PENYEBAB MOBIL AGYA BOROS

0
198
PENYEBAB MOBIL AGYA BOROS

 

 

para pemilik kendaraan pasti menginginkan mobilnya irit bahan bakar. Selain perilaku mengemudi yang salah, komponen mesin yang bermasalah juga turut memberikan andil yang cukup besar menjadikan mobil boros bahan bakar minyak (BBM).

Tiga Masalah Mesin Penyebab Mobil Boros BBM

  1. Kepala dan sumbu busi terlalu renggang

Bila sumbu – bagian yang melengkung di atas sumbu atau kepala busi – dengan ujung kepala busi terlalu renggang, akan menjadikan percikan api yang digunakan membakar campuran BBM dan udara di mesin juga kecil. Akibatnya proses pembakaran tidak sempurna.

  1. Setelan karburator atau injektor bermasalah

Biasanya setelah mobil berusia lima tahun atau lebih karburator atau injektor akan mengalami masalah. Kualitas bahan bakar yang kurang bagus, cara berkendara yang kerap menginjak pedal gas dalam secara berulang, adalah beberapa di antara penyebabnya.

Berikut beberapa cara agar mobil xenia lebih irit. 

 

  1. Bagaimana cara mengendarai kita

Karena dengan mengendari mobil secara asal-asalan menjadi salah satu  penyebab BBM menjadi boros, caranya dengan mempertahankan laju kendaraan dan tidak secara mendadak menginjak pedal gas.

 

  1. Membuat roda tetap stabil dengan cara di balance ( Pembalancingan ) 

Hampir sama dengan wheel alignment, keseimbangan ban harus di check teratur agar melindungi keadaan mobil dan terus berada pada posisi yang sama. Ban yang kondisinya tidak balance terdapat kemungkinan konsumsi bahan bakar menjadi semakin besar, serta sama sama seperti pada masalah wheel alignment. Tetapi bedanya wheel alignment ditetapkan dari pojok ban pada arah dengan lurus mobil, balancing ditetapkan posisi satu ban dengan kondisi ban yang lain.

 

  1. Pengaturan Sistem pendinginan atau AC

Pada daerah dengan tingkat kelembaban dan suhu yang cukup tinggi, maka AC seperti menjadi penyelamat pengendara. Akan tetapi mesti diingat bahwa menggunakan AC yang terlalu berlebihan dapat membuat BBM cepat habis, dan pada keadaan yang lebih jauh membuat performa mobil turun. Jika memanglah pemakaian AC tidak dapat dijauhi, maka yang dapat dilakukan untuk melindungi performa serta BBM dapat sesuai dengan AC, yaitu mengontrol dan melindungi keadaan filter AC agar selalu bersih. Jika tidak, kondisi jadi AC tidak akan terasa dingin.

  1. Penggunaan BBM yang sesuai dengan aturan kendaraan

StandarInternasional mereferensikan dengan  pemakaikan BBM dengan oktan 90 membuat beberapa pemakai kendaraan yang memiliki kompresi diatas 9, 0 : 1 tidak mempunyai pilihan yang lebih baik terkecuali memakai pertamax, atau dengan BBM sekelasnya.

 

 

Dengan memakai BBM yang dibawah standar kompresi tidak direferensikan, karena asumsinya waktu kompresi tinggi dengan memakai BBM beoktan rendah, bahan bakar akan lebih cepat terbakar dan secara Automatis membuat BBM lebih cepat habis.

 

  1. Pembersihan Filter udara secara teratur

Mengecek filter hawa atau udara menjadi berkesan yang paling sepele diantara beberapa cara yang lainnya, tetaopi asumsinya bahwa filter udara adalah lubang hidung mobil jmaka asosiasi yang pas. Karena pada saat hidung tak bekerja dengan baik, makai yang memiliki hidung juga akan tersengal-sengal.

 

Begitu pula dengan mobil Avanza, waktu filter udara kotor pengemudi cenderung  akan menghimpit pedal gas dalam-dalam.

 

 

Karena filter yang kotor juga dapat membuat performa mobil terhalang. membersihkan dengan cara teratur, sesuai menggantinya sesuai dengan mekanisme pabrik akan menolong performa mobil dengan baik.

  1. Selalu cek tekanan ban sebelum bepergian jauh

Gesekan pada ban menjadi salah satu yang paling krusial dalam mengkonsumsi BBM. Lantaran terlampau keras, atau terlampau kempes  dapat mengakibatkan kerugian tersendiri, karena tekanan angin yang cocok jadi harga yang mutlak.

 

Waktu tekanan angin pada ban terlalu keras, kemungkinannya ada dua, yaitu waktu melalui jalanan yang berlubang jadi merasa ‘bumpy’, serta dapat menaikkan kemungkinan ban menjadi benjol. Waktu tekanan angin terlampau ‘kempes’, maka konsumsi BBM akan menjadi jadi tambah boros karena  mobil bakal jalan menggunakan velg dan mobil terasa berat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here