Penyebab Mobil Diesel Ngebul

0
129
Penyebab Mobil Diesel Ngebul

 

 

beberapa pemilik mobil terkadang tidak mengetahui  Penyebab Mobil Diesel Ngebul

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin? Berikut ini penjelasannya.

  1. Perubahan Suhu Yang Ekstrim

Salah satu hal yang paling sering terjadi yang menjadi penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin adalah suhu ekstrim yang terjadi pada mobil tersebut. Saat di pagi hari apalagi bagi anda yang tinggal di daaerah yang cukup dingin ataupun setelah semalaman diguyur hujan maka tentu saja akan menyebabkan suhu mobil anda menjadi sangat dibngin termasuk bagian saluran pembuangan gas (knalpot) mobil. Saat mobil dipanaskan, maka terjadilah kenaikan suhu dalam mesin mobil anda. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan perubahan suhu yang ekstrim yang menyebabkan knalpot moibl ngebul dan mengeluarkan asap terus menerus. Hal seperti ini sebenarnya wajar saja terjadi dan hanya akan berlangsung sementara.

  1. Mobil Yang Jarang Digunakan

Knalpot mobil berasap dan berair lainnya dapat disebabkan karena kondisi mobil yang dingin dan jarang sekali digunakan. Sehingga bagi anda yang memang memiliki mobil yang jarang digunakan, penting untuk mengetahui cara merawat mobil yang jarang dipakai sehingga kondisinya tetap terjaga dengan baik. Kondisi mesin yang dingin dan dipanaskan tiba-tiba akan menyebabkan mesin terpaksa berputar yang mana membuat knalpot ngebul dan mengeluarkan asap putih selama beberapa saat. Namun kondisi seperti ini masih wajar-wajar saja terjadi. Hal ini menandakan jika di dalam knalpot mobil terdapat uap air yang mana menyebabkan kondisi tersebut terjadi pada mobil anda.

Biasanya kondisi seperti ini akan disertai dengan keluarnya air saat mobil sedang dipanaskan. Air tersebut sebenarnya merupakan hasil dari proses pengembunan yang terjadi di malam hari. Kondisi seperti ini sering terjadi saat mobil sering diparkirkan di area yang terbuka. Namun anda tak perlu khawatir, hal ini masih menandakan jika proses pembakaran pada mobil anda berjalan sempurna.

  1. Kerusakan Pada Seal Klep Dan Ring Piston

Lain hal nya lagi jika ternyata knalpot mobil anda mengebul terus menerus bahkan hingga mobil dikendarai maka menandakan jika terjadi kerusakan pada mesin mobil anda. Kondisi terparahnya adalah knalpot mobil dapat terlihat basah dikarenakan oli serta mengeluarkan asap putih terus menerus. Hal ini disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada seal klep dan ring piston.

Karena kondisi inilah yang menyebabkan oli dapat masuk perlahan ke dalam ruang bakar yang akibatnya membuat oli ikut terbakar. Jika kerusakan yang terjadi terlalu parah, maka akhirnya akan menyebabkan asap yang dikeluarkan cukup tebal. Hal ini tak hanya membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, namun juga akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

  1. Masalah Pada Pompa Bahan Bakar

Masalah pada pompa bahan bakar atau fuel pump juga dapat menyebabkan knalpot mobil ngebul saat mesin dingin. Hal ini biasanya terjadi pada mobil bermesin bensin. Asap yang dikeluarkan biasanya berwarna hitam disertai dengan penurunan tenaga yang cukup drastis. Hal ini biasanya dikarenakan pasokan bahan bakar yang kurang maksimal yang mana menyebabkan pengemudi harus menekan lebih dalam lagi pada pedal gas. Dan tentu saja hal ini nantinya akan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros serta pembakaran yang kurang maksimal.

  1. Terlalu Banyak Bahan Bakar

Penyebab knalpot mobil ngebul saat mesin dingin bisa dikarenakan adanya banyak bahan bakar di dalam proses pembakaran. Perpaduan yang tepat dan seimbang antara udara dan bahan bakar tentunya menghasilkan tenaga yang maksimal. Namun jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka bisa menyebabkan asap terus menerus mengebul dari knalpot mobil. Pada mobil bermesin diesel biasanya akan muncul asap putih akibat konsumsi solar yang terlalu berlebihan. Namun pada mobil bermesin bensin, biasanya akan muncul asap berwarna hitam dari knalpot mobil. Tentu saja hal ini akan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang terlalu boros.

Cara Mengatasi Kerusakan

Tentunya jika kondisi seperti ini sudah cukup parah, maka anda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Kerusakan seperti ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Sehingga lebih baik untuk mengatasinya segera. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetahui penyebab mobil ngebul. Namun jika anda tidak terlalu mengetahui tentang mobil, anda bisa mencoba untuk membawanya ke bengkel resmi untuk dianalisa lebih lanjut. Solusi terburuk yang mungkin bisa dilakukan adalah mobil anda yang harus turun mesin. Biasanya akan terlihat ciri ciri mobil turun mesin yang ada pada mobil anda.

 

Selain itu penting pula untuk melakukan perawatan yang mana dapat mencegah kerusakan tersebut terjadi pada mobil anda, mulai dari merawat mesin mobil hingga komponen-komponen lainnya di dalam mobil. Lakukan perawatan dengan rutin sehingga kondisi mobil tetap terjaga prima setiap saat.Nah itu tadi beberapa hal yang menyebabkan knalpot mobil ngebul saat mesin dingin

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi nya,jika ada saran atau pertanyaan silahkan isi kolom komentar Dibawah ini

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here