PENYEBAB MESIN MOBIL BOROS BENSIN

0
140
MENGATASI MESIN MOBIL BOROS

 

Banyak sekali masalah yang menyebutkan bensin boros, dan tak sedikit juga yang mencari artikel mengatasi mesin mobil boros bensin. Masalah ini memang sangat berpengaruh dikehidupan kita karena kita akan mengeluarkan uang yang lebih banyak daripada biasanya. Berikut adalah beberapa hal mengenai mengatasi mesin mobil boros bensin.

PENYEBAB DAN SOLUSINYA:

  • Masalah di ECU

Seperti yang kita tahu, electronic control unit atau yang biasa kita singkat ECU berperan dan berpengaruh besar dalam kinerja mobil injeksi. Untuk sistem pembakaran fungsinya untuk mengatur volume bahan bakar pada injektor, mengatur momen buka tutup katup yang bergantung pada kondisi mesin dan mengatur momen pembakaran busi. Ada beberapa fungsi lagi tapi tidak berhubungan dengan sistem pembakaran. Bentuknya seperti sirkuit yang biasa kita temukan pada alat elektronik.

Penyebab kerusakan ECU beragam. Bahkan gejala-gejala kerusakan ECU tiap mobil berbeda. Salah satu tanda kerusakan pada ECU memang mobil lebih boros bensin. Untuk pencegahannya, jangan sampai sistem listrik terganggu.

  • Kotornya Filter Udara

Sebab mobil injeksi boros kedua adalah kotornya filter udara. Memang sudah biasa jika filter udara yang kotor berpotensi membuat mobil lebih boros bahan bakar. Pembakaran juga membutuhkan udara. Tapi karena kotoran di filter udara menghalangi aliran udara, maka bahan bakar yang dibutuhkan meningkat lebih dari yang seharusnya. Kalau filter udara yang bermasalah, biasanya terjadi ngelitik. Karena itu berikan perawatan yang rutin untuk filter udara. Jagalah agar kotoran di filter udara tidak menumpuk. Jika filter udara rusak, maka gantilah dengan yang baru. Harganya tidak sampai seratus ribu rupiah.

  • Nozzle Injector Tersumbat

Penyebab mobil injeksi boros ketiga adalah tersumbatnya nozzle injector. Diameter lubang nozzle injector memang terbilang kecil. Masalah akan muncul jika nozzle injector jika tersumbat. Tentu akan mengganggu pasokan bahan bakar dan mengakibatkan berkurangnya efisiensinya.

Ruang Mesin Penuh Oleh Kerak 

Penyebab mobil injeksi boros keempat terjadi karena ruang mesin yang penuh dengan kerak. Banyak alasan kenapa terbentuk kerak pada mesin. Sedikit kerak memang tidak begitu menimbulkan masalah besar. Tapi, kalau dibiarkan menumpuk, maka akan mempersempit ruang mesin. Dan ini akan mengganggu kinerja sistem pembakaran dan hasilnya tenaga mesin lemah. Biasanya lemahnya tenaga mesin berhubungan dekat dengan borosnya bahan bakar.

  • Kebocoran di Air Radiator

Kebocoran di air radiator merupakan penyebab mobil injeksi boros bahan bakar. Kebocoran semacam ini terjadi di saluran air yang dekat dengan sistem pembakaran. Air bercampur ke dalam ruang bahan bakar bisa membuat mobil kurang bertenaga dan tentu bahan bakar lebih boros.

  • Ring Piston dan Piston Sudah Tua

Tentu ring piston dan piston mempunyai usia sendiri. Biasanya ditentukan oleh berapa jauh jarak yangs sudah ditempuh mobil. Dua komponen ini terkikis sedikit demi sedikit. Tentu performa dan kompresi mobil sedikit demi sedikit akan berkurang. Rendahnya kompresi mesin berpengaruh ke lambatnya tarikan mesin sehingga membutuhkan bahan bakar lebih dari normal. Karena itu gantilah ring piston dan piston yang sudah aus.

  • Overheat

Overheating biasanya disebabkan karena kegagalan fungsi pada radiator. Seperti yang kita tahu, radiator berperan untuk mendinginkan mesin. Gara-gara terlalu panas, mesin malah memuai hingga kerja mesin berat karena saling gesekan. Kerja mesin yang berat membutuhkan bahan bakar ekstra. Untuk pencegahannya, sebelum perjalanan jauh, lakukan pengecekan pada air radiator apakah penuh atau tidak.

Berikut adalah bahasan dari Mengatasi Mesin Mobil Boros Bensin. Kita harus mengubah kebiasaan kita dengan benar, bukan hanya untuk mobil kita, tapi untuk kita sendiri juga. Jika terus dibiarkan itu akan berdampak buruk bagi kita.

Sekian TERIMA KASIH……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here