Penyebab Mobil Bensin Tidak Bisa Hidup

0
98
Penyebab Mobil Bensin Tidak Bisa Hidup

 

Ketika Anda sedang terburu-buru ingin pergi ke suatu tempat, dan mobil Anda tidak mau hidup, mungkin rasa kesal akan menghampiri Anda. Karena itu, Anda sebagai pemilik mobil perlu mengetahui beberapa alasan mobil tidak bisa menyala untuk meniminalisir terjadinya kejadian tidak mengenakan ini.

  1. Baterai Mati

Baterai mati adalah penyebab pertama dai mobil yang tidak bisa menyala. Jika baterai lemah, tapi tidak mati total, starter bisa berubah perlahan. Anda akan mendengar suara RRR-RRR-RRR yang lambat dan mengerang.

Seiring voltase turun lebih jauh, suaranya bisa menjadi staccato K-K-K. Bila voltase baterai turun lebih jauh lagi, tidak akan ada suara. Bahkan lampu peringatan pada panel instrumen mungkin redup saat Anda memutar kuncinya.

2. Alternator

Jika alternator rusak, baterai mungkin tidak terisi daya. Meski alternator bisa menjadi pelakunya, jangan mengabaikan sabuk yang sudah mulai usang dan tergelincir. Jika alternator gagal atau jeda pada sabuk, lampu peringatan akan menyala. Jika output sistem pengisian buruk, mungkin lampu peringatan tidak menyala.

Jika Anda memiliki alat pengukur pada panel instrumen Anda, pada keadaan baik akan muncul voltase sekitar 14 volt. Bahkan alternator yang berfungsi sempurna mungkin tidak mengisi ulang baterai selama perjalanan singkat, terutama jika lampu depan, wiper, pemanas, radio, defoger jendela belakang dan pemanas kursi dihidupkan.

3. Starter

Starter yang buruk dapat memberi ilusi pada baterai lemah jika menarik arus lebih dari yang dapat diberikan baterai. Starter akan berputar perlahan dan menarik tenaga yang berlebihan. Ini akan membuat suara seperti ggrrrrr, mirip dengan suara yang terjadi ketika baterai lemah.

4. Roda kemudi terkunci

Terkadang, kunci tidak akan menyala di saklar pengapian. Sebagai fitur anti-pencurian, roda kemudi terkunci saat kuncinya dilepas. Terkadang, roda kemudi  bergerak kembali melawan sistem penguncian, mencegah Anda untuk memutar kunci. Cobalah menyenggol setir ke kiri atau ke kanan saat Anda memutar kunci.

5. Bensin

Apakah mobil Anda memiliki bensin ? Mungkin itu terdengar bodoh, namun sering terjadi. Cobalah untuk melihat indikator bensin terlebih dahulu sebelum menyalakannya.

6. Pompa bahan bakar

Bahkan jika ada banyak bahan bakar di dalam tangki, pompa bahan bakar yang lemah atau relay pompa bahan bakar yang rusak dapat mencegah bahan bakar mencapai mesin. Jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda harus bisa mendengar pompa dalam tangki yang berjalan selama beberapa detik saat Anda pertama kali memutar kunci ke posisi “on” – sebelum memutar starter.

7. Busi

Masalah sistem pengapian sekunder, meskipun ini jarang terjadi, bisa menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Sangat mudah untuk melupakan jadwal penggantian busi, sebaiknya lakukan ketika sudah mencapai 50,000 km.

8. Sistem keamanan

Akhirnya, sistem keamanan elektronik bisa membuat pengemudi bingung. Mencoba menyalakan mobil dengan kunci kontak yang salah bisa menyebabkan penundaan 20 menit. Demikian pula, remote keyless entry dan remote start devices telah dikenal untuk menciptakan malapetaka. Kunci ini sangat mudah hilang, seperti membiarkannya berada di jaket atau tas lain.

Cara Mengatasi Mobil Distater Tidak Bisa Hidup

1. Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena kerusakan di kelistrikan.

Penyebab mobil tidak bisa hidup padahal sudah distarter biasanya disebabkan karena terdapat kerusakan pada sistem kelistrikan, dapat kita ketahui apabila ketika mobil distarter namun tidak menunjukkan adanya arus listrik tersambung atau mengalir yang dapat kita dengar dari bunyi starter dari dinamo. Sering kali suara dinamo starter terdengar lemah dan mengayun dan yang paling parah tidak ada respon suara dinamo sama sekali. Akan tetapi jika kita mendorong mobil, mesin masih bisa hidup kembali. Sebagai catatan untuk mengatasi mobil mogok, tidak semua mobil mogok dapat diatasi dengan mendorongnya.

Cara check mobil mogok tidak bisa distater karena masalah kelistrikan dapat kita periksa pada bagian :

 

  1. Socket dan Kunci Kontak

    Jika kunci kontak diputar namun tidak terdengar suara dynamo starter yang bergerak, lebih baik periksa dahulu socket kunci kontak sebelum melihat kondisi aki. Sebab rusaknya kunci kontak juga dapat mengakibatkan mobil tidak bisa di starter karena kendornya socket yang menghubungkan kunci kontak dapat menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa menyala.

    2. Aki (Accu)

Kemudian yang harus kita periksa jika masalah mobil tidak bisa distarter adalah kondisi aki mobil tersebut karena sumber arus listrik terbesar berasal dari aki (accu). Jika kondisi cairan pada aki (accu) mobil sudah terlihat berkurang dan usia aki sudah lebih dari 2 tahun juga dapat mengakibatkan aki tekor serta tidak mampu untuk mengalirkan arus menuju ke starter mesin mobil. Untuk itu anda perlu memeriksa kabel kutub pada aki, apabila kotor karena kerak maupun jamur serta soket kepala aki kendor dapat mengganggu aliran listrik mobil.

 

  1. Kabel Sikring Utama

    Selain itu kabel sekering utama juga berpengaruh terhadap masalah starter mobil. Untuk itu periksa kondisi kabel sikring utama pada mobil memiliki posisi di dekat accu pada kutub positifnya, jika anda menemukan kabel sekeringnya ternyata putus ganti sekring dengan yang baru.

 

  1. Dynamo Starter

    Dinamo starter rusak dapat kita ketahui pada saat mobil distarter bunyi tek tek. Untuk itu segera perbaiki atau ganti dengan yang baru karena bisa jadi gear dinamo starter yang rusak, ciri – cirinya apabila terdengar suara dinamo berfungsi akan tetapi hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.

 

  1. Periksa kondisi dan Jalur Kabel-Kabel

    Dan yang terakhir yang menjadi penyebab mobil tidak bisa menyala adalah kondisi kabel elektikal pada mobil yang mulai mengeras karena terdapat kemungkinan kabel ataupun serat kabel menjadi mudah putus. Kami sarankan jika anda membeli mobil yang sudah mempunyai usia lebih dari 10 tahun itu artinya sudah saatnya anda memperbarui kabel – kabel elektrik yang ada dan serahkan pengerjaan pada bengkel yang ahli dalam bidang perkabelan / urut kabel.

  2. Alternator / Dynamo Ampere

    Penyebab mobil jadi susah di starter, karena dapat aki cepat drop atau tekor biasanya disebabkan dari pengisian alternator yang sudah kurang. Terlebih lagi jika mobil anda banyak menggunakan aksesoris elektronik / audio yang membutuhkan arus yang besar. Kelayakan kerja alternator harus menjadi perhatian kita, untuk itu segera ganti dengan yang berdaya lebih besar jika fungsi altenator sudah terganggu.

2. Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena kerusakan pada komponen mesin

Salah satu tanda mobil susah distarter karena kerusakan komponen mesin sering kali ditandai dengan mesin sudah bisa distarter namun tetap tidak mampu menghidupkan mesin, dan biasanya jika mobil didorong tetap saja mesin tidak dapat dihidupkan.

Cara check mobil mogok tidak bisa distarter karena masalah kerusakan pada komponen mesin dapat kita periksa pada bagian :

1. Periksa Busi, Kabel Busi, Koil

Jika anda merasa mesin mobil tidak bisa hidup karena ada masalah di pengapian mobil maka ketiga komponen inilah yang perlu anda periksa karena busi, kabel busi dan koil akan selalu berhubungan. Jadi jika salah satu diantaranya mengalami kerusakan maka dapat dipastikan mesin tidak akan bisa hidup walaupun sudah distarter.

  1. Karburator

    Apabila mobil anda masih menggunakan karburator untuk menyuplai bensin ke ruang pembakaran dan belum menggunakan sistem injeksi, mesin mobil menjadi susah menyala biasanya disebabkan oleh karburator yang kotor serta setingan angin yang tidak tepat. Semua ini terjadi karena pembakaran dari karbulator yang tidak berjalan baik.

  2. Pompa Bensin Mobil

    Pompa bensin mobil yang tidak berfungsi tentu akan berakibat mobil mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan, itu disebabkan karena aliran bensin yang masuk ke karburator tidak berjalan.

  3. Platina 

Untuk mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan atau setelan platina yang tidak tepat dapat mengakibatkan mobil susah menyala saat di starter.

  1. Bushing CDI

    Bushing CDI merupakan dudukan pulser atau magnet CDI. Goyangnya bushing CDU dapat merubah posisi pulser yang berpengaruh pada timing pengapian dan putaran mesin sehingga dapat menjadi salah satu penyebab mobil mogok. Untuk mengetahui kerusakan pada bushing CDI kita memerlukan bantuan bengkel yang cukup berkompeten, jika tidak sering kali bengkel salah mendeteksi sehingga yang dibilang rusak adalah dari CDI itu sendiri.

  2. CDI

    Fungsi dari CDI adalah mengatur pengapian dalam putaran mesin oleh karena itu jika CDI sudah mulai melemah komponennya tentu akan menyebabkan mobil tidak bisa di starter. Selain itu faktor usia pemakaian juga menjadi salah penyebab rusaknya CDI.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi nya,jika ada saran atau pertanyaan silahkan isi kolom komentar Dibawah ini

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here