Penyebab Masalah Mobil sering Mati dan Masalah Umum Lainnya

0
668
masalah masalah umum pada mobil
masalah masalah umum pada mobil

Ada beragam kerusakan pada kendaraan roda empat. Namun masalah mobil sering mati adalah salah satu contoh kasus yang paling sering terjadi. Penyebabnya pun bermacam-macam. Namun penanganannya harus dilakukan dengan segera.

Apakah anda mengenali gejala-gejala kerusakan pada kendaraan anda? Rasanya setiap pemilik mobil harus mengetahui jenis-jenis masalah pada mobilnya, setikdanya masalah yang paling umum bisa terjadi di mobil anda karena dengan mengenali masalah yang terjadi di mobil anda, anda dapat dengan mudah sadar dan segera mengatasinya.

Selain itu dengan mengenali permasalahannya, anda secara dini sudah memiliki bayangan ketika ke bengkel apa saja yang perlu diperbaiki. Ditambah jika melakukan pengecekan ke bengkel anda bisa saja mendapat diagnosa tambahan dari yang lebih ahli.

Lihat Juga : memilih oli mesin mobil yang baik

Hal ini juga dapat menghindari anda dari oknum bengkel yang nakal yang dengan sengaja memberi tahu anda hal-hal yang seharusnya tidak perlu diganti demi keuntungan mereka.
Berikut beberapa hal yang bisa terjadi pada mobil anda serta dengan penyebabnya:

Mesin sulit dinyalakan pada pagi hari (kondisi mesin dingin)
Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk penyebab sulit menyalakan mesin pada pagi hari. Yang pertama adalah kurangnya tegangan arus listrik pada aki atau terminal aki yang kotor, kendur hingga berkarat. Kemudian yang kedua adalah adanya masalah pada injektor bahan bakar mobil anda, jarak antara busi dengan sumbu busi yang renggang, kompresi mesin yang rendah atau regulator tekanan bahan bakar rusak.

Mesin sulit dinyalakan pada saat mesin panas
Ini merupakan kebalikan dari nomor 1 ketika mobil sudah berjalan jauh dan kemudian berhenti atau mesin dimatikan. Kondisi ini terjadi karena kompresi pada silinder yang rendah, permasalahan pada choke, injektor yang sudah kotor, atau filter udara yang kotor dan tersumbat.

masalah masalah umum pada mobil
masalah masalah umum pada mobil

Mesin tersendat pada saat gas diinjak 
Ini yang paling sering terjadi pada mobil yang berumur lebih dari 5 tahun. Penyebabnya adalah busi yang telah “aus” atau jarak antara busi dengan sumbunya terlalu renggang. Adanya kebocoran di salah satu bagian ini seperti: vacuum pada karburator; throttle body; intake manifold; selang vacuum bocor. Bisa jadi juga injector bahan bakar yang tersumbat karena kotoran.

Mesin tidak bertenaga
Keluhan lain para pemilik mobil adalah mesin mobil yang dirasa tidak bertenaga tidak seperti biasanya. Penyebab terjadinya hal ini bisa dari pemasangan timing belt yang tidak tepat, filter bahan bakar yang sudah kotor sehingga tersumbat, masalah pada fuel pump, regulator tekanan bahan bakar rusak, tingkat komperesi silinder menurun, dan sumbu busi yang terlalu renggang.

Mesin sering hidup – mati berulang-ulang
Beberapa pengalaman pemilik mobil, mesin bisa langsung menyala ketika kunci kontak diputar ke on namun tidak berlangsung lama karena mesin mati. Ini dapat terjadi karena beberapa komponen pada mesin bagian sistem listrik seperti alternator, aki atau pun kabel-kabel yang kendur hingga putus) dan juga bisa saja terjadi karena bermasalahnya pengapian pada mesin.

Beberapa faktor yang dapat membuat masalah pada hal ini adalah penggunaan jenis oli yang tidak sesuai spesifikasi mobil atau tidak direkomendasikan untuk mobil tersebut. Umumnya hal ini juga bisa terjadi jika jumlah oli yang masuk tidak sesuai standar volume yang dianjurkan, sensor tekanan oli rusak atau filter yang sudah aus dan harus diganti.
Suara mesin yang “mendesis”.

Timbulnya suara pada mesin ketika mesin sudah dipanaskan cukup lama terjadi karena beberapa bagian ada yang rusak dan harus segera diganti. Beberapa bagian yang memungkinkan rusak dan menimbulkan suara tersebut antara lain: inlet manifold, exhaust manifold, selang vacuum, gasket pada kepala silinder.
Mesin “menggelitik”

Biasanya terjadi ketika pengendara mobil ingin menambah kecepatan atau ingin melibas jalanan yang menanjak. Penyebab umum terjadinya hal ini adalah penggunaan spesifikasi bahan bakar yang tidak bagus, tingkat RON (Research Octane Number) yang tidak sesuai. Akibatnya adalah timing pengapian yang tidak tepat.

Itulah beberapa masalah umum yang kerap ditemukan pada mobil-mobil. Pelajari dahulu beberapa masalah utama ini sebelum anda ke bengkel. Paling tidak hal ini bisa menambah pengetahuan anda tentang mobil anda sendiri. Periksalah mobil anda secara berkala dan ruitn agar terhindar dari beberapa masalah diatas.

Jika mobil anda tidak ingin mengalami masalah-masalah di atas, beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  • Selalu berkendara dengan aman
  • Pastikan anda merawat kendaraan dengan baik
  • Selalu melakukan perawatan mobil secara rutin, seperti cuci mobil, ganti oli, dll
  • Melakukan tune up mobil secara berkala

Tune up mobil merupakan langkah terbaik untuk mencegah kerusakan pada mobil. Selain itu, tune up juga memastikan mobil layaknya baru. Jika anda membutuhkan tune up mobil,  Dokter Mobil adalah salah satu bengkel mobil yang direkomendasikan tidak hanya oleh Dunia-Mobil, namun juga komunitas mobil lainnya.

Lihat Juga : mengatasi mesin mobil ngelitik saat panas dan tanjakan

Bengkel dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia otomotif roda empat ini, dapat anda hubungi/kunjungi di alamat:

Dokter Mobil | doktermobil.com
Jalan Boulevard Raya, Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp (021) 2245 4429

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 900


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here