Penyebab Mobil Diesel Mengeluarkan Asap Putih

0
199
Penyebab Mobil Diesel Mengeluarkan Asap Putih

 

mobil Diesel salah satu jenis mesin mobil yang paling banyak digunakan di indonesia , bisa di ktakan mesin diesel memeiliki ketangguhan di atas mesin premium. mesin mobil diesel mengeluarkan asap putih yang cukup pekat dan berbau, membuat kendaraan menjadi sangat berpolusi dan merugikan lingkungan sekitar maupun pandangan akan terganggu .

mesin diesel yang digunakan mobil Bus/truk dengan mesin standar euro terbaru masalah asap sudah tidak sepekat dan jauh lebih berkurang dari mesin mobil biasanya.  sebelum membahas lebih jauh sebaiknya kita mengetahui penyebab keluarnya asap hitam pada kendaraan bermesin diesel .

Penyebab Asap Hitam pada mesin Diesel

1.kualitas solar yang buruk, pada kenyataan nya di indonesia kualitas dari kandungan sulfur pada bio solar masih di atas 3500 part per milion. seperti yang kita ketahui makin tinggi kandungan sulfur menandakan bahwa kualitas solar yang jelek, yang dapat menyebabkan ke luarnya asap pada kendaraan mobil berbahan bakar solar.

  1. perbedaan mesin diesel di bandingkan mesin yang mneggunakan bahan bakar bensin , yakni dalam pembakaran mesin diesel menggandalkan tekanan tinggi untuk melakukan pembakaran BBM dan Udara. selain itu mobil diesel tidak menggunakan busi sehingga sulit nya untuk mencapai tekanan udara dan suhu yang ideal.  untuk perawatan kendaraan bermesin diesel haruslah di service secara berkala agar dapat meminimalisir keluar nya asap hitam pada kendaraan.
  2. adanya komponen yang rusak dan perlu di ganti , hal ini penyebab keluarnya asap hitam pada kendaraan , terutama pada sistem pembakaran yang harus di cek keadaan nya secara berkala.
  3. Filter udara yang sudah terlalu kotor  dan perlu di ganti dengan yang baru.
  4. kandungan karbon yang terlalu tinggi di ruang pembakaran mesin.
  5. Injector yang perlu di ganti, di sebabkan sudah aus atau kotor yang akan menyumbat sistem pembakaran mesin.
  6. settingan kompresi yang terlalu rendah. biasanya hal ini terjadi karena tekanan terlalu tinggi dan menyebabkan kebocoran kompresi

Cara mengatasi diesel berasap putih

  1. bila dari knalpot keluar asap putih ada kemungkinan bahan bakar tercampur dengan benda cair yang bukan solar sehingga sistem pembakaranya tidak normal.
  2. bisa juga disebabkan oleh per delivery pada bospom putus atau plungernya aus sehingga solar yang keluar tidak ada tekanan pengabutan.
  3. bila asap putih keluar dari knalpot dan juga dari arah dalam mesin juga keluar asap putih bisa di akibatkan karena Ring piston patah atau aus sehingga oli akan terbawa saat terjadi sistem kompresi.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi nya,jika ada saran atau pertanyaan silahkan isi kolom komentar Dibawah ini

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here