Penyebab Filter Bensin Mobil Kotor

0
258
Penyebab Filter Bensin Mobil Kotor jpg

Faktor usia pemakaian mesin mobil biasanya akan berimbas terhadap beberapa komponen. Jika mengalami jalan tersendat atau ndut-ndutan, seakan mesin mau mati saat diajak berakselerasi, itu menandakan filter bahan bakar yang tersumbat oleh kotoran. Ini adalah akibat dari aliran bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar tidak lancar.

Gejala lain filter bensin kotor adalah saat mobil di posisi diam putaran mesin tidak normal, terlebih jika rpm dinaikan. Jika sudah begini, pemilik kendaraan disarankan segera melakukan pengecekan, karena ada sebagian mobil yang menempatkan filter bensin di dalam tangki bahan bakar.

penyebab tersumbatnya filter bensin karena kotoran yang mengendap di dalam tangki bahan bakar, terutama tangki yang sudah lama tidak dikuras.

untuk mengatasi filter bensin tersumbat harus dibersihkan, jika kondisnya sudah rusak sebaiknya diganti baru, agar tidak kambuh lagi,” beber Fahmi

Dia juga menjelaskan, bahwa tangki bahan bakar juga perlu dikuras meski bahan bakar tidak tersumbat, terlebih mobil lawas yang sudah memasuki usia lima tahun. Untuk mobil dari baru idealnya setiap jarak 20 km.

Selain membersihkan kotoran yang mengendap dalam tangki, ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya senyawa baru dan mencegah korosi. Korosi biasanya terjadi karena sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong.

Udara panas di dalam tangki akan berubah menjadi embun setelah mobil tidak digunakan. Ini bisa menyebabkan reaksi kimia dan membentuk senyawa baru. Disarankan selalu gunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan, karena akan berpengaruh terhadap usia pakai filter bensin.

Untuk itu lah filter bahan bakar harus dibersihkan secara teratur. Tak perlu membawanya ke bengkel, anda bisa membersihkan sendiri di rumah dengan mudah. Berikut ini cara membersihkan filter bahan bakar yang bisa anda coba.

  1. Cari Letak Saringan Bahan Bakar

Pertama-tama anda bisa mencari dimana saringan bahan bakar pada mobil anda. Mulai dari saluran bahan bakar karena alirannya menuju karburator atau sistem injeksi. Setelah itu urutkan kembali untuk bisa mencapai fuel filter mobil anda.

  1. Pastikan Tidak Ada Bensin Yang Terkena Semprot

Anda bisa mencoba membuka klem yang ada pada saluran bahan bakar, biasanya pada jarak 4 inci di bagian keluar dan masuknya selang. Setelah itu kencangkan klem dengan menggunakan obeng jenis datar kepala. Tutup selang dengan menggunakan klem sehingga dipastikan tidak ada bensin yang akan terkena semprot.

  1. Siapkan Wadah Di Bawah Filter

Cara membersihkan filter bahan bakar selanjutnya adalah dengan menyiapkan wadah untuk diletakkan di bawah filter bahan bakar. Setelah itu buka tutup klem dan lampirkan filter untuk selang. Saat anda membuka tutup tersebut, maka tarik bagian selang pada filter dan biarkan bensin keluar. Jika anda melepas semua selang, maka biarkan bensin yang tersisa di dalamnya dapat keluar.

  1. Mulai Bersihkan Filter Bahan Bakar

Pegang filter bahan bakar dan masukkan selang ke dalamnya. Setelah itu mulai semprotkan filter dengan menggunakan cairan yang khusus untuk membersihkan filter bahan bakar. Pasangkan nozzle pada semprotan dan kemudian masukkan ke ujung lainnya yang menuju ke dalam filter dan semprotkan. Dan biarkan semua yang datang dan keluar dari dalam botol tersebut. Setelah itu ulangi langkah ini dari kedua ujung.

  1. Menyadap Permukaan Filter

Tekan filter pada sebuah permukaan yang padat atau anda bisa menggunakan oben dengan menekan pada pegangannya. Pastikan jika dapat menyadap semua bulatan pada permukaan filter bahan bakar.

  1. Semprotkan Sekali Lagi Dan Keringkan

Sekali lagi, anda bisa menyemprotkan filter bahan bakar dengan menggunakan alat semprot. Setelah itu keringkan filter bahan bakar selama  kurang lebih 1 jam.

  1. Pasang Kembali

Setelah yakin bersih, maka kini pasang kembali filter bahan bakar pada posisi semula. Dan pastikan jika semua pemasangan tepat dan tidak salah.

  1. Ganti Filter Jika Diperlukan

Filter bahan bakar tentunya harus diganti jika kondisinya sudah rusak. Anda bisa membeli komponen yang baru dan sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

Ketika membersihkan filter bahan bakar, pastikan jika anda menggunakan alat-lata keselamatan seperti kaca mata, sarung tangan, dan lainnya agar tidak membahayakan anda. Lakukan perawatan rutin ini juga pada filter lainnya di dalam mobil seperti cara membersikan filter udara. Jika anda tidak ingin kerepotan anda tinggal membawa mobil ke bengkel terdekat.

Demikian artikel yang kami sampaikan semoga memberi manfaat. Jika anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here