PENYEBAB MOBIL CARRY BOROS BENSIN

0
83
PENYEBAB MOBIL CARRY BOROS BENSIN

 

memiliki kendaraan roda empat memang memiliki kesan yang mendalam bagi si pemiliknya, selain karena tingginya tingkat kenyamanan di jalan ketika berkendara, memiliki mobil juga mampu menunjukkan status seseorang serta menambah tingginya rasa percaya diri bagi pemiliknya.

Nah setinggi apapun status seseorang jika memiliki kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang sangat boros seperti keran air ini tentu saja membuat kita menjadi kurang nyaman, dan kebiasaan orang indonesia dalam membeli kendaraan selain melihat dari segi merk dan kualitas, juga melihat dari sisi hematnya konsumsi bahan bakar mobil yang dibelinya. Dan seiring berjalannya waktu entah mengapa tiba tiba konsumsi bahan bakar mobil tersebut menjadi lebih boros dari biasanya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai penyebab mobil menjadi boros bahan bakar sehingga kalian bisa mengambil langkah yang tepat jika mengalami yang demikian.

Faktor utama yang sangat menentukan boros dan tidaknya konsumsi bahan bakar dari suatu kendaraan adalah kondisi mesin yang selalu terawat serta gaya atau cara pemakaian yang benar dalam berkendara. Dan dibawah ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi borosnya bahan bakar dalam asumsi pemakaian normal dan cara berkendara yang benar adalah sebagai berikut :
  1. Saringan udara sudah kotor

Salah satu komponen yang paling vital yang ada didalam kendaraan adalah saringan udara atau air filter, sebab saringan udara ini berfungsi sebagai penyaring udara yang nantinya akan masuk kedalam ruang bakar dari debu dan juga benda asing lain selain udara. Lalu apa jadinya jika saringan udara ini kotor ? tentu saja aliran udara akan menjadi tersumbat sehingga kebutuhan udara didalam ruang bakar menjadi berkurang, campuran atau komposisi antara bahan bakar akan lebih banyak ketimbang udara yang dibutuhkan ( komposisi gemuk ) sehingga mesin menjadi berat tarikannya. Efek dari tarikan mesin yang berat ini adalah anda akan menginjak pedal gas lebih dalam lagi dan inilah kenapa mesin menjadi boros bahan bakar. Dan tidak hanya itu, kondisi saringan udara yang sudah kotor juga bisa membuat mesin menjadi tersendat dan menggelitik.

 

  1. Kompresi mesin bocor

Ring piston adalah suatu komponen yang berupa lingkaran / ring yang terpasang pada bagian tepi dari piston yang berfungsi agar oli tidak bocor kedalam ruang bakar, dan jika ring piston ini mengalami keausan maka kompresi menjadi tidak maksimal dan juga tenaga yang dihasilkan dari ledakan pembakaran tidak tersalurkan ke crangshaf dengan sempurna ( tekanan ngowos ). Nah bila sudah diketahui ring piston nya bermasalah maka mau tidak mau anda harus menggantinya dengan cara turun setengah mesin. Untuk mengetahui apakah kompresi bocor yang menandakan ring piston sudah aus adalah dengan menggunakan pengamatan fisual berupa gas buang berwarna putih, atau bisa juga menggunakan sebuah alat khusus yang disebut dengan Compression Tester Kit.

Selain ring piston, klep intake dan exaust yang sudah tidak presisi ( terdapat rongga ) juga bisa membuat kompresi mesin menjadi bocor. Nah biasanya ketika melakukan perbaikan ring piston satu paket dengan melakukan skir klep / grinding klep yang bertujuan untuk mengikis tepian dari klep klep tadi agar presisi kembali pada dudukan klep ( shitting )

  1. Busi sudah tidak bagus

Salah satu penyebab kenapa mobil menjadi boros bahan bakar lainnya adalah bisa dilihat dari kondisi busi yang sudah tidak bagus, busi yang kondisinya sudah tidak bagus biasanya percikan bunga api yang dihasilkan tidak terpusat pada satu titik melainkan menyebar sehingga kondisi ini mempengaruhi kesempurnaan dari proses pembakaran. Bila proses pembakaran saja tidak sempurna tentu saja selain membuat tarikan mobil menjadi loyo juga bisa membuat mobil kalian menjadi boros bahan bakarnya. Busi berkaitan dengan sistem kelistrikan yang mengatur kapan busi memantik dan kapan tidak, kesalahan sistem kelistrikan juga bisa berdampak pada borosnya bahan bakar.

Solusi-Solusi Mengatasi Mobil Boros BBM

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan mobil anda lebih hemat bbm, di antaranya adalah:

  1. Tune Up Mobil

    Tune Up merupakan salah satu perawatan berkala yang harus dilakukan pada mobil anda. Dengan tune up, tidak hanya mengatasi mobil yang boros BBM, namun juga menyelesaikan masalah mobil lainnya, seperti:
    – Tenaga mobil ndut-ndutan
    – Tenaga mobil kurang
    – dan Performa mobil yang terasa menurun.

  2. Piggyback Pro

    Merupakan suatu aplikasi yang dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar dengan cara modifikasi pada ECU dan aki mobil anda.Piggyback Pro tidak hanya dapat menjadikan mobil anda lebih irit BBM, namun juga membantu untuk meningkatkan:
    – Akselerasi mobil
    – Kecepatan mobil
    – Tenaga mobil
    – Torsi mobil

  3. Menggunakan Alat Penghemat BBM

    Ada banyak alat penghemat BBM yang tersedia di pasaran. Namun hanya beberapa yang memang terbukti ampuh dan bekerja menghemat penggunaan bahan bakar

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here