PENYEBAB MOBIL DIESEL BOROS SOLAR

0
136
PENYEBAB MOBIL DIESEL BOROS SOLAR

 

Mesin diesel secara umum memiliki konsumsi BBM lebih irit daripada mesin bensin. Karena campuran antara bahan bakar dan udara pada mesin diesel lebih kurus, seghingga akan lebih irit. Namun seiring waktu, konsumsi bbm diesel juga akan meningkat.

Mesin diesel merupakan jenis heavy duty engine yang memiliki kinerja lebih awet dibandingkan mesin bensin. Hal ini menjadi alasan mengapa mobil-mobil seperti truk atau bus menggunakan engine berbahan bakar solar ini sebagai dapur pacunya.

 penyebab mobil diesel boros

 

  • ozzle Injektor Jebol

    Pada sistem pembakaran mesin diesel, injektor jadi ujung tombak untuk menyemprotkan solar bertekanan ke ruang bakar. Jika nozzle injector jebol, maka bahan bakar akan keluar dengan jumlah lebih banyak.Jebolnya noozle injector akan menghasilkan asap hitam yang menandakan proses pembakaran tidak sempurna, akibat campuran solar yang berlebih.

 

  • Sistem Pendingin Bermasalah
    Sistem pendingin bertugas untuk menjaga suhu kerja mesin, agar tenaga dan konsumsi bbm seimbang. Jika sistem ini mengalami overcooling, maka konsumsi bahan bakar akan bertambah, karena panas dari pembakaran terbagi untuk tenaga dan memanaskan mesin.

 

  • AC menyala
    Saat AC menyala, kompresor akan bekerja dengan daya yang cukup tinggi, sehingga cukup menguras tenaga mesin. Tapi jika ada masalah pada sistem AC maka akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Misalnya, AC yang terlalu dingin disebabkan kompresor terus bekerja saat tekanan freon tinggi.

 

  • Ban Dengan Tapak Lebar
    Banyak orang mengganti ban dan pelek dengan ukuran lebih besar agar mobil terlihat lebih keren. Memang ban besar membuat tampilan mobil lebih oke tapi juga memerlukan energi lebih besar untuk menggerakannya.

 

 

  • Kondisi Jalan
    Anda pasti tahu data konsumsi bahan bakar antara rute dalam kota dan luar kota berbeda. Rute dalam kota biasanya lebih boros, karena banyak lampu merah dan macet. Meski begitu, jalan yang naik-turun, seperti puncak juga bisa menyebabkan konsumsi BBM lebih boros.

 

  • Cara Mengemudi
    Cara mengemudi juga jadi faktor penentu irit tidaknya mobil, jika mengemudinya seenaknya, ya pasti jadi boros. Mobil yang dikendarai dengan manuver dan rem mendadak akan membuat mesin bekerja lebih keras. Sehingga solar yang dibutuhkan akan lebih banyak, dan konsumsi BBM akan semakin boros.

 

Salah satu solusi yang baik yang harus kita lakukan agar mesin diesel tidak mengalami masalah boros bahan bakar serta performa mesin yang menurun ialah harus senantiasa melakukan perawatan yang baik serta melakukan service mesin secara berkala sehingga kemungkinan mesin diesel mengalami masalah ini semakin kecil dan dapat memperingan pengeluaran keuangan untuk perbaikan yang sangat serius.

Ada beberapa langkah yang harus di lakukan agar mesin diesel kita tidak mengalami masalah boros bahan bakar serta performa mesin yang kian menurun, diantaranya yaitu :

  1. Periksa volume oli mesin diesel setiap kali mesin akan di hidupkan agar sistem pelumasan yang terdapat pada mesin diesel tidak mengalami masalah di karenakan volume oli yang kurang atau terlalu berlebihan dari ukuran standar yang telah di rekomendasikan.
  2. Periksa air radiator pada mesin diesel ketika akan di hidupkan, karena apabila air radiator ini kosong ataupun berkurang dari ukuran standarnya maka akan mengakibatkan sistem pendingin tidak bekerja efektif serta bisa mengakibatkan mesin diesel cepat panas dan dapat merusak komponen mesin diesel yang lainnya.
  3. Cek jaringan suplai bahan bakar agar tidak terjadi istilah masuk angin pada mesin diesel yang di akibatkan bahan bakar tersendat.
  4. Periksa kondisi ruangan tempat penyimpanan mesin diesel , sebaiknya ruang penyimpanan mesin diesel harus di lengkapi dengan ventilasi udara yang bagus agar sirkulasi udara baik dan agar tempat penyimpanan tidak mengalami kelembaban.
  5. Bersihkan filter udara setiap 50 jam kerja.
  6. Pastikan bahan bakar tidak tercampur dengan cairan yang lainnya pada saat pengisisan bahan bakar ke tangki penyimpanan bahan bakar solar.

Mesin diesel memiliki kinerja yang lebih awet di bandingkan dengan mesin engine dan juga memiliki tenaga yang lebih besar, oleh sebab itu pemakaian mesin diesel banyak di gunakan untuk pekerjaan yang memerlukan tenaga power full, semisal untuk menarik mesin molen pada proyek bangunan, serta untuk mesin pemecah batu ataupun gergaji benso kayu.

Nah,itu dia penyebab mobil diesel boros  dan cara mengatasi kurang bertenaga semoga bermanfat

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here