PENYEBAB MOBIL BOROS AKI

0
152
PENYEBAB MOBIL BOROS AKI

 

aki mobil Anda tiba-tiba drop atau soak? padahal baru digunakan sekitar 6 bulan. Memang secara nalar kondisi seperti itu sulit diterima, pasalnya usia pakai aki bisa mencapai 1 – 2 tahun.

Namun bisa saja terjadi apabila Anda menggunakan jenis aki basah, hal seperti itu bisa terjadi. walaupun itu aki baru, bukan tidak mungkin aki tidak bisa drop, meskipun kondisi tersebut jarang terjadi. Para pengguna aki basah harus melakukan perawatan berkala, supaya usia pakai aki dapat bertahan lebih lama lagi.

Setidaknya terdapat 4 hal yang menyebabkan aki mobil soak dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun. Namun jangan khawatir, berikut ini ada 4 hal yang bisa menyebabkan aki soak. 4 hal yang bisa menyebabkan aki soak ini bisa saja terjadi karena faktor human eror ataupun karena faktor kegagalan produk. Dengan mengetahui 4 penyebab ini setidaknya pemilik mobil dapat melakukan antisipasi.

PENYEBAB MOBIL  BOROS AKI

  1. Intensitas Penggunaan Mobil yang Tinggi.

Mobil yang sering digunakan bisa membuat performa aki basah menurun. Penggunaan aki mobil yang intens, secara otomatis akan membuat air aki menjadi cepat habis, terutama apabila tidak melakukan pemeriksaan, maka bukan tidak mungkin aki akan berhenti dalam seketika.

2. Mobil Jarang Digunakan.
Banyak yang berpikir bahwa mobil yang jarang digunakan, komponen aki akan tetap dalam keadaan prima. Hal tersebut sebenarnya salah. Padahal mobil yang jarang digunakan ataupun hanya sekedar di panaskan saja tidak akan memberikan suplai kelistrikan yang cukup sehingga kapasitas listrik yang ada pada aki tidak lagi optimal, sehingga aki akan soak dalam hitungan bulan.
3. Ampere Aki Mobil yang Terlalu Kecil.

Ampere aki mobil yang terlalu kecil pun bisa membuat aki rusak sebelum pada waktunya. Kebutuhan listrik dan kapasitas kelistrikan mobil sangat tinggi, sehingga memerlukan aki mobil dengan ampere yang besar pula, dan jika dipaksakan maka aki mobil akan mengalami over supply, sehingga usia pakai aki mobil akan berkurang.

4. Penambahan Aksesoris Mobil.

Penambahan aksesoris seperti audio system, elektronik non standar dan lainnya bisa menggerogoti usia pakai aki. Apabila ingin melakukan penambahan aksesoris terkait kelistrikan, maka kapasitas aki pun mesti disesuaikan ataupun diganti dengan ampere yang lebih besar. Aki yang bagus pun akan soak, apabila amperenya tidak lebih besar.

Lalu Saat aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun menjadi terganggu. Lantas apa yang harus dilakukan agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor?ini dia beberapa tips untuk merawat aki mobil

TIPS MERAWAT AKI MOBIL

1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi Nissan terdekat di kota Anda.

 

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

 

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda? Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

 

4. Pastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Nissan Serena Anda. Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil Anda sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

 

 

5. Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

 

6. Pilih Aki Kering Dengan Kualitas Terbaik

Aki kering yang ada digunakan oleh mobil Nissan Serena adalah salah satu aki kering dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran. Untuk kenyamanan mengemudi ada baiknya agar selalu menggunakan aki kering dengan kualitas terbaik. Salah memilih model aki atau memilih aki abal-abal hanya akan merusak komponen mobil Anda yang lainnya. Hal ini dikarenakan aki mobil berhubungan erat dengan kelistrikan mobil. Jika suplai listrik ke dalam komponen-komponen lain terganggu, bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat rusak atau bermasalah.

Nah,itu dia penyebab aki mobil boros dan cara mengatasinya semoga bermanfat

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here