Penyebab Kenapa AC Mobil Keluar Asap Putih

0
343
asap putih dari ventilasi ac mobil
asap putih dari ventilasi ac mobil

Banyak pengemudi yang bingung kenapa AC mobil keluar asap putih. Beberapa panik, mengira terjadi kebakaran pada salah satu komponen kendaraan. Padahal bukan. Lantas tahukah anda apa yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut?

Jangan senang dulu! Kala sistem pendinginan (AC) di kabin mobil bekerja, dari kisi-kisi menyemburkan ‘asap’. Lantas, kisi-kisi menjadi basah dan mengeluarkan uap dingin dari proses kondensasi. Namun kenyataannya, udara yang keluar tidak dingin, malah cenderung hanya embusan angin biasa.

Penyebab AC Mobil Keluar Asap Putih

Hal ini disebabkan oleh evaporator mampet dan kotor karena debu. Sudah begitu, mengeluarkan bau tidak sedap. Debu dan kotoran yang menyumbat evaporator akan menghalangi sensor temperatur AC, mengakibatkan suhu kerja tidak tercapai.

Itu sebabnya, kompresor AC tidak bisa On/Off layaknya ketika bekerja normal. Hal itulah yang membuat refrigerant terlalu dingin. Hasilnya akan membentuk gumpalan es pada evaporatordan menghalangi aliran udara dari blower.

Solusi

Cara yang termudah mengatasinya bisa mencoba dengan bantuan heater pada kendaraan. “Putar climate control pada posisi hot, blower speed juga putar ke posisi maksimal. Diamkan pada posisi ini selama 15 menit supaya es dapat mencair,” terang Ali, pemilik Metro AC di Permata Buana, Jakbar.

Namun langkah ini hanyalah langkah emergency. Selama evaporator masih kotor dan banyak debu, kondisi AC beku dapat kembali lagi dengan cepat.

Jika sudah kembali normal, jangan mengatur posisi climate control sampai posisi paling dingin. Cukup naikan seperempat putaran agar suhu tidak terlalu rendah. Terkadang akan membuat air buangan AC terlihat menetes dari bawah dasbor.

Lihat Juga : cara mengemudi agar irit bahan bakar

Cara paling tepat bawa kendaraan ke bengkel spesialis. Mengatasinya, evaporator harus dibersihkan atau bisa juga diganti jika sudah ada kerusakan. “Minta kepada teknisi bengkel untuk melakukan juga pengecekan keseluruhan, terhadap blower dan kompresor yang sudah cukup bekerja keras ketika evaporator kotor,” ujar Ali lagi.

ac mobil keluar asap putih
ac mobil keluar asap putih

Untuk penanganan masalah ini, anda dapat menggunakan jasa bengkel mobil ataupun bengkel AC mobil terpercaya. Salah satunya adalah Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang sudah direkomendasikan oleh banyak komunitas pecinta mobil sehingga oleh Dunia-Mobil.com sendiri, layak untuk juga direkomendasikan.

Lihat Juga : penyebab ac mobil cepat rusak

Beberapa kelebihan dari Dokter Mobil di antaranya adalah:

  • Pengerjaan service yang cepat, kurang dari 45 menit
  • Menggunakan teknologi dan peralatan-peralatan canggih
  • Montir profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di dunia AC mobil

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Dunia-Mobil.com | Majalah Berita Otomotif Indonesia


posted by admin 5 , 603


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here