untuk dihidupkan. Biasanya permasalahan karburator ini juga bisa dikarenakan oleh dua hal yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau setelan klep yang kotor. Kemudian cara mendeteksi nya juga mudah yakni anda hanya perlu melepas selang bahan bakar dan memasukkan ujungnya ke botol kemudian menghidupkan mobil. Melihatnya pun juga mudah, jika bahan bakar nya masih mengalir maka berarti karburator masih berfungsi dengan baik begitu juga dengan sebaliknya.

  1. Switcher Starter aus

Bagi kebanyakan pengemudi pasti komponen ini merupakan komponen yang sepele dan selalu dianggap remeh namun perlu diketahui juga bahwa kerusakan pada komponen ini sangatlah besar. Biasanya dikarenakan komponen gtersebut sering sekali dipakai pengemudi menyalakan dan mematikan mesin kendaraan yang terjadi pada kabel yang renggang. Kemudian logam kontraktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aur sehingga tidak lagi tersambung, maka jika anda mengalami hal tersebut maka sebaiknya anda segera menggantinya. Namun jika kendaraan anda tiba – tiba mogo maka sebaiknya anda lakukan pertolonbgan pertama dengan menyambungkan kabel plus minusnya dengan menggunakan peniti atau kawat kecil yang tajam.

 SOLUSI NYA :

Kebanyakan orang pasti panik jika mobilnya mengalami mogok, padahal sebenarnya hal menghadapi mobil mogok yakni intuk tidak panik terlebih dahulu, kemudian bisa mencari cara untuk menghidupkan mesin mobil lagi yakni sebagai berikut :

  1. Sebaiknya anda berusaha untuk menyalakan kembali mobil anda, starter mobil anda berulang kali tanpa memaksanya dengan berlebihan. Jika kendaraan tidak bisa menyala lagi, sebaiknya anda mendorong mobil anda keluar dari genangan banjir tersebut dan mencari tempat yang kering.
  2. Setelah menempatkan mobil ditempat yang kerig, sebaiknya anda segera membuka kap mobil dan mengeringkan bagian bagian mesin terutama mesin yang berhubungan dengan kelistrikan. Keringkan part seperti busi, kabel busi, koil dan distributor hingga benar-benar kering. Lap bagian yang lain menggunakan lap kering, jika tidak ada anda bisa menggunakan kertas koran atau tisu jika mengelap bagian bagian yang kecil.
  3. Setelah memastikan komponen tersebut benar benar kerig, kemudian anda bisa mencba kembali menyalakan kendaraan, jika setelah berkali-kali mencoba tapi tidak menyala maka jagan dipaksakan. Hal selanjutnya jika tidak mau menyala adalah anda bisa segera mencabut kabel busi dan melihat bagian busi atau bagian kabelnya untuk memastikan apakah kemasukan air. Jika memang anda melihat air maka uka juga bagian distributor dan kemudian bersihkan kompnen tersebut hingga dirasa sudah kering.
  4. Setelah itu, anda bisa mencoba menyalakan kendaraan anda lagi, setelah mesin moil menyala maka anda sebaiknya memeriksa fungsi fitur di kendaraan anda teperti system pengereman dan kelistrikan. Biasanya rem yang terendam banjir akan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya, jadi sebaiknya anda benar-benar memastikan komponen rem tersebut.
  5. Setelah dirasa mesin mobil me nyala dan baik baik saja, sebaiknya anda juga tetap membawa mobil anda ke bengkel langganana anda, karena untuk melakukan pengecekan dan memastikan komponen mobil anda masih berjalan dengan baik meskipuyn setelah terendam banjir. Hal itu sangat penting dilakukan walaupun hanya untuk mengeceknya saja, karena dikhawatirkan adanya kerusakan pada part mobil yang tentunya belum anda sadari. Disamping itu, anda juga sebaiknya meminta montir untuk mengecek lebih teliti lagi pada system kelistrikan dan system pengereman nya.

Selain cara menghadapi mobil yang sedang mogok tentunya anda bisa mengenali penyebab mogok dengan melihat panel indicator yang masing – masing memiliki solusi yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa indikasi yang dapat dikenali secara umum dan solusi yang mungkin dapat dilakukan antara lain:

  1. Bahan Bakar
  • Mengetahui volume bahan bakar minyak merupakan metode yang paling sederhana yang hanya cukup dengan melihat indikator pengukur bahan bakar dan memastikan volume bahan bakar dalam kondisi yang cukup. Biasanya pada kendaraan tertentu, ketika volume bahan bakar sudah dikira melewati batas penggunaan biasanya ada lampu indikator yang akan menyala. Kemudian jika pada indikator bahan bakar sudah menunjukkan posisi normal maka yang perlu dipastikan yakni apakah alat penunjuk ini bekerja dengan normal. Hal tersebut bisa diperiksa dengan cara mengketok-ketok dengan benda keras secara perlahan pada bagian bawah tangki bahan bakar, kemudian anda dengarkan bunyi pukulan tersebut apakah nyaring atau terasa berat. Ketika anda sedang mengketok tangki tersebut dan  berbunyi nyaring maka volume bahan bakar yang ada dalam tangki bahan bakar dalam kondisi kosong. Disamping itu, jika bunyi tangki yang diketok terasa berat maka ada kemungkinan bahwa volume bahan bakar tersebut masih cukup untuk menghidupkan mesin.
  •  Tekanan bahan bakar tidak ada

    Disamping itu tekanan bahan bakar juga dapat diketahui hanya dengan melihat pergerakan kepala baut yang ada pada pulsation dumper. Cara mengeceknya juga muda, anda cukup mencoba memutar kunci kontak ke posisi “START”, jika baut bergerak ke arah luar maka dapat dipastikan bahwa ada tekanan bahan bakar.

  • Saringan bahan bakar mampet

    Kemudian, ketika saringan bahan bakar mampet, tekanan yang akan dikirim ke mesin juga  akan berkurang. Biasanya jika saringan mampet, gejala awalnya adalah laju kendaraan akan tersendat-sendat dan jika dibiarkan maka akan dapat menyebabkan mesin mati.

  • Pompa bahan bakar mati

Ketika pompa bahan bakar mati akan mengakibatkan bahan bakar tidak dialirkan ke mesin dengan baik sehingga akan mati, cara memastikan pompa bahan bakar bekerja dengan baik atau tidak adalah cukup dengan membuka tutup tangki dan dalam waktu bersamaan “START” mesin. Kemudian anda cukup dengarkan suara atau getaran yang ada dalam tangki tersebut. Umur pompa bensin akan dapat diperpanjang hanya dengan cara membiasakan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi penuh. Selain itu, hal ini juga akan mencegah timbulnya korosi pada tangki bahan bakar.

  • Selang bahan bakar bocor atau pecah

    Adapun masalah lain yang terjadi yakni selang bahan bakar bocor atau bahkan pecah akan bisa mengakibatkan bahan bakar yang di kirim ke mesin berkurang baik tekanan maupun jumlahnya.

  1. Mesin Over Heating

    Terjadinya kenaikan temperatur mesin yang berlebihan akan bisa menyebabkan mesin tiba-tiba mati. Hal ini bisa dilihat dengan yakni dari posisi jarum indikator temperatur mesin pada intrumen panel yang pada umumnya terjadi yakni kenaikan jarum penunjuk temperatur pada posisi ½ atau kurang. Jika jarum penunjuk melebihi posisi ½ bisa dipastikan mesin mengalami overheating.

  1. Tidak ada Pengapian

Prinsip mesin bensin bisa berputar ada tiga faktor, yaitu adanya tekanan kompresi yang kuat, bahan bakar yang cukup dan pengapian cukup besar dan tepat. Karena jika tekanan kompresi dan bahan bakar normal, kemungkinan penyebab lainnya adalah sistem pengapian.

Beberapa langkah memang bisa dilakukan untuk mengatasi  ataupun mencegah masalah penyebab mobil L300 kurang bertenaga. Kurang lebih penyebab mobil L300 kurang bertenaga dikarnakan beberapa poin di atas tersebut. Jangan tunggu sampai rusak lebih parah dan segera atasi. Jika ada pertanyaan, bisa tulis lewat kolom komentar kami. TERIMA KASIH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here