Penyebab Mobil Bensin Boros

0
101

Sebagai pemilik kendaraan, tentu saja kita harus sadar jika dalam kurun waktu lama, mobil akan mengalami penurunan performa. Dan hal tersebut akan membuat kita kaget apalagi bila sampai konsumsi bahan bakarnya tiba-tiba meningkat drastis. ada beberapa hal yang mempengaruhi penggunaan BBM pada sebuah kendaraan. Berikut adalah penjelasannya:

Kotornya filter udara

Salah satu penyebab mobil boros bensin ialah kotornya filter udara dalam mobil. Kotornya filter udara dalam mobil tanpa disadari menghambat aliran udara. Hal tersebut juga berdampak pada performa mobil terutama bagian pacu sehingga menimbulkan gejala knocking.

Adanya kerak di ruang mesin

Selain filter udara yang kotor, penyebab mobil menjadi lebih boros BBM ialah karena adnaya kerak di ruang mesin. Kerak yang terdapat di ruang mesin tanpa disadari membuat volume ruang bahan bakar pada akhirnya menjadi lebih berkurang sehingga tenaga mesin yang dihasilkan juga akan semakin kecil.

Lubang nozzle injektor tersumbat

Selain kedua hal tersebut masih ada penyebab mobil boros bensin yaitu tersumbatnya lubang nozzle injektor kendaraan. Tahukah Anda bahwa saat ini, lubang nozzle injektor sengaja dibuat dengan ukuran yang sangat kecil sehingga hal tersebut membuat mudah tersumbat. Bila sudah begini, pembakaran dari BBM menjadi tidak sempurna dan tentunya mengurangi efisiensi bensin kendaraan.

Piston dan ring piston aus

Satu lagi yang menyebabkan mobil boros bensin yaitu ring piston dan piston sudah aus. Jika ring piston dan piston sudah lama terkikis maka secara tidak langsung hal tersebut membuat kompresi kendaraan menjadi semakin berkurang. Sehingga dampaknya akan mempengaruhi kinerja mesin. Tarikan tenaga yang nantinya dihasilkan akan menjadi loyo dan alhasil bensin cepat habis.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar penggunaan bahan bakar mobil lebih irit. Beberapa langkah tersebut di antaranya:

Mengganti Ukuran Ban Mobil
Ukuran ban mobil yang tidak sesuai akan menyebabkan tenaga dan tarikan mobil tidak maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu untuk mengganti ukuran ban dengan ukuran dan penggunaan yang tepat sesuai medan.

  • Jika mobil berukuran kecil, jangan menggunakan ban dengan ukuran yang terlalu besar
    Jika mobil berukuran besar, jangan mengunakan ban dengan ukuran yang terlalu kecil
  • Perhatikan apakah anda harus menggunakan ban berpermukaan kasar, halur, bergrip, atau menengah.

Penggunaan ukuran ban mobil yang tepat dapat menghemat penggunaan bahan bakar 20 sampai 30%.

Memilih Oli Mobil yang Tepat
Salah satu alasan yang menyebabkan mobil boros BBM adalah mesin yang panas karena olinya sudah mengalami penurunan kualitas. Untuk itu, anda perlu memilih oli mobil yang tepat.

Adapun oli mobil yang disarankan adalah dengan menggunakan oli Ravenol dengan viskositas 5w-30. Harganya memang tidak murah, namun juga tidak mahal. Tetapi Ravenol memiliki kualitas yang sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja mesin mobil.

Oh iya, kamu juga harus memilih oli mobil yang tepat untuk jenis mobil anda. Pastikanlah:

  • Apakah mobil anda membutuhkan oli mineral
  • Apakah mobil anda membutuhkan oli semi sintetic
  • Apakah mobil anda membutuhkan oli full sintetic
  • Apakah mobil anda membutuhkan oli transmisi dengan kualitas yang lebih baik

Piggyback Pro
Mungkin saja penyebab mobil anda boros dalam penggunaan BBM adalah karena settingan ECU nya ada kesalahan.

Piggyback Pro dapat memperbaiki settingan ECU yang kurang tepat, ataupun mensetting ECU pada settingan yang lebih tepat. Dengan settingan yang tepat, penggunaan bahan bakar akan jauh lebih efisien.

Demikian artikel yang kami sampaikan semoga memberi manfaat. Jika anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Terimakasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here