Penyebab Mobil Bunyi Saat Belok dan Cara Mengatasinya

0
42
Penyebab mobil bunyi saat belok dan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya
Penyebab mobil bunyi saat belok dan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya

Sebagai pemilik mobil, pasti timbul rasa khawatir saat mobil bunyi saat berbelok. Namun khawatir saja tak cukup, masalah ini harus diselesaikan.

Penyebab Mobil Bunyi saat Belok

Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan pengetahuan mengenai penyebab masalah. Dengan demikian, anda dapat menentukan solusi sesuai dengan penyebab masalah. Juga mencari cara agar kejadian ini tak terulang kembali.

Pada dasarnya, jika usia kendaraan telah melebihi tiga tahun, biasanya akan timbul berbagai masalah. Hal ini sangatlah wajar, sebab usia tiga tahun pada sebuah kendaraan menandakan bahwa beberapa komponen yang terdapat di dalamnya telah memasuki batas masa usia pakainya. Karena itu, sebaiknya bagi pemilik kendaraan untuk memeriksakan kondisi komponen mobil yang disematkan agar tetap dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Mengutip pernyataan Mr. Lung-Lung selaku pemilik bengkel Dokter Mobil, Selasa (28/8), salah satu komponen yang harus segera dicek adalah kaki-kaki mobil yang menggunakan penggerak roda depan. Sebab komponen yang satu ini sangat penting bagi keselamatan ketika sedang mengemudikannya.

Jenis Bunyi-Bunyi yang Muncul saat Mobil Berbelok

Pada umumnya kerusakan yang seringkali dialami pada kaki-kaki depan mobil yaitu munculnya bunyi ketika berbelok. Biasanya, suara umum yang seringkali muncul adalah bunyi ketukan dan bunyi mendengung.

Bunyi Ketukan saat Belok

Jika yang muncul adalah suara ketukan yang cukup mengganggu, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan karet pelindung as roda. Sebab, komponen tersebut meskipun terbuat dari bahan yang terbilang awet, namun dari segi kekuatannya akan berkurang apalagi ketika pengemudi seringkali melewati jalan yang rusak.

Sebab jika pengemudi sering melewati jalan yang rusak, maka karet akan mudah sobek atau bergeser dari tempatnya. Jika hal ini terjadi, maka kotoran akan dengan sangat mudah masuk ke bagian dalam constant velocity joint atau CV Joint yang mempunyai fungsi sebagai penerus dari tenaga mesin ke bagian roda.

Kotoran yang menumpuk nantinya akan membuat komponen tersebut terganggu dan menimbulkan bunyi. Jika komponen ini sudah dalam kondisi yang cukup parah, maka sebaiknya pemilik kendaraan segera melakukan pergantian komponen tersebut untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Bunyi Berdengung saat Mobil Belok

Sedangkan, jika muncul bunyi berdengung, maka hal ini menandakan bahwa kotoran telah masuk ke dalam bearing roda. Pada umumnya bunyi dengung terjadi ketika mobil sedang dipacu dalam kecepatan sedang dan bunyi akan hilang setelah kecepatannya berkurang.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini berguna dalam mengatasi masalah mobil bunyi saat belok yang sedang anda hadapi. Terimakasih sudah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here